Inilah Cara Mengobati Burung Lovebird Yang Terkena Penyakit Lumpuh

Diposting pada

Sedikit berbagi pengetahuan dan info yang semoga bermanfaat untuk rekan rekan pencita burung sekalian. Tepatnya pada pertemuan ini akan saya kasih tahu kepada sobat sekalian bahanya penyakit lumpuh pada burung lovebird dan kalau sudah bicara tentang penyakit belum apdol jika tidak tahu obatnya, maka di sini akan sobat ketahui setelah membaca artikel ini cara membuat burung sembuh dari penyakit lumpuh.

lovebird-mengalami-kelumpuhan

Mengenali penyakit kelumpuhan kaki pada burung

Penyakit lumpuh pada burung Lovebird merupakan penyakit yang berbahaya ,karena tanpa penanganan yang sangat intensif burung lovebird yang terkena penyakit ini dapat meninggalkan majikanya /mati.

Dan sayangnya penyakit lumpuh ini tidak mempunyai ciri fisik tertentu sobat,tapi sobat sobat dapat mengetahui penyakit yang satu ini setelah si burung sudah terkena penyakitnya ,ciri burung yang terkena penyakit lumpuh ini adalah kaki burung yang menjadi kaku tan tidak bisa berdiri.

Penyakit lumpuh pada burung lovebird ini datang dengan tiba tiba sobat. waduhh sudah datangnya ga di ketahui tahu tahu burung jadi lumpuh ,siang hari masih berkicau ngekek ngekek tahu tahu nanti sore lumpuh atau kemaren masih brigas trus besoknya gak bisa berdiri,bila telat penangananya bisa mati.

lovebird-lumpuh

Hal ini pastinya membuat para pencinta burung lovebrid menjadi risau . Tapi sobat semua tidak perlu kawatir karena di Kicau Indah akan berbagi tipsnya kepada sobat semua tentang mengatasi Burung Lovebird Yang Terkena Penyakit Lumpuh atau kaki lemas.

Solusi mengatasi penyakit kaki burung lemas

Sobat dapat mengikuti langkah langkah penangananya seperti di bawah ini :

#1. Buatlah kotak kubus yang terbuat dari triplek berukulan sekitar 50 cm dengan tutup atasnya yang dapat sobat buat dengan strimin.

Baca selengkapnya :  4 Jenis Cacing Yang Membuat Burung Sakit Dan Cara Mengobatinya

#2. jangan lupa untuk memberikan lampunya untuk membuat burung merasa nyaman dan hangat

#3. setelah kandang burung siap sobat dapat memasukan burung ke dalam kandang / inkubator tersebut

#4. beri pakan burung cukup di sebar di dasar kandang ,karena burung ini akan terus berada dalam kandang ini hingga sembuh,tempat kubus inkubator ini merupakan tempat karantina untuk burung sobat.

#5. Hari pertama beri pakan jagung yang sudah di basahi dan hal ini di lakukan selama hari pertama – hari ke – 3.

#6. Nah di hari ke empat sobat dapat memberi cepuk air untuk burung sobat yang di inkubator.

#7. Setelah lebh dari 3 hari sobat tidak perlu menyalakan lampu di inkubator / kubus karantina di siang hari.

#8. berilah balsem pada kaki burung lovebird sobat.

#9. Berilah bird mineral di air minum burung, agar lebih segar dan tidak kekurangan cairan.

#10. Selalu teteskan obat dalam, BirdPro produknya om kicau langsung ke paruhnya maksimal 3 tetes sebagai pensuplai vitamin, antioksidan dan antibakterial yang mengandung antibiotik, agar dapat mempercepat pemulihan kondisi burung lovebird anda.

bird-pro

Namun obat alternatifnya dapat anda memberikan obat saraf kaki burung yaitu Anti Saraf adalah obat burung sakit tetelo,kejang2 ,lumpuh ,lemas kaki tdk bisa nangkring yg biasanya menyerang burung dgn tiba tiba.

cara pemakainnya: 2 X sehari @2 tetes = piyek ato burung kecil
2 X sehari @ 3 tetes =burung besar/dewasa

Pemberian dihentikan jika gangguan sarafnya sdh menghilang.
setelah pemberian obat ini sebaiknya burung di kerodong diberi lampu penghangat dan jgn dipegang ditaruh di tempat yg tenang.biasanya 30menit setelah pemberian ,burung sudah mulai ada reaksi sarafnya membaik.

anti-saraf

Obat ini sangat mujarab formula khusus yang diracik oleh dokter hewan resmi dan bagi para kicaumania anda wajib memiliki obat yg satu ini utk antisipasi jika burung kesayangan anda terserang sarafnya secara tiba2.

Baca selengkapnya :  Cara Menjaga Kesehatan Burung Pleci

Namun tidak hanya kelumpuhan yang dapat menyerang lovebird kesayangan anda, masih banyak jenis penyakit lovebird yang harus anda ketahaui, intinya anda sebagai majikan harus siaga dan selalu siap untuk mencari solusi yang tepat agar burung lovebird anda bisa kembali sehat dan gacor.

Nah itu saja tips yang dapat saya bagikan agar tidak salah dan telat dalam penanganan burung yang terkena penyakit lumpuh pada burung lovebird semoga bermanfaat.