Mengenal Ciri Burung Lovebird Paskun Beserta Harganya

2 min read

lovebird-paskun

Ada banyak spesies burung yang bisa ditemukan di Indonesia. Tidak hanya burung endemik saja, tapi ada juga berbagai burung impor dengan warna bulu yang menarik. Di mana, sebagian jenis burung ada yang sering diikutsertakan dalam perlombaan.

Salah satu burung yang sering diikutsertakan dalam perlombaan kicauan adalah lovebird. Burung ini memiliki kicauan yang unik, sehingga banyak dicari oleh para pencinta burung. Umumnya, jenis burung lovebird memiliki corak warna yang cerah. Corak warna inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari burung lovebird.

Burung lovebird memiliki banyak warna yang membuatnya semakin memiliki nilai jual tinggi. Salah satu dari jenis warnanya adalah lovebird paskun. Paskun sendiri merupakan singkatan dari pastel kuning. Jenis lovebird yang satu ini hampir mirip dengan lovebird lutino.

Hanya saja, warna dari kedua jenis lovebird ini berbeda. Di mana, untuk paskun memiliki warna kuning kalem, ada juga campuran warna hijau muda. Sementara, lovebird lutino memiliki warna kuning cerah.

Mengenal lebih dekat karakter love bird pastel kuning


Ciri Burung Lovebird Paskun

Ciri utama dari jenis lovebird yang satu ini adalah warna bulunya. Di mana, warna bulu dari burung ini adalah kuning berkombinasikan dengan kehijauan, dengan bagian kepala berwarna orange. Selain itu, warna dari sayap dan badannya cenderung berwarna pastel kuning.

Umumnya, lovebird paskun memiliki paruh berwarna merah. Sedangkan, pada bagian ekornya ada yang memiliki warna hijau muda dan ada pula yang berwarna kuning. Untuk ujung sayapnya memiliki warna putih.

Baca selengkapnya :  Mengungkap Fakta Dibalik Mitos Jenis Burung Gagak Di Indonesia

Jenis Burung Lovebird Paskun

Ada dua jenis paskun yang bisa ditemukan, diantaranya:

Lovebird Paskun Bersih

Pertama, ada lovebird paskun bersih. Untuk jenis yang pertama ini ditandai dengan bagian bulu terlihat tampak rapi dan warna kuningnya terlihat nampak cerah. Selain itu, tidak ada warna bentol, sehingga tampak halus.

paskun-bersih

Paskun bersih pun memiliki warna lain, seperti warna kuning, hijau dan orange. Jenis burung paskun yang satu ini sangat digemari oleh para pencinta lovebird dan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis selanjutnya.

Lovebird Paskun Kotor

Untuk jenis paskun yang satu ini memiliki bulu tampak kurang rapi. Selain itu, warna kuning di bagian tubuhnya cenderung kotor. Di bagian sisi lainnya, terdapat warna kehijauan yang membuatnya terlihat lebih kotor.

paskun-kotor

Kemudian, warna yang satu dengan warna lainnya terlihat kontras, seperti ada bintik-bintik di sekitar punggung. Hal ini membuatnya memiliki harga yang relatif murah dan terjangkau.

Harga Lovebird Paskun

Lovebird paskun merupakan jenis lovebird yang relatif mudah ditemukan. Sehingga, harganya pun cenderung murah dan bervariatif. Biasanya, untuk anakan dari burung ini dihargai sekitar 250 ribuan. Sementara, untuk yang sudah dewasa harganya bisa mencapai 400 ribuan.

Meskipun memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan lovebird lutino, tapi jenis lovebird ini kualitas suara bagus, asal dirawat dengan baik dan benar. Sementara, selisih harga antara paskun bersih dan kotor adalah sekitar 50 ribuan.

Baca artikel terkait seputar burung love bird

Perawatan Burung Lovebird Paskun

Perawatan dari jenis burung lovebird ini tidak bisa sembarangan. Terlebih, jika akan diikutsertakan dalam perlombaan. Berikut beberapa perawatan yang perlu diperhatikan.

Baca selengkapnya :  Inilah Perbedaan Cendet Madura Dengan Cendet Lainnya

Rutin Memandikan

Salah satu alasan memandikan burung lovebird paskun secara rutin adalah agar terhindar dari penyakit. Biasanya, pemandian ini dilakukan sampai basah kuyup, guna untuk menyulut stamina dari si burung.

Sehingga nantinya memiliki kualitas kicauan yang bagus dan panjang. Pemandian ini dilakukan pada pagi dan siang hari. Di mana, setelah dimandikan harus segera dijemur atau terkena sinar matahari.

Umumnya, untuk pagi hari burung dimandikan pada pukul 07.00. Kemudian, dijemur selama 3 jam dan diangin-anginkan. Sementara, untuk siang harinya bisa dilakukan pada pukul 12.00. Setelah itu, burung kembali diangin-anginkan pada tempat teduh. Sementara, pada sore hari bisa diimanfaatkan untuk memasterkan menggunakan audio suara lovebird.

Pakan

Perawatan burung lovebird paskun lainnya adalah dengan memperhatikan pakan. Di mana, pakan yang diberikan akan mempengaruhi kemampuan kicauannya. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, maka makanan yang diberikan pun harus bervariasi. Selain pakan biasanya, kamu juga bisa memberikan buah-buahan dan sayuran segar.

Multivitamin

Selain pakan dan ekstra fooding, burung ini pun harus diberikan multivitamin. Pemberian multivitamin ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan menunjang perkembangan dari segi kemampuan kicauannya. Multivitamin ini hanya berperan sebagai pendukung saja. Hasil yang baik tetap pada perawatan harian yang dilakukan.

Berbagai macam hal terkait burung lovebird paskun sudah dibahas. Mulai dari ciri, jenis, harga, sampai perawatan. Meskipun sering dikatakan mirip dengan lovebird lutino, tapi ternyata kedua jenis lovebird ini berbeda. Selain beda dari segi warnanya, juga beda dari segi harga. Di mana, jenis yang paskun memiliki harga relatif murah.