Inilah Keistimewaan Burung Prenjak

Diposting pada

Prenjak sejenis burung pengicau dari suku Cisti-colidae dan juga yang mengalir ras kesuku Sylvidae, dalam bahasa inggris burung ini dikenal sebagai barwinged prinia, meruruk pada garis putih pada setiap sayapnya. Nama ilmiahnya adalah Prinia familiaris Horsfield, 1821.

Mengenal lebih dekat individual burung ini

A. Habitat dan ciri

Ada banyak macam jenis dari burung ini, seperti prenjak atas, prenjak bawah, prenjak klawu yang pastinya memiliki karakteristik dan kebiasaan yang berbeda-beda, namun jenis prenjak yang paling bagus untuk di pelihara maupun diikut sertakan dalam arena kontes oleh para hobiis kicau mania, biasanya burung prenjak lumut dan prenjak jawa yang namanya sudah populer di jagad perkicauan khusus kelas burung ini.

prenjak-jawa

Pada dasarnya burung prenjak menyukai tempat-tempat yang terbuka lebar, seperti wilayah semak belukar, padang rumput yang lebat dan ditumbuhi banyak ilalang-ilalang, di kebun pekarangan, tepi sawah dan tepi hutan.

Jenis prenjak alang alang biasanya sering bersarang di rumput ilalang dan semak belukar yang rindang. Terkadang sarang ini dititipi telur burung wik-wik kelabu dan bangsanya yang bersifat parasit. Namun ciri khas dari burung ini pada umumnya berukuran kecil, ramping dan berekor panjang.

Panjang tubuhnya diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor, kebanyakan antara 10 – 15 cm, meski adapula yang lebih dari 25 cm. Dada burung atau perutnya ini bewarna kekuning-kungingan dan ada yang putih, serta hijau tua dan berpadu dengan warna cokelat di area punggung atas sayapnya.

Burung ini memiliki tipikal tidak mudah stress, dan memiliki kicauan bersuara nyaring dan resik, prenjak seringkali berbunyi dan tiba-tiba berisik. Beberapa jenis burung ini berbunyi keras yang menandai kehadirannya, sambil bertengger pada ujung tongkak, ranting, tiang kawat listrik atau di tempat yang menonjol lainnya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Kepodang Supaya Rajin Berkicau

Prenjak ini sangat senang jika banyak burung yang sesama dengan jenisnya yang saling berdekatan, karena tergolong mempunyai sifat burung koloni yang sangat menyukai keramaian jika melihat burung sejenisnya.

B. Makanan yang dibutuhkan

makanan burung prenjak sangat menyukai serangga kecil, pakan alami sangat bagus untuk burung ini seperti ulat daun, ulat hongkong (UH), jangkrik kecil, ulat bambu dan lain-lain. Namun ada juga beberapa para hobiis kicau yang memelihara burung ini dan melatihnya untuk dapat ngepur (makan voer) untuk dapat menambah asupan vitamin, gizi dan nutrisi, serta agar dapat memudahkan dalam perawatannya.

Ada baiknya untuk pakan pokok setiap hari harus tersia ulat hongkong di wadah cepuk di dalam sangkarnya agar suata saat burung prenjak ini lapar bisa langsung menyantapnya.

C. Keunggulan dan kelemahan burung ini

Keistimewaan yang dimiliki dari Burung ini, memiliki tubuh yang kecil dan mungil serta bulu yang menarik, dan ketika berkicau dapat mengeluarkan suara khas yang kencang, volume keras tembakan-tembakan dengan durasi yang rapat, dan dapat menggerakan ekornya naik turun keatas dan kebawah.

prenjak-kepala-merah

Sehingga dapat melirik perhatian para hobiis kicau untuk dapat memiliki burung ini sebagai peliharaan untuk kontes maupun hanya sekedar untuk isian burung ocehan yang lainnya. Namun jika dilihat dari sisi kelebihan pasti ada kekurangannya, kelemahan burung ini jika tidak bisa merawatnya dengan baik maka dapat mudah mati.

Dengan karakter fighter dasarnya burung ini sangat giras, dan sulit untuk dijinakkan. Apalagi burung yang baru didapat dari hasil tangkapan hutan. Namun burung ini juga masih sangat sulit untuk dikembangbiakan (budidaya), akan tetapi jangan khawatir, ini solusinya bagi anda yang ingin mencoba ternak burung prenjak.

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Burung Murai Batu Terbaru Di Tahun 2020

Berikut tips pemeliharaan dan perawatan burung prenjak ini : Peliharalah burung prenjak jantan ini dengan pasangan prenjak betina agar dapat menyetabilkan birahi dan rajin berbunyi. Berikan tenggeran ranting, agar burung dapat leluasa saat berkicau dan bercanda dengan pasangannya.

Bagi anda yang ingin memelihara burung yang satu ini, namun anda bisa membawa pulang burung ini dengan harus merogoh kocek sebesar 200 ribu untuk burung prenjak yang sudah gacor, namun jika burung tersebut masih anakan / bahan dibandrol hanya 50 – 180 ribu saja. Relatif murah bukan ?. Asalkan tau saja, meskipun harganya murah tapi bukan burung murahan lho. Karena burung ini sudah masuk kelas gantangan lomba kicau juga.

Penasaran dengan suara Khas yang dimiliki oleh Burung Ini ?. Berikut kami sajikan suara prenjak audio mp3 masteran yang dapat anda download secara gratis disini.

suara burung prenjak pikat

Download link disini


prenjak gacor mp3 download

Download link disini

Demikian informasi ulasan yang dapat kami bahas seputar burung prenjak yang kiranya dapat menambah wawasan anda dalam dunia perburungan kicau mania, semoga bermanfaat.