Mengenal Jenis Burung Siri Siri Beserta Habitat, Makanan, Harga, Suara

2 min read

Burung-Siri-Siri

Salah satu burung kicauan yang cukup populer di kalangan pecinta burung kicau adalah burung siri siri. Burung ini pun juga sering dijadikan sebagai masteran untuk beberapa jenis burung kicau yang lain, diantaranya seperti burung kacer, burung murai batu hingga burung pentet.

Burung-Siri-Siri

Untuk itu, kali ini akan diulas tentang apa itu burung yang termasuk di dalam keluarga Pycnonotidae satu ini.

Kenali Lebih Dalam Tentang Burung Kicau Dengan Jenis Siri Siri

Burung satu ini merupakan burung yang tergolong dan termasuk di dalam jenis burung kicau yang memiliki bentuk tubuh hampir menyerupai dengan burung cucak rawis. Sehingga burung kicau satu ini pun sering di mirip miripkan dengan burung cucak rawis tersebut. Burung ini sendiri merupakan burung yang paling cocok untuk digunakan sebagai burung masteran dikarenakan memiliki kualitas suara yang sangat bagus.

Bagi anda yang ingin memelihara jenis burung ini, tentu saja anda harus mengetahui bahwa burung siri siri mempunyai dua jenis yakni yang kecil dan besar. Jika anda ingin menggunakan burung ini sebagai masteran, maka anda bisa menggunakan burung dengan jenis yang besar.

Hal ini dikarenakan burung ini memiliki volume, tembakan dan variasi suara yang bagus sehingga anda bisa menjadikannya sebagai masteran untuk burung kicau yang lain.

siri siri kecil

Untuk jenisnya sendiri terdapat siri siri lokal yang pada umumnya berasal dari daerah Jawa yang memiliki nama latin yakni Ixos Virescens.

Baca selengkapnya :  Inilah Burung Cucak Ijo Mini, Ciri Fisik, Jenis Kelamin, Perawatan, Harga

siri-siri-kecil

Dimana habitat dari siri siri lokal ini adalah dengan mendiami hutan hutan yang berada di Pulau Jawa dan Bali.

siri siri besar

Untuk burung siri siri raja atau siri siri besar yang mendiami pulau Sumatra tersebut pada umumnya tinggal di sepanjang hutan yang berada di wilayah Bukit Barisan. Untuk kedua jenis burung tersebut, rata rata mempunyai fisik yang hampir telihat sama, yang membedakan hanyalah untuk ras Jawa biasanya memiliki warna yang sedikit lebih cerah dan hijau. Sedangkan untuk yang ras Sumatra mempunyai jambul yang hampir tidak terlihat.

siri-siri-besar

Selain itu, burung ini pun juga mendiami daerah Gunung Slamet dan Merapi serta lainnya. Ada pula jenis siri siri yang mendiami daerah Sumatra atau biasa disebut juga dengan Ixos Virescens Sumatranus.

siri-siri-raja

Makanan Yang Bisa Anda Berikan Untuk Burung Kicau Dengan Jenis Siri Siri

Makanan burung siri siri yang bisa anda gunakan untuk burung dengan jenis ini adalah buah-buahan. Akan tetapi burung dengan jenisi ini pun juga memakan serangga, yakni seperti kupu kupu kecil yang berada di hutan.

jangkrik

Selain itu, siri siri juga memakan jangkrik dan ulat ulat kecil yang berada di dasar hutan. Untuk makanan dengan jenis voer sendiri juga dapat dengan mudah diberikan untuk burung satu ini. Diantaranya adalah seperti pisang yang telah dikupas di atas voer yang halus.

Selain itu, anda pun juga bisa memberikan makanan berupa pisang tersebut dengan cara diaduk secar langsung dengan voer. Burung siri siri ini pun nantinya juga akan terbiasa makan voer dengan sendirinya.

Apabila anda telah memberikannya voer, maka anda juga tetap harus mengusahakan untuk tetap memberikannya makan yakni pisang kepok putih atau kuning dan untuk sesekali anda berikan makanan berupa jangkrik yang berguna untuk menambah varian pakannya agar tidak bosan.

Baca selengkapnya :  Inilah Cara Membuat Burung Cucak Rante Menjadi Gacor

pisang-kepok

Berapakah Harga Burung Ini ?

Bagi anda yang ingin memiliki burung satu ini, maka anda pun bisa membawanya pulang dengan merogoh kocek sebesar 150 ribu-an untuk ukuran yang besar. Sedangkan harga burung siri siri untuk ukuran yang besar dan sepasang, maka anda perlu mengeluarkan kocek yakni sekitar 420 ribu hingga 500 ribu rupiah per pasang.

Sedangkan untuk yang gacor anda bisa membelinya dengan harga yang relatif mahal yakni mulai dari 250 ribu rupiah hingga 1,3 juta rupiah per ekornya.

Suara Kicau Burung Siri Siri

Ciri khas dari suara yang dimiliki oleh burung ini adalah suara tembakan tajam burung siri siri yang dapat membuat para hobiis kicau mania sangat kagum dan banyak menyukai karakter durasi burung ini yang tergolong burung yang rajin berbunyi untuk dijadikan isian burung ocehan lainnya.

Namun untuk jenis burung siri siri jantan memang sangat memiliki karakter suara yang lebih bervariasi dan lebih gacor jika dibandingkan dengan suara burung siri siri betina.

Penasaran dengan suara burung ini ?.

Berikut kami sediakan audio suara audio mp3 suara burung siri siri yang dapat anda download secara gratis disini :

Suara Siri Siri Besar Tembakan Tajam Untuk Masteran

Download link disini


Suara Siri Siri Raja

Download link disini


Suara Siri Siri Isian Kapas Tembak Dan Cucak Jenggot

Download link disini


Demikian informasi yang dapat kami berikan untuk kiranya dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda di dunia perburungan kicau mania, semoga bermanfaat.