Jenis Dan Harga Burung Lovebird Parblue

Diposting pada

Burung juga memiliki banyak jenisnya, baik dari bentuk paruh hingga suara kicauannya. Kicauan burung ini yang biasanya dijadikan sebagai alasan pertama untuk memelihara burung.

Sekarang ini sudah ada banyak jenis burung yang memiliki suara kicauan yang bagus, serta lengkap dengan corak warna pada burung yang indah. Namun, setiap jenis burung tersebut memiliki harga yang berbeda-beda disesuaikan dengan kualitas dari burung itu sendiri.

Tentu saja semakin bagus kualitas dari burung tersebut dan sering juara dalam ajang perlombaan burung, harga yang ditawarkan akan semakin tinggi berbeda dengan burung yang biasanya.

Burung lovebird parblue merupakan salah satu jenis burung yang tidak hanya memiliki kicauan yang bagus, tetapi juga corak warna yang begitu memikat hati para pencinta burung. Burung ini pun kerap mengikuti ajang perlombaan, bahkan tidak jarang burung lovebird parblue pun menduduki posisi juara. Penggemarnya pun semakin lama semakin banyak, dengan jumlah yang meningkat setiap tahunnya.

Mutasi pada burung lovebird menjadi fenomenal beberapa tahun ke belakang, sehingga memunculkan banyak jenis lainnya. Burung lovebird parblue merupakan salah satu hasil dari fenomena mutasi ini.

Parblue sendiri bukan nama mutasi yang dijadikan standar di seluruh dunia, melainkan hanya sebuah nama pasaran saja. Sedangkan nama mutasi yang tepat untuk menyebut fenotipe ini adalah turquoise ataupun turquoise blue.

Parblue merupakan hasil singkatan dari partial blue, yang memiliki arti sebagian biru. Hal ini tidak didasarkan pada tampilan fisik burung itu sendiri, tetapi dari segi genetisnya. Para hobiis kicau mania yang ada di indonesia sendiri menyebut burung ini sebagai lovebird parblue, biasanya juga ada yang menyingkatnya menjadi PB. Hampir semua jenis dari burung lovebird parblue ini memiliki banyak peminat di Indonesia, tentu saja dengan harga yang bervariasi.

Tipe Burung Lovebird Parblue Yang Perlu Anda Ketahui

Jenis burung lovebird parblue terbagi menjadi 2, yaitu personata parblue dan fischeri parblue. Berikut ini adalah penjelasan terkait kedua jenis burung mutasi dari lovebird :

Personata

Pada jenis burung lovebird parblue yang satu ini memiliki ciri umum pada warnanya. Ciri tersebut di antaranya warna hitam tidak hanya pada bagian kepalanya saja tapi juga pada bagian badan.

Namun, pada bagian lehernya memiliki warna yang lebih mencolok yaitu berwarna kuning keputihan serta kuning cerah. Warna dari burung ini yang membuat burung ini dibanderol dengan harga yang tinggi, bahkan mencapai belasan juta rupiah karena warna burung ini yang terbilang langka.

Fischeri

Jenis burung yang satu ini memiliki warna yang terang pada bagian kepalanya, yaitu berwarna kuning. Sedangkan pada bagian badan dari jenis lovebird parblue ini lebih bervariasi, karena bergantung pada warna dari jenis parblue fischeri itu sendiri.

Jenis fischeri ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis, sesuai dengan warnanya, antara lain:

  1. Burung parblue blorok, warna dari burung yang satu ini adalah kuning cerah pada bagian kepala. Namun, pada bagian tubuhnya berwarna blorok atau yang disebut campuran. Warna ini yang membuat burung parblue ini disebut blorok.
  2. Burung parblue standar hijau, jenis burung yang satu ini memiliki warna kepala yang sama dengan yang sebelumnya. Perbedaannya ada di bagian badan burung yang berwarna hijau. Sedangkan dari harga yang ditawarkan hampir sama dengan parblue blorok.
  3. Burung parblue sable head, burung ini diberi nama tersebut karena warna kuning cerah yang ada di lehernya. Tetapi warna tersebut hingga mencapai bagian lehernya dan membentuk seperti kalung.
  4. Burung parblue standar pastel, jenis burung yang satu ini pun tidak jauh berbeda dengan burung yang sebelum-sebelumnya. Pembedanya berada pada warna bulu yang ada di dadanya, yaitu berwarna kuning kebiruan, dengan warna badan hampir mirip parblue standar hijau.
Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Samyong, Makanan, Harga dan Suara

gambar-burung-lovebird-parblue

Harga Burung

Burung lovebird parblue memiliki keistimewaannya tersendiri, mulai dari corak hingga kicauannya, tidak heran jika membuat harganya pun cukup kompetitif dengan jenis burung yang lainnya. Harga burung yang satu ini pun terbilang cukup tinggi, yaitu berkisar antara 3 juta hingga 15 juta.

Harga tersebut adalah harga normal satuan atau per ekornya. Harga tersebut bisa meningkat lagi jika memiliki lebih banyak kelebihan ataupun prestasi yang dimiliki, bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Demikian informasi yang dapat disampaikan berkaitan dengan burung lovebird parblue dengan segala kelebihan yang dimilikinya. Memang burung ini dibanderol dengan harga yang mengharuskan para pencinta burung ini untuk merogoh kocek dalam-dalam.

Namun, harga tersebut dirasa setimpal dengan kualitas yang dimiliki burung yang satu ini. Semoga informasi terkait burung lovebird ini bisa membantu untuk menambah wawasan dunia kicau teman-teman, sekian dan terima kasih.