Mengenal Jenis Burung Ciblek, Habitat, Harga, Suara

3 min read

burung-ciblek

Burung kicau yang merupakan salah satu jenis burung yang banyak dipelihara oleh penyuka burung kicauan. Burung yang memiliki nama latin Prinia Familiaris ini merupakan salah satu burung yang paling menonjol karena mempunyai tubuh yang imut dan juga gerakannya yang lincah.

Untuk itu, bagi anda yang ingin memelihara burung Ciblek ini maka anda pun perlu memahami terlebih dahulu apa saja jenis dari burung satu ini. Berikut simak ulasannya.

burung-ciblek

Berbagai Jenis Burung Kicau Dengan Jenis Ciblek Yang Perlