Cara Mudah Mempersiapkan Murai Batu Untuk Kontes

Diposting pada

Murai batu merupakan burung yang spesial untuk dijadikan burung kontes kicauan. Karena itu hobiis kicau mania selalu mempertahankan kondisi dan daya tahan tubuh menjaga stamina dan fisiknya burung tersebut agar tetap terjaga kualitasnya di ajang kontes.

Namun tidak banyak para pecinta burung ini yang mengerti dan memahami dengan tepat cara untuk menjaga kualitas murai batu. Berikut ada beberapa poin penting yang perlu anda perhatikan untuk dapat terus menjaga konsistensi kualitas dari burung murai batu yang anda miliki.

Pada artikel kali ini akan dijelaskan tahapan-tahapan yang tepat dan sangat baik untuk diterapkan pada burung murai batu anda jika ingin diikutsertakan dalam perlombaan burung kicauan khususnya murai batu. Simak ulasan sebagai berikut ;

murai-batu-kontes

Trik Menyiapkan Burung Murai Batu Agar Dapat Menang Di Perlombaan


A. Sebelum Kontes

1. Pemberian Pakan

Sebelum kontes, ada baiknya hobiis mengatur pola makanan murai batu agar tidak menimbulkan efek negatif, seperti over birahi atau stamina yang tidak stabil. Perawatan seminggu atau sering disebutnya H-7 sebelum kontes merupakan salah satu kunci kesuksesan murai batu akan tampil maksimal dan sangat memuaskan di lapangan atau digantangan selama kontes.

Berikut hal-hal yang perlu dilakukan oleh para hobiis sebelum menuju arena kontes:

  • H-3 kontes, berikan pakan kepada murai batu berupa 5 ekor jangkrik pada pagi hari dan 4 ekor jangkrik pada sore harinya.
  • Satu jam sebelum kontes, mandikan murai batu dan berikan dan berikan 3 – 5 ekor jangkrik.
  • Jika murai batu sebentar lagi siap digantang dalam arena kontes, jedah 1 sesi sebelum kelas anda yang akan tampil, dianjurkan berikan kembali 2 ekor jangkrik sebelum kontes dimulai.
  • Boleh disediakan voer didalam kandang secukupnya ataupun langsung dicabut voer dari rumah sebelum berangkat kelapangan. Untuk pakan voer tidak menjadi masalah, disesuaikan dengan kebiasaan burung masing-masing.

Catatan penting : Memang terlihat sepele, tapi jangan anda sepelekan hal ini.

Ingat !  . . . Jangan sembarangan dalam pemberian pakan khususnya (EF) Jangkrik. Saat baru membeli jangkrik dari kios pakan burung jangan langsung anda diberikan ke burung anda, karena kondisi jangkrik belum siap untuk di konsumsi dan nantinya akan berdampak buruk pada burung murai batu anda.

jangkrik

Untuk jangkrik yang diberikan kepada burung murai batu anda, haruslah jangkrik yang sehat. Bagaimana caranya agar mendapatkan jangkrik yang berualitas, Pada umumnya semua jangkrik sama saja. Akan tetapi jangkrik juga harus diberi asupan makanan juga dong..?. Seperti sayuran kangkung segar, atau jagung muda manis, daun singkong dan lainnya yang dapat dimakan oleh jangkrik dan banyak mengandung vitamin dan manfaat tentunya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Walet (Habitat, Makanan, Mitos)

Jangkrik yang tidak diberikan makanan, maka akan terlihat kurus dan perut jangkrik akan kepet tidak berisi, hanya memakan gabus / kardus sarang dari bekas telur yang tiada manfaatnya.

Otomatis berbeda hasilnya dengan jangkrik yang anda berikan asupan makanan,  otomatis jangkrik akan lebih sehat dan perutnya lebih berisi banyak kandungan vitamin yang baik, yang dapat dan sudah layak untuk dapat diberikan kepada burung murai batu kesayangan anda. akan tetapi asupan yang terbaik yang diberikan kepada burung anda, adalah faktor penentu untuk dapat bisa bersaing menjadi juara di arena kontes.

2. Persiapan Mental Murai Batu Menuju Kontes

Mental burung murai batu yang baik dalam bertarung, selain faktor keturunan, juga sangat dipengaruhi oleh perawatan si pemiliknya. Apabila perawatan harian yang diberikan kepada burung murai batu sudah memperhatikan kondisinya dan suasana sekitarnya cukup tenang, biasanya murai batu akan memiliki sikap mental yang baik saat kontes.

