Mengenal Ciri dan Jenis Lovebird Violet Beserta Harganya

Diposting pada

Lovebird adalah salah satu jenis burung yang cukup terkenal di beberapa kalangan pecinta burung. Jenis burung ini memiliki beragam banyak warna yang dihasilkan. Mulanya burung ini terkenal karena memiliki suara yang merdu dan juga sering dilombakan adu gacor.

Namun belakangan para pecinta burung memilih untuk memelihara burung ini karena memiliki warna yang bagus. Yuk simak ulasan burung lovebird violet satu ini.

Ciri Fisik Burung Lovebird


1. Merupakan Perpaduan dari Dua Jenis Burung

Lovebird jenis violet adalah salah satu jenis burung yang merupakan hasil persilangan antara, lovebird jenis violet dan lovebird jenis biru dakacon. Dengan hasil persilangan ini akan menghasilkan jenis genetika baru.

Induk jantan lovebird jenis hitam apabila dikawainkan dengan induk betina lovebird jenis patel putih, juga bisa menghasilkan lovebird jenis violet lho. Sehingga anda bisa mengenali burung lovebird satu ini dengan mudah.

gambar-burung-lb-violet

2. Memiliki Bulu Warna yang Khas

Ciri khas yang dimiliki oleh burung ini adalah warna agar membedakan dengan jensi burung lainya. Warna burung ini akan terlihat lebih dominan berwarna biru keunguan, sehingga dikatakan sebagai lovebird jenis violet. Warna violet ini dominan akan menutupi pada bagian sayap dan ujung warna hitam.

Sementara pada bagian perut burung akan memiliki warna biru muda yang menawan. Beberapa burung akan memiliki leher berwarna putih. Semetara pada bagian kepala burung akan dominan berwarna hitam dengan paruh yang sedikit pucat. Ciri khas dari burung lovebird jenis violet adalah paruhnya yang berwarna orange pucat dan sebagian lagi berwarna orange tua.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Memahami Karakter Dasar Burung Love Bird

3. Memiliki Variasi Warna yang Lain

Jika anda mengenal burung jenis lovebird, akan ditemui banyak sekali jenis burung ini di pasaran. Meskipun bernama burung lovebird violet, burung ini juga memiliki warna lain lho. Anda bisa menemukan lovebird pastel violet yang bulunya akan dominan berwarna putih. Sementara pada bagian punggung dan sayapnya akan dominan berwarna pastel violet.

Variasi-Warna

Ciri utama dari burung pastel violet adalah warna kepala abu abu atau putih dan paruhnya yang berwarna orange. Pada bagian leher terdapat warna putih yang dicampur dengan warna violet yang menawan. Warna yang dominan ini tak hanya terdapat pada leher, namun juga pada bagian dada serta tubuh lainya termasuk ekor. Sehingga sangat mudah untuk mengenali jenis lovebird pastel violet satu ini.

4. Memiliki Perawakan yang Gagah

Lovebird adalah salah satu jenis burung yang sering dijumpai di pasaran. Jenis burung lovebird yang berwarna violet ini memiliki perawakan tubuh yang gagah dan juga terlihat sangar. Hal ini karena pada area kepala dan wajah burung yang ditutupi oleh bulu berwarna hitam untuk jenis personta.

Semakin pekat warna hitam pada area kepala, justru akan semakin menarik bagi sebuah burung. Dengan warna yang lebih pekat tentunya akan lebih menarik dan memancarkan aura keindahan tersendiri. Ada pula jenis lovebird violet fc (fischeri) yang merupakan hasil persilangan antara lovebird berwarna ungu dengan burung lovebird dakocan.

5. Terdapat Banyak Jenis Burung Lovebird Ungu

Pada umumnya jenis lovebird yang berwarna ungu memiliki ciri khas tersendiri dibandignkan dengan burung lainya. Namun seiring berkembangnya genetika, banyak sekali jenis burung yang ditawarkan di pasaran. Ada dua jenis burung lovebird warna ungu yang ada di pasaran yaitu jenis lovebird peronata dan juga jensi fischeri.

Kedua jenis burung ini memiliki perbedaan yang khas dan tentunya unik. Untuk jenis lovebird personata akan memiliki warna ungu pada bagian dada sampai ekor. Sementara untuk jenis burung fischeri, akan memiliki warna ungu yang lebih tajam dan lebih gelap. Pada bagian sayapnya burung akan terlihat warna ungu terong.

Baca selengkapnya :  Mengenal Mitos Burung Puter ( Makanan, Harga Dan Suara)

6. Jenis Violet SF dan Violet DF

Lovebird single factor dan juga violet df akan memiliki perbedaan dari sang induk. Anda bisa menanyakan kepada penjual burung mengenai genetika yang dimiliki oleh sang burung. Bisanya persilangan burung lovebird sering dilakukan untuk mendapatkan hasil yang bagus dan warna burung yang unik. Tanyakan langsung pada penjual burung mengenai induk burung lovebird violet tersebut.

Jenis-Violet-SF-dan-Violet-DF

7. Jenis Warna Violet pada Burung Lovebird

Sering dijumpai banyak sekali warna burung lovebird yang beragam. Warna yang unik dan lucu ini adalah salah satu hasil perkawinan antar burung lovebird yang beragam jenisnya. Burung jenis ini memang memiliki warna yang unik, karena mudah untuk dikawin silangkan. Anda bisa mengawinkan sendiri dua jenis burung yang berbeda untuk menunjukkan ciri khas yang akan ditonjolkan.

Tak heran jika burung ini memiliki banyak jenis burung. Anda akan menemui berbagai jenis burung lovebird seperti violet, lovebird pied BS Violet Personata, Violet Fischei, Lovebird Blorok Violet, Violet Sable Head dan beragam jenis lainya. Tentunya jenis jenis burung lovebird ini memiliki karakterisitik yang berbeda dan juga harga yang berbeda pula.

8. Mencetak Burung Lovebird Jenis Violet

Burung lovebird violet adalah salah satu jenis burung yang mahal dan disenangi oleh pecinta burung. Anda bisa menghasilkan sendiri warna burung lovebird yang baik berdasarkan dengan keinginan anda. Tentunya untuk memiliki gradasi warna ini anda harus tahu terlebih dahulu rumus yang bisa diterapkan.

Untuk mencetak burung lovebird jenis violet SF akan dibutuhkan 50% violet SF, 25% jenis violet Df, 25% blue, visual. Dengan kombinasi ini anda bisa mendapatkan salah satu jenis lovebird SF yang tentunya memiliki warna ungu yang tajam. Namun anda juga bisa menyilangkan sesama violet DF untuk menghasilkan burung lovebird yang memiliki warna yang tajam.

Baca selengkapnya :  Inilah 3 Jenis Burung Tledekan Terbaik Yang Ada Di Indonesia

9. Harga Jual yang Tinggi

Harga burung lovebird sangatlah bervariatif tergantung warna yang dimiliki oleh sang burung. Burung lovebird jenis violet adalah salah satu jenis yang mahal dibandingkan dengan jenis burung lainya. Hal ini karena ketajaman warna yang dihasilkan oleh sang burung. Normalnya untuk harga satu burung biolet personata anakan akan dibandrol dengan haraga berkisar dari 850 ribu hingga 1,5 jutarupiah.

Sementara untuk jenis lovebird perso yang terbaru akan dibandrrol dengan harga 1,5 juta rupiah untuk burung anakan. Jenis violet personata dewasa akan dibandrol dengan harga berkisar 1 hingga 2 juta rupiah. Untuk jenis BS Vilete perso anakan akan dibandrol dengan harga berkisar 1,4 hingga 1,4 juta rupiah. Jenis lovebird violet dewasa blorok violet akan dibadrol dengan harga kisaran 1,5 hingga 2,5 juta rupiah.

Itulah beberapa ciri fisik, jenis burung dan juga harga yang dipatok di pasaran. Anda bisa merawat burung lovebird di halaman rumah anda karena memiliki warna dan corak yang bagus. Selain itu burung ini juga bisa dijadikan ajang bisnis yang menguntungkan. Perawatan burung pun juga tidak sulit dan burung pun juga tidak rewel. Berikan makanan pada burung dan selalu rutin untuk membersihkan kandangnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang burung lovebird violet. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf.

Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.