Rahasia Setingan Cucak Jenggot Agar Juara Di Arena Lomba

Diposting pada

Dalam dunia hobi burung berkicau, kita sering sekali mendengar istilah stelan atau setingan. Setelan ataupun setingan harian adalah pola perawatan burung sehari-hari, meliputi kebiasaan mandi dan penjemuran serta pemberian pakan dengan porsi dan takaran yang tepat agar kesehatan dan psikologis burung tetap terjaga.

setingan-cucak-jenggot

Berikut stelan burung cucak jenggot yang harus anda ketahui


A. Stelan Harian

Perawatan harian untuk burung cucak jenggot, relatif sama seperti burung ocehan lainnya. Kunci keberhasilan perawatan harian adalah rutinitas dan konsisten dalam pelaksanaannya.

Setiap pagi hari kurang lebih sekitar pukul : 06.30 WIB burung wajib dikeluarkan dan di angin-anginkan selama 30 menit kemudian burung dimandikan sekaligus membersihkan kotoran pada kandang dan selalu menjaga kebersihan agar burung selalu sehat dan tidak mudah terkena virus atau parasit dan lain sebagainya.

Buang sisa-sisa pakan yang kemarin, voer dan air minum wajib diganti setiap harinya, agar selalu fresh dan segar saat burung memakan dan meminumnya. Berikan buah segar seperti pisang kepok putih atau pepaya segar dan 2 ekor jangkrik. Ingat dalam pemberian jangkrik harus dibuang kaki dan kepalanya.

Setelah itu lakukan penjemuran selama 1 sampai 2 jam / hari, mulai pukul 07.30. Selama penjemuran sebaiknya tidak melihat burung sejenis. Setelah penjemuran selelsai sekitar pukul 21.30 WIB. Burung jangan langsung dimasukan ke dalam rumah, ada baiknya harus di angin-anginkan terlebih dahulu selama 15 menit di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari. Lalu sangkar di krodong kembali dan burung baru boleh dimasukan ke dalam rumah.

Waktu menunjukan pulul : 11.00 WIB burung sebaiknya dimasterin suara-suara burung kicau lainnya. Baik menggunakan burung asli maupun audio mp3 suara kicau masteran sampai sore. Sekitar pukul : 15.30 WIB buka krodong dan burung dapat kembali diangin-anginkan di teras rumah anda, jika diperlukan burung boleh dimandikan. Lalu berikan extra fooding (EF) Jangkrik sebanyak 2 ekor.

Pukul : 18.00 WIB sebelum adzan maghrib burung kembali dimasukan dan dikrodong lalu dapat dimaster dengan suara audio mp3 kembali sampai keesokan harinya.

Baca selengkapnya :  Bahaya Pemberian Kroto Pada Murai Batu

Untuk pemberian pakan, makanan cucak jenggot boleh dikombinasikan antara EF serangga dengan buah yang masih segar dan wajib diberikan setiap harinya. Untuk pemberian buah dapat divariasikan, dari hari senin sampai kamis, di hari jum’at sampai sabtu boleh diberikan pisang kepok atau apel. Berikan kroto segar dengan takaran 1 sendok teh 3 kali dalam seminggu. Misalnya setiap hari senin pagi, rabu dan jum’at. Berikan ulat hongkong sebanyak 2 ekor, diberikan 1 minggu sekali saja. Misalnya pada hari minggu pagi.

Untuk menjaga kesehatan stamina burung ocehan sebaiknya juga dijadwalkan untuk memberikan multivitamin yang dicampur pada air minum sekali dalam seminggu. Ada baiknya juga untuk dapat memberikan efek hangat bagi tubuh burung jikalau sedang musim penghujan, berikan buah pisang yang diolesi dengan madu asli diberikan seminggu sekali saja.

Burung juga perlu olah raga agar kesehatan dan fisiknya senantiasa tetap terjaga, hal yang dilakukan yaitu dengan cara menempatkan burung dikandang umbaran, lakukan pengumbaran dengan waktu kurang lebih sekitar empat jam, dilakukan 4 kali dalam waktu satu minggu yang bisa dijadwalkan sesuai dengan kondisi dan situasi masing-masing penghobi.

Ada kalanya dalam perawatan sehari-hari kita mendapati cucak jenggot yang kita pelihara sedang mengalami over birahi, sehingga kita harus bisa memberikan perlakuan yang tepat dalam kondisi tersebut.

Berikut penanganan yang dapat kita lakukan saat cucak jenggot sedang over birahi :

  • Pangkas porsi jangkrik menjadi 1 pagi dan 1 pada sore hari.
  • Frekwensi mandi menjadi lebih sering / diperbanyak. Misalnya mandi cukup 1 hari sekali. Namun berikan mandi 2 kali sehari : pagi dan malam hari, untuk memandikan pada waktu malam, tidak dianjurkan melewati pukul 21.00 WIB karena jika terlalu malam, dapat mengakibatkan burung akan sakit. Waktu yang tepatnya untuk memandikan malam hari sehabis ba’da isya pukul 19.30 WIB.
  • Kurangi durasi penjemuran yang berlebihan, waktu jemur hanya boleh 30 menit saja.

Begitu pula sebaliknya, apabila cucak jenggot kesayangan kita sedang mengalami drop, maka kita sebaiknya juga dapat memberikan perlakuan yang khusus untuk burung kita agar dapat pulih dengan kondisi prima,

Baca selengkapnya :  Rahasia Sukses Budidaya Walet

Berikut cara penanganan cucak jenggot yang kondisinya sedang drop :

  • Porsi pemberian jangkrik sebaiknya di tingkatkan menjadi 5 pagi dan 5 sore.
  • Pemberian kroto juga di tambahkan, biasanya seminggu 3 kali, dengan kondisi seperti ini dibolehkan memberikannya dalam waktu 1 minggu 5 kali.
  • Mandi dibuat 3 kali sehari saja.
  • Lamanya penjemuran ditambah menjadi 2 – 3 jam/hari.

B. Stelan Mabung

Mabung (Molting) atau sering disebut rontok bulu, merupakan siklus alamiah pada keluarga burung. Perawatan cucak jenggot ketika memasuki masa mabungnya adalah menjadi hal yang sangat penting dan fatal jika anda tidak mengerti cara memperlakukan burung cucak jenggot tersebut. Perawatan yang salah pada masa ini akan membuat burung menjadi rusak.

Stelan-Mabung-Cucak-Jenggot

Pada masa mabung ini, metabolisme tubuh burung meningkat hampir 40% dari kondisi normal. Oleh karena itu burung membutuhkan nutrisi yang berkualitas baik dengan porsi lebih besar daripada kondisi saat sedang normal. Karena proses mabung ini juga berhubungan dengan proses reproduksi hormon pada burung.

Hindari melihat burung sejenis, karena dapat mengganggu proses mabung tersebut. Yang nantinya dapat berdampak pada ketidak seimbangan hormon pada burung.

Berikut ini pola perawatan burung cucak jenggot pada masa mabung :

  • Tempatkan burung ditempat yang sepi. Jauhkan dari bising (brisik) lalu lintas aktifitas manusia, dan lebih baik burung wajib dikrodong.
  • Mandi cukup 1 minggu sekali saja, dan jemur maksimal hanya 30 menit / hari.
  • Pemberian extra fooding (EF) Jangkrik diperbanyak, karena sangat diperlukan dalam pembentukan jaringan sel-sel baru.
  • Berikan multivitamin yang berkualitas dan cocok untuk burung cucak jenggot kesayangan anda, yang dicampur di air minum berikan 2 kali dalam 1 minggu.
  • Perbanyak berikan buah pepaya, karena buah ini sangat mudah untuk dicerna, sehingga dapat melancarkan proses metabolisme tubuh burung. Selain itu buah pepaya ini banyak mengandung vitamin c yang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh burung.
  • Saat masa-masa ini yang banyak ditunggu-tunggu untuk proses pemasteran / pergantian suara kicau yang lama di reset dengan suara isian baru yang dapat mudah dan disimak oleh semua jenis burung yang sedang mabung. Jadi wajib hukumnya jika burung cucak jenggot sedang mabung harus dimasterin dengan suara-suara isian burung ocehan lain yang berkualitas.
Baca selengkapnya :  Cara Mudah Membuat Jalak Suren Menjadi Gacor

C. Stelan Lomba

Perawatan dan stelan harian yang dilakukan dengan tepat akan menjadi modal dasar, agar sukses diarena perlombaan burung kicau. Namun demikian perlu penanganan dan perawatan khusus terhadap cucak jenggot yang akan kita ikut sertakan dalam perlombaan.

Perawatan cucak jenggot sebelum mengikuti lomba, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan harian yang telah dilakukan secara rutin. Tujuan perawatan pada tahap ini yaitu mempersiapkan burung cucak jenggot agar mempunyai tingkat birahi yang pas dan memiliki stamina yang stabil. Kunci keberhasilan perawatan burung ocehan yang akan diterjunkan di arena lomba yaitu mengenal baik karakter dasar dari masing-masing burung.

Stelan-Lomba-Cucak-Jenggot

Berikut ini contoh pola perawatan dan stelan lomba untuk burung cucak jenggot yang dapat anda terapkan :

  • H-3 sebelum lomba, (EF) jangkrik dapat anda naikkan porsinya menjadi 10 ekor pagi dan 6 ekor pada sore harinya.
  • H-2 sebelum lomba, burung jangan dijemur terlalu lama, maksimal 30 menit saja.
  • Saat ketika dilapangan, satu jam sebelum menggantang burung, berikan tambahan jangkrik 2 ekor, ulat hongkong (UH) sebanyak 5 ekor dan sedikit kroto segar. Apabila burung akan turun lomba berikan kembali 1 ekor jangkrik lagi.

D. Stelan Pasca Lomba

Perawatan pasca lomba sebenarnya berfungsi untuk memulihkan stamina dan mengembalikan kondisi fisiknya setelah burung terlalu letih bekerja mengeluarkan suara kicauannya yang maksimal di gantangan tersebut.

Berikut pola perawatan dan stelan pasca lomba untuk burung cucak jenggot :

  • Porsi extra fooding dikembalikan ke stelan standar harian
  • Berikan multivitamin pada air minumnya pada hari H+1 setelah mengikuti perlombaan.
  • Sampai H+3 burung jangan terlau kuat dijemur, penjemuran maksimal hanya diperbolehkan 30 menit saja.

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar perawatan cucak jenggot biar gacor dan menjadi juara lomba, yang kiranya dapat bermanfaat untuk para penghobi kicau mania semuanya.