9 Jenis Burung Lovebird Terbaik Di Indonesia, Harga, Suara

Diposting pada

kacer.co.id – penulis kembali update informasi tentang burung kicau lovebird, pokok bahasan kali ini seputar 9 Jenis Burung Lovebird Terbaik Di Indonesia, beserta Harga, dan Suara ngekeknya yang indah tentunya.

Burung lovebird mulai diekspor keluar negara Afrika pada tahun 1800-an, yakni ke Eropa, selanjutnya burung lovebird juga menjalar dan menyebar pelestarian budidaya nya ke benua Amerika, besarnya permintaan terhadap burung yang hidup berkelompok (koloni) ini , bahkan benua eropa dan amerika melarang mengimpor lovebird.

Hingga akhirnya para hobiis kicau maniak yang ada dibenua eropa dan amerika ini mulai konsisten melestarikan / ternak burung lovebird ini.

Yang dimana bagi mereka mempercayai sebagai lambang kesetian dan penuh cinta. Namun tidak lama berselang mulailah burung lovebird masuk ke indonesia pada tahun 1990-an dan mulai di ternak di negara lokal kita sekarang ini, yang sudah banyak menjumpai berbagai macam jenis lovebird , bentuk dan warna, jenis dan lainnya.

Burung lovebird ini termasuk ke dalam keluarga burung betet, yang berukuran paling kecil. Burung yang paling banyak digemari karena keindahan warna, perilaku dan suara kasarnya yang sangat unik dan asik didengar dan memanjakan semua telinga para kicau maniak ya gan.. hehhe.

Tren lovebird di indonesia ; Berdasarkan pengalaman kami, tren burung lovebird di dalam negri mulai dapat dirasakan sekitar tahun 1999-2000. Di saat itu sudah di adakannya kontes suara burung lovebird, akan tetapi kelas dan kategori kontes masih terbatas, tidak semeriah dan sebanyak musim ini.

jenis lovebird di indonesia dan harga burung lovebird 2019 sangat relatif, karena banyak dari berbagai kalangan kicau, pecinta, hobiis burung lovebird makin meningkat tinggi.

Beragam jenis lovebird paling bagus

9-Jenis-Burung-Lovebird-Terbaik-Di-Indonesia-Harga-Suara

Lutino

Lutino ini merupakan lovebird dengan yang memiliki kombinasi warna kuning di tubuhnya dan warna orange dibagian leher sampai kepalanya, namun ada dua jenis burung lutino.

Ada yang mata hitam (lutinem) dan ada juga lutino yang mata merah (mm). Kisaran Harga Burung Lutino Mata Hitam Rp.400.000-, dan Lutino Mata Merah Rp.500.000-.

Baca selengkapnya :  Mengenal lomba burung lovebird

Albino

Lovebird-Albino
Sesuai namanya, merupakan jenis lovebird dengan bulu berwarna putih polos, dan bulu yang halus dan rapih, dengan mata yang berwarna merah karena mutasi genetik.

Burung lovebird albino ini merupakan burung kelas dan harganya lumayan relatif mahal ya gan !.

Berikut kisaran harga burung lovebird Albino :

  • Harga¬† Albino Mata Merah Rp 3.000.000 Lovebird anakan (baby) dan Rp 5.000.000 untuk harga Lovebird dewasa.
  • Harga Albino Mata Hitam Rp 900.000 Lovebird anakan (baby) dan Rp 1.600.000 untuk harga Lovebird dewasa.

Dakocan

Lovebird-Dakocan
Merupakan burung lovebird hasil kawin silang, lovebird dakocan ini memiliki ciri / khas khusus pada area wajahnya yang berwarna hitam legam, yang bulu dada dan sayapnya hampir sama dengan lovebird ijo.

Namun lovebird dakocan ini ada 3 jenis yaitu : dakocan original, hijau dan biru. Dakocan tergolong harga burung lovebird termurah dibandingkan dengan yang lainnya.

Berikut kisaran harga burung lovebird Dakocan :

  • Harga Dakocan Original Rp 350.000 Lovebird anakan (baby) dan Rp 700.000 untuk harga Lovebird dewasa.
  • Harga Dakocan Hijau Rp 300.000 Lovebird anakan (baby) dan Rp 500.000 untuk harga Lovebird dewasa.
  • Harga Dakocan Biru Rp 450.000 Lovebird anakan (baby) dan Rp 600.000 untuk harga Lovebird dewasa.

Violet

Lovebird-Violet
Ciri khas warna bulu lovebird violet ini adalah biru yang berkolaborasi / bercampur dengan warna ungu, warna yang sangat unik, dan indah ini dominan yang berada di daerah sayap burung, sedangkan dibagian ujung sayap biasanya berwarna hitam.

Bulu di bagian perut / dada berwarna biru muda. Dan bulu di daerah kepala dominan berwarna hitam, yang mirip seperti lovebird Dakocan. Namun bulu leher burung violet ini berwarna putih.

Berikut kisaran harga burung lovebird Violet :

Harga Violet Rp 700.000 anakan (baby) dan Rp 2.000.000 untuk harga Lovebird dewasa. Ada rupa ada harga memang sungguh fantastis, dan sesuai dengan nilai seni keindahan dari burung violet tersebut.

Baca selengkapnya :  Mengenal Burung Owl Finch (Ciri, Jenis, Ternak)

Batman

Lovebird-Batman
Nama Batman muncul dari warna bulu lovebird ini yang dominan berwarna hitam, layaknya warna pakaian khas sang pahlawan kekelawar Batman.

Terlebih pada warna bulu pada sayapnya akan berubah warnanya akan hitam pekat setelah dewasa. Meskipun begitu, tidak keseluruhan warna lovebird batman adalah berwarna hitam. Terutama, warna bulu di bagian perutnya yang bewarna keabu-abuan.

Berikut kisaran harga burung lovebird Batman : Untuk lovebird batman baby (anakan) harganya berkisar Rp 350.000 dan yang dewasa sekitar Rp 800.000-.

Olive

Lovebird-Olive
Ciri khas burung lovebird Olive adalah warna bulunya yang hijau sangat tua, pada bagian dada, sayap dan punggung hingga ekornya. Serta ujung sayap dan ekornya bewarna hitam. Wajah burung lovebird olive ini bewarna orange, kuning dan pink berkolaborasi dan berpadu juga dengan warna kuning. Bulu kepalanya bewarna hitam.

Lovebird baby (anakan) Olive di bandrol dengan Harga kisarannya sekitar Rp 400.000- dan lovebird dewasanya dengan harga Rp 650.000-.

Blorok

Lovebird-Blorok
Sesuai namanya, lovebird blorok adalah jenis lovebird yang memiliki keunikan berupa campuran warna yang saling tumpang tindih berloreng-loreng / istilahnya blorok / blantong. Misalnya campuran warna hijau dan warna kuning dan dikolaborasi dengan semburat warna putih atau dengan warna lainnya.

Harga Blorok bekisar Rp 1.000.000- untuk lovebird baby (anakan) dan untuk lovebird dewasa sekitar Rp 2.000.000-.

Parblue

Lovebird-Parblue
Merupakan jenis lovebird termahal yang mulai populer, pada awal di tahun 2017. Warna uniknya berupa kombinasi, warna abu-abu tua dibagian tubuh / bulu dadanya, dan warna kuning pastel dibagian wajah diatas paruhnya. Sayapnya bewarna biru laut dan diujung sayap berwarna hitam kombinasi dengan warna abu-abu.

Harga Parblue untuk anakan (baby) berkisar Rp 1.000.000- dan untuk yang dewasa sekitar Rp 3.500.000-.

Biola

Lovebird-Biola
Merupakan lovebird yang termasuk kategori sable, yaitu mutasi pada bagian kepala lovebird jenis fischeri menjadi berubah berwarna putih. Awalnya lovebird biola ini memiliki ciri warna bulu bewarna merah pekat dibagian kepalanya. Namun dengan perpaduan hasil silangan dan genetik yang bercampur sehingga warna bulu dibagian kepalanya bersih dan bewarna terang.

Baca selengkapnya :  Download Masteran Suara Sikatan Londo Mp3 Nembak Gacor

Untuk harga lovebird biola anakan (baby) sekitar Rp 6.500.000- dan untuk yang dewasa sekitar Rp 12.000.000-

Tren lovebird warna ; saat ini masih sangat banyak digemari hingga saat ini, bahkan ada banyak bermunculan kontes lovebird dengan salah satu kriteria penilaiannya adalah pada keindahan warna bulu dan terawatnya burung lovebird.

Saat ini jenis burung lovebird yang sedang tren dan sangat tinggi nilai dan harganya adalah burung lovebird jenis Fallows; yaitu termasuk golongan lovebird Albinisme : Albino – Cinnamon-ino – Fallow dengan eksperimen mutasi genetik yang sangat langka sekali dengan perpaduan kawin silang, Resesif (NSL) dan menjadi Fallow seperti burung Albino pada umumnya yang mempunyai keturunan berdarah Albinisme yang mempunyai warna merah yang sangat unik.

Lovebird Fallow bewarna bulu jadul karena dilapisi dengan pigmen mutasi buatan Eumelamin seperti warna hijau atau pastel hijau, akan tetapi lovebird Fallow juga memiliki bola mata yang berwarna sangat unik, yakni merah ruby, dan kaki lovebird Fallow ini bewarna pink.

Harga lovebird Fallow saat ini tergolong jenis lovebird paling mahal dan luar biasa om bos !.. (FANTASTIK) MAHAL. Sekitar Rp. 25.000.000- (Dua Puluh Lima Jutaan) GAN !…

Namun anda tidak terlalu panik untuk masalah harga, karena disetiap masing-masing daerah mempunyai patokan yang berbeda-beda pula tentunya. Harga burung diatas hanya menjadi parameter untuk anda dapat mengetahui harga kisaran dan tidak menjadi patokan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar macam macam burung lovebird yang ada di indonesia, beserta Harga, dan Suara Kicaunya.

Kiranya dapat memberi pengetahuan yang membantu om bos untuk dapat memilih jenis burung lovebird mana yang yang disukai dan dibeli nanti untuk dipelihara. Terima kasih. Semoga Bermanfaat.