Mengenal Jenis Burung Cucak Cungkok Beserta Harga Dan Suara

Diposting pada

Belakangan ini, beberapa dari penyuka burung kicau sering membicarakan tentang keberadaan tentang burung satu ini. Burung Cucak Cungkok merupakan salah satu jenis dari burung Cucak yang memiliki karateristik sekilas hampir serupa dengan Cucak Ijo.

cucak-cungkok

Bagi anda yang berminat untuk memeliharanya, maka anda pun sebaiknya mengenal lebih jauh terlebih dahulu tentang jenis burung satu ini. Berikut simak ulasannya.

Kenali Lebih Dalam Tentang Jenis Burung Kicau, Cucak Cungkok


1. Mengenal Habitat Dari Burung Kicau Jenis Cucak Cungkok

Untuk anda yang ingiin memelihara jenis burung ini, maka anda pun bisa mengetahui terlebih dahulu dimana asal dan habitat dari burung ini. Jenis burung kicau ini mempunyai habitat asli yang berasal dari wilyah di sekitar Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Jika dilihat dari persebarannya sendiri melalui beberapa negara, maka burung ini pun mempunyai populasi yang berada di beberapa negara.

Negara tersebut diantaranya adalah Laos, Malaysia, Tiongkok, Myanmar dan Thailand. Burung Cucak Cungkok ini pun juga mendiami beberapa wialayah yang di alam.

habitat

Anda pun dapat menemukannya di atas dataran tinggi hutan yang berbukitan dimana mempunyai suhu yang terbilang cukup dingin. Sehingga burung dengan jenis ini memang bisa hidup dengan situasi dan cuaca yang dingin.

2. Karakteristik Yang Perlu Anda Tahu Tentang Burung Kicau Jenis Ini

Burung satu ini merupakan salah satu burung yang tidak termasuk hewan endemik di Indonesia, akan tetapi hal tersebut tidak menyurutkan bagi parapecinta burung kicau untuk mempunyai burung dengan jenis ini. Bahkan kebanyakan pun memelihara hingga melakukan perawatan khusus untuk burung ini.

Baca selengkapnya :  Suara Kacer Asli MP3 Download

Hal yang membuat ingin memeliha burung ini adalah dikarenakan mempunyai suara yang merdu.

Sehingga burung Cucak Cungkok ini pun mempunyai kicauan yang unik karena dapat mengulangi bunyi kicauan dengan tempo yang terbilang cukup rapat. Selain itu, untuk kualitas dari suaranya sendiri anda dapat meningkatkan kualitas suaranya dengan melatihnya secara terus menerus dan memperdengarkan suara kicauan dari burung yang lain.

Sehingga nantinya burung satu ini mempunyai kualitas suara kicauan yang bagus .
Selain itu, burung ini pun mempunyai warna dan bentuk fisik yang sekilas hampir mirip dengan burung Cucak Ijo.

Untuk ciri khasnya sendiri adalah memiliki dominasi warna hijau yang hampir menyelimuti seluruh tubuhnya, hanya di bagian dada dan perut saja yang memiliki warna kuning dan oranye yang terlihat sangat jelas. Untuk sayap, dagu dan lehernya sendiri mempunyai warna biru tua yang mengkilap.

3. Makanan Yang Bisa Anda Berikan Untuk Burung Kicau Dengan Jenis Ini

Bagi anda yang memelihara burung Cucak Cungkok, pastikan anda juga memperhatikan makanannya. Burung satu ini termasuk jenis burung yang gemar untuk memakan buah buahan ataupun serangga. Untuk jenis buahnya sendiri, biasanya burung ini memakan buah pisang dan buah pepaya.

pisang-pepaya

Selain itu, anda bisa memberinya makan berupan ulat hongkong, jangkrik dan juga kroto. Burung ini pun juga menyukai nektar pada bunga untuk makanan tambahannya.

jangkrik-dan-kroto

Burung ini pun mempunyai harga jual yang terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan burung kicau yang lain.

Untuk harga burung cucak cungkok di pasaran, anda bisa merogoh kocek sekitar 4,2 juta dan untuk yang sepasang maka anda pun bisa merogoh kocek yang lebih tinggi yakni sebesar 7,5 juta rupiah.

Baca selengkapnya :  5 Jenis Burung Kecil Terpopuler Dan Banyak Diminati Tahun 2020

Bagi anda yang menginginkan impor gacor, maka anda pun bisa membelinya sekitar 5,9 juta rupiah untuk membawa pulang burung kicau dengan jenis ini.

Burung yang satu ini terkadang sering diburu oleh para hobiis kicau mania yang dimana kualitas suara tembakan speed yang rapat dari burung ini sering dijadikan masteran untuk jenis burung lainnya untuk menambah variasi kicau.

Penasaran dengan suara burung cucak cungkok ini ?

download suara cucak cungkok betina – Download link disini


mp3 cucak cungkok tembakan istimewa – Download link disini