Mengenal Jenis Burung Robin, Makanan, Harga, Suara

Diposting pada

Bagi anda pecinta burung kicau, tentu saja anda akan mengenal dan menyukai burung satu ini. Beberapa burung kicau tersebut memiliki keunggulannya tersendiri, salah satunya adalah burung Robin.

Keberadaan dari burung ini sudah populer sejak tahun 90 –an karena memiliki warna yang cantik dan suara yang unik. Robin yang memiliki nama latin (Turdus migrato-rius) merupakan salah satu jenis burung yang asal mu asalnya dari negri china, dan merupakan jenis burung yang tergolong periang, lincah dan rajin berbunyi.

burung-robin

Warna bulunya yang sangat menarik perpaduan warna hijau dan abu-abu, dengan ada sedikit warna merah dibagian selah sayapnya membuat kombinasi tersebut menjadi salah satu daya tarik para kicau mania untuk bisa memilikinya. Disamping paruh merahnya yang semakin menambah penampilan fisiknya.

Jika anda tertarik untuk mulai memelihara burung ini maka ada baiknya anda menyimak ulasan berikut yang akan membahas lengkap tentang burung satu ini.

Hal Yang Perlu Anda Tahu Mengenai Burung Kicau Jenis Robin


1. Kenali Berbagai Jenis Dari Burung Kicau Ini

Jika anda memang berencana untuk memelihara burung satu ini, maka anda pun perlu untuk mengetahui beberapa jenis yang bisa untuk anda pilih dan jadikan peliharaan.

Jenis pertama adalan Robin Jawa yang pastinya akan sering anda temui di beberapa wilayah Pulau Jawa. Hal ini dikarenakan burung jenis ini telah banyak dikembangkan terutama di daerah Jawa.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Dan Habitat Burung Bangau

burung-robin-bali

Selain itu, anda juga bisa menemukan burung robin bali dengan jenis bahan dimana memiliki harga yang lebih murah daripada yang telah dewasa dan pandai berkicau. Burung ini biasanya akan anda latih terlebih dahulu sehingga dapat menghasilkan suara yang indah.

Anda pun juga bisa mengenal jenis gacor, dimana burung satu ini memang terkenal memiliki suara yang terdengar merdu dan kicauannya yang original karena tidak mudah untuk menirukan kicauan burung lain.

2. Habitat dan Ciri

Jenis burung ini banyak sekali terdapat di Amerika Utara, sebelah selatan meksiko. Mungkin burung ini yang paling populer dan sering banyak dikenal didaerah tersebut.

Ciri-ciri burung robin ini, panjang tubuhnya hanya sekitar 7 cm, tidak diperlukan sangkar yang lebar / besar untuk dapat memeliharanya. Biasanya sangkarnya berbentuk persegi dengan ukuran 25 x 30 cm persegi sudah cukup memadai.

Namun dapat juga jika menggunakan sangkar bulat, dengan ukuran yang hampir sama. Burung ini di alam liar sangat senang membuat sarang dan ranting dari akar-akar yang dilapisi dengan lumpur, burung jenis ini jika bertelur tiga sampai lima butir, warnanya lembut hijau kebiru-biruan.

Keunggulan dari burung ini memiliki kicauannya yang merdu, dengan variasi suaranya yang banyak dan warna bulu sangat menarik. Namun ada beberapa kelemahan dari burung ini yang dimana robin mudah sekali down (stress) dengan kondisi faktor cuaca yang tidak menentu dan tidak dapat bertahan dengan udara tropis.

3. Jenis Makanan Untuk Burung Kicau Jenis Robin

Untuk memenuhi nutrisi dan vitamin bagi burung kicau jenis ini, maka tentu saja anda harus memberikan makanan yang seimbang dan juga sehat. Adapun terdapat beberapa jenis makanan yang bisa anda berikan dengan kombinasi yang tepat.

Baca selengkapnya :  Inilah Beberapa Hal Yang Dapat Membuat Burung Stres

Diantaranya adalah seperti buah buahan yang segar, seperti buah apel, buah pisang, serta buah pepaya. Jika anda membelinya melalui di pasar, maka anda perlu membilasnya terlebih dahulu agar terhindar dari kontaminasi senyawa kimia.

Selain itu, makanan burung robin pun juga bisa anda berikan pakan berupa serangga. Asupan nutrisi seperti protein tentunya juga sangat diperlukan oleh burung satu ini. Untuk itu, anda pun bisa menyediakan berbagai macam jenis serangga seperti jangkrik, belalang, ulat hongkong dan juga kroto. Untuk itu, anda pun bisa memberikan kombinasi dari makanan yang kaya akan protein tersebut.

4. Harga Untuk Membeli Burung Kicau Jenis Satu Ini

Bagi anda yang ingin membeli burung kaicau dengan model ini dan sudah pandai untuk melakukan gacor, sehingga menghasilkan suara yang merdu yang melengking maka anda pun bisa merogoh kocek yang lebih banyak daripada untuk yang anakan.

Untuk harga burung robin sendiri yakni sekitar 1 juta hingga 1,2 juta rupiah, sedangkan jika burung tersebut telah memenangkan kontes makabisa lebih melambung hingga harga yang lebih tinggi lagi.

Untuk burung Robin jenis Jawa, anda bisa membawa pulang jenis burung satu ini dengan harga sekitar 550 ribu rupiah hingga jika burung tersebut sudah gacor, maka anda pun bisa membelinya dengan harga yang lebih tinggi yakni mencapai 1 juta rupiah. Jika anda ingin mencari burung dengan jenis Robin yang mempunyai harga lebih murah, maka anda pun bisa membeli Robin bahan yang mempunyai harga jual burung robin sekitar 500 ribu rupiah.

Bagi anda yang tertarik untuk memelihara dan membeli burung satu ini, maka anda pun bisa mendatangi pasar burung yang bisa anda kunjungi di berbagai daerah di lingkungan anda.

Baca selengkapnya :  Tips Mudah Cara Merawat Burung Parkit Agar Cepat Gacor

Akan tetapi, anda terkadang harus sedikit bersabar untuk menunggu karena tidak semua tempat menyediakan burung dengan jenis satu ini. Anda pun juga bisa memilih jenis ukuran yang kecil agar tidak mengeluarkan biaya yang berlebih.

burung-robin-betina

5. Suara Kicau Merdu Burung Ini

Penasaran dengan suara burung robin ?. Berikut anda dapat download suara burung robin betina mp3 secara gratis disini

suara burung robin betina – Download link disini


suara burung robin jantan gacor mp3 – Download link disini