Cara Merawat Burung Jalak Kapas Agar Gacor

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Halo sobat kicau mania !. Kembali berjumpa bersama situs website Kacer.Co.Id yang dimana pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips cara merawat burung jalak kapas ya temen-temen, nah mungkin dari kalian ada yang sudah kenal belum dengan jenis burung kapas ini ?, atau sering disebut-sebut jalak sutra ya, tentu dari kalian pasti ada yg sudah tahu dan juga ada yang baru pertama kali melihat nya ya ?.

Burung jalak kapas di indonesia ini termasuk jenis burung langka ya, karena asal jalak kapas dari tiongkok dan siberia, yang biasanya jika ada musim perpindahan habitat (migrasi) itu biasanya ke wilayah asia khususnya ke negri kita, dan tentu harga yang ditawarkan di pasaran tentu sangat bersahabat ya temen-temen.

Bagi para pemain burung kicau tentu sangat menikmati suara burung jalak sutra ini jika sudah mapan gacor ya, kelebihan jalak kapas karena suaranya yg merdu dan sangat baik jika kita jadikan sebagai burung isian baik untuk masterin burung murai, kacer, cucak ijo dan burung ocehan lainnya ya.

Yang unik dari burung jalak kapas ini jika kita amati bentuk postur tubuhnya ini tidak terlalu besar atau tidak seperti burung burung jalak lainnya kalau kita melihat burung jalak suren, jalak nias ataupun jalak kebo itu memiliki body yang jauh lebih besar tentunya,

Lebih tepatnya body jalak kapas ini hampir seukuran burung anis lah, dan volume suara nya juga tidak terlalu kencang, dan mirip-mirip seperti kicauan burung pleci ngerol bukpar ataupun anis merah gitu ya, intinya mah ramah lingkungan dan tidak mengganggu tetangga gitu ya ehhehe. Oke langsung ja yuk kita bahas pola rawatan hariannya itu seperti apa ?.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Membuat Racikan Makanan Burung Kolibri Agar Gacor

kelebihan-jalak-kapas

Cara Merawat Burung Jalak Kapas Biar Cepat Gacor


Rajin Membersihkan Kandang

Nah untuk yang pertama ini terkadang selalu disepelekan tentunya bagi para penghobi yang masih pemula ya, yang dimana kondisi kotoran kandang nya jarang sekali dibersihkan ya, apa mungkin lagi bawaan malas atau gimana gitu ya, betah melihat kotoran jalak ini sampai numpuk-numpuk, terkadang saya perhatikan ada beberapa para pemain burung kicauan yang seperti itu.

Tentu saya pribadi tidak nyaman jika melihat burung rawatan yang memang betul-betul kita rawat itu kandangnya kotor dan bau, jadi intinya saya tekankan disini, rajinlah untuk membersihkan kotorannya setiap hari ya lebih bagus pagi dan sore hari agar si burung merasa selalu fresh dan nyaman ya, jika burung sudah nyaman tentu berpeluang akan mudah gacor pastinya.

Cara Memandikan Dan Menjemurnya

Untuk jenis burung jalak kapas yang baru saja kalian beli dari ombyokan pasar burung tentu masih dalam keadaan giras ya, wajar saja karena burung masih belum bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar terlebih dirawat dengan manusia karena hasil pikatan di alam liar ya.

Jadi saran saya janganlah kalian terburu-buru untuk memandikannya, saat pertama kali datang kerumah kalian siap kan pakan EF dan voer serta air minum yang bersih ya, lalu kerodong dan tempatkan di tempat yang tenang

biarkan saja jika burung jalak kapas ini mandi di wadah cepuk air minumnya sendiri, selang sudah lebih dari 3 hari barulah kita coba mandikan dengan cara di semprot ataupun dengan langsung kita pegang dengan tangan ya, tujuannya agar melatih mental si burung supaya tidak takut dengan kita si pemiliknya ya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Lovebird Pasjo

Setelah burung dimandikan, jangan langsung kalian jemur dibawah panasnya sinar matahari ya, anginkan terlebih dahulu sekitar 3 – 4 menitan lah, setelah itu baru kalian jemur selama kurang lebih 30 – 45 menit saja maksimalnya, inget jangan terlalu kelamaan dalam proses penjemuran nya ya, karena burung ini tidak terlalu begitu suka hawa panas.

asal-jalak-kapas

Pemberian Pakan

Untuk makanan harian burung jalak kapas / sutra ini kalian bisa memberikannya pakan voer ya, boleh kalian menggunakan voer kasar ataupun halus ya, saya pribadi biasanya langsung mengajarinya untuk makan voer kasar ya seperti topsong, goldcoind ataupu superfit contohnya, intinya yang banyak mengandung protein yang lengkap dan sudah terbukti khasiat dan sudah banyak dipakai oleh temen-temen kicau mania senior,

usahakan setiap hari kualitas voer tersebut kalian cek ya, bisa kalian ganti 2 hari sekali atau lebih baiknya sehari sekali diganti dengan yang masih fresh, selain pakan voer temen-temen bisa memberikan pakan tambahan untuk jalak kapas kesayangannya seperti jangkrik, ulat hongkong ataupun ulat kandang ya, boleh juga dikasih pakan buah pisang untuk melengkapi asupan vitamin yang baik dan alami, agar membantu memperlancar proses pencernaan si burung ya.

Untuk cara pemberiannya di pagi hari cukup berikan 2 – 3 ekor jangkrik ya, namun usahakan kepala dan kakinya dibuang, dan waktu sore harinya kasihkan kembali jangkrik sebaanyak 2 ekor saja, keroto boleh setiap hari sebanyak 1 sendok makan, jika tidak setiap hari minimal seminggu sekali ya. Dan untuk buah pisang 2 – 3 kali dalam 1 minggu, untuk variasi pakan nya.

Kesimpulan :

Dari langkah perawatan diatas tentu kalian sebagai pemilik harus dituntut konsisten dan sabar ya jika ingin berhasil merawat burung jalak kapas ini agar bisa mendapatkan hasil yang kalian harapkan tentunya.

Oke jadi itu saja tips yang bisa kami share tentang cara merawat burung jalak kapas agar gacor, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat. Salam kicau mania indonesia.