Bentuk beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan persiapan mental murai batu.

persiapan-murai-batu

  • Jauhkan murai batu dari burung kicauan lainnya selama satu minggu sebelum kontes (proses minggu tenang) istilahnya. Bertujuan agar murai batu tidak mudah terpancing emosi untuk selalu berkicau setiap harinya, karena untuk menjaga stamina dan kualitas suaranya serta menyimpan energi untuk kontes nantinya.
  • Ciptakan lingkungan yang mirip seperti arena kontes agar murai batu dapat mudah belajar untuk cepat beradaptasi di lapangan nantinya. Dengan begitu murai tidak mudah ngedrop mentalnya atau stress ketika di arena kontes. Amati faktor cahaya suhu udara yang ada diarena kontes.
  • Pantau terus kondisi lingkungan sekitar, agar burung murai batu anda tidak diganggu oleh hewan predator jenis yang lainnya. Seperti kucing, semut, ayam atau yang lainnya yang dapat membuat burung takut dan trauma. Bila mental burung tidak stabil, kemungkinan dapat membuat burung menjadi giras (dengan gaya tarung yang tidak menentu) akan dapat berdampak buruk dalam penilaian saat kontes nantinya.

B. Saat Kontes

Kunci Utama Keberhasilan murai batu ketika kontes adalah terletak pada perawatan hariannya serta setelan yang baik dan cocok ketika di H-7 sampai ke arena gantangan. Meskipun begitu perlakuan khusus perlu diberikan pula saat H-1. Berikut beberapa perlakuan yang dapat diberikan kepada murai batu saat menuju kontes.

  • Sebelum berangkat burung wajib di mandikan , baik di keramba bagi burung murai yang sudah terbiasa, maupun dengan cara di semprot. Intinya burung harus dimandikan terlebih dahulu agar fresh dan segar. Setelah mandi berilah 3 – 5 ekor jangkrik (ingat kaki dan kepala harus dibuang) hanya badan jangkrik saja yang baik diberikan kepada burung murai kesayangan anda.
  • Setelah itu krodong murai batu untuk menjaga mentalnya dan membuat tidak mudah stress. Selama perjalanan menuju lapangan (gantangan) arena kontes. On the way (OTW) lah menuju ke lapangan (arena kontes).
  • Saat dilokasi, jangan terburu-buru untuk membeli tiket. Akan tetapi kondisikan terlebih dahulu burung murai batu anda dari burung ocehan jenis lainnya mencari posisi tempat yang aman dan nyaman. Bertujuan agar tidak mudah tergoda untuk berkicau . Dikhawatirkan sebelum digantang burung sudah kecapean.
  • Satu sesi sebelum kelas atau giliran burung anda yang akan tampil. Ada baiknya burung di berikan EF (Jangkrik) kembali sebanyak 2 ekor untuk mengoptimalkan performa dan stamina kicaunya, kemudaian jangan lupa wadah pakan dan minum di cabut. Pastikan kotoran dibawah sangkar atau bekas makanan tiada yang tersisa, dasar sangkar harus bersih, dan tutup krodong kembali, burung anda siap di tenteng ke arena siap tampil moncer dan insyallah konser (Amminn).
Baca selengkapnya :  Cara Memilih Burung Merpati Dan Dara Terbaik, Gambar, Balap, Kolong

Saat-Kontes

Namun dari semua yang telah dijelaskan diatas, ada baiknya anda juga memperhatikan faktor-faktor yang lainnya seperti : membawa burung murai batu ke lokasi kontes idealnya menggunakan kendaraan roda empat (mobil), sehingga burung terhindar dari cuaca yang terik panasnya matahari, hujan, dan angin yang besar. Akan tetapi jika terpaksa menggunakan kendaraan roda dua (sepeda motor), perhatikan juga jarak tempuh dan waktu membawanya.

Apabila jaraknya cukup jauh, sebaiknya anda harus memiliki waktu jedah yang banyak diperjalanan, hingga tidak terburu-buru (grabak-grubuk) yang nantinya membuat burung terombang ambing diperjalanan, serta masih mendapatkan waktu untuk dapat beristirahat sejenak di lapangan untuk mengkondisikan ketenangan burung tersebut. Walaupun sudah menggunakan krodong wajib juga untuk memperhatikan faktor cuaca di perjalanan. Bertujuan agar burung murai batu anda tidak ngedrop dan stress mentalnya saat tiba di arena kontes.

C. Pasca Kontes

Setelah mengikuti kontes, burung murai batu anda perlu disetel kembali. Artinya burung tersebut perlu mendapatkan perlakuan khusus dan perawatan yang berbeda setelah mengikuti kontes. Bertujuan untuk mengembalikan staminanya.

Perawatan setalah kontes sama seperti setelan rawatan harian biasanya, akan tetapi perlu diberikan tambahan multivitamin pada air minumnya, mandi seperti biasa, porsi EF (extra fooding) dikembalikan juga seperti rawatan harian biasanya. Akan tetapi selama waktu 3 hari jangan jemur burung terlalu lama, cukup 30 menit saja.

pasca-kontes

Catatan :

Murai batu perlu memiliki stamina dan fisik yang terjaga untuk mengikuti latihan bersama maupun lomba saat kontes sangatlah penting. Namun jangan terlalu sering juga untuk ditrek atau mengikutinya, jika terlalu sering efek sampingnya akan berdampak buruk pada burung anda. Terutama burung murai batu yang sudah berkelas international. Kualitas kicau murai batu akan serak karena terlalu banyak aktivitas kicauan yang terlalu diporsir dan kelelahan.

Saran dari kami, yang sudah berpengalaman di dunia murai batu ini. Sebaiknya murai batu mengikuti kontes setiap 2 minggu sekali saja untuk dapat tetap menjaga performanya, namun jika burung masih usia muda memang lebih baiknya mengikuti latber (latihan bersama) setiap minggunya untuk dapat membuatnya semakin melatih mental murai batu untuk lomba. Penting untuk diingat adalah perhatikan kondisi murai batu sebelum mengikuti kontes. Jika dilihat belum siap, jangan memaksakan untuk diikutsertakan.

Baca selengkapnya :  Mengenal Burung Blackthroat (Kenari Afrika), Ciri, Makanan, Suara, Harga

Penting untuk diketahui :

Berdasarkan pengalaman kami, ketika membawa burung murai batu yang sama kearena kontes, maksimum 2 minggu sekali. Artinya terdapat jeda waktu 2 minggu bagi burung untuk dapat beristirahat dan dapat mengikuti kontes selanjutnya.

Tujuannya untuk mengembalikan stamina burung. Karena burung murai batu ini tipe petarung yang maksimal saat mengeluarkan kicauannya saat di arena, sehingga butuh waktu recovery (pengembalian kondisi TOP) sebelumnya. Untuk dapat mengikut sertakan dalam kontes berikutnya. (Agar Burung Murai Tidak RUSAK).

Konsisten Dan Tekun Dalam Perawatan :

Bagi para hobiis yang sering mengikuti kontes, tidak jarang memiliki trik khusus agar burung murai batu anda menjadi jawara unggulan dalam kontes. Hal yang paling penting dalam mempersiapkan murai batu untuk kontes adalah perawatan harian yang tepat.

Murai batu yang mendapatkan perawatan dengan baik dan pemasteran yang cukup, dapat menjadi murai batu yang berkualitas juara. Apalagi burung murai batu yang dimiliki berasal dari indukan trah juara. Karena itu, faktor ketekunan (ulet) serta konsisten dalam merawatnya adalah kunci keberhasilan untuk mencetak murai batu anda menjadi juara kontes dilapangan.

Jika burung kesayangan anda menjadi burung yang berkelas dan sering mendapat penghargaan juara maka harga burung anda akan menjadi murai batu termahal.

harga murai batu juara lomba tidak bisa diprediksi berapa bajet anggaranya, semua disesuaikan dengan banyak faktor dan keunikan ciri khas, serta sering konser dilapangan pastinya. Jangan heran burung yang sudah mendapatkan peringkat baik di perkicauan lomba harganya selangit ada yang 25 juta, 70 juta, bahkan ada yang sampai melebih harga kendaraan mobil maupun harga rumah.. Memang luar biasa (mewah) fantastis serta atmosfir kicau burung murai batu ini yang sudah dirasakan oleh para penghobi sejatinya.

Kasta burung ini merupakan kelas bergengsi dan tertinggi di antara burung kicauan yang lainnya. Jadi wajar harga yang ditawarkan sesuai dengan keinginan dan harapan.

Demikian informasi serta pengalaman yang dapat berikan kepada anda para penghobi dan pecinta burung khususnya murai batu agar dapat menerapkan tips rahasia murai batu juara yang sudah kami jelaskan diatas. Semoga dapat bermanfaat. Salam sukses semua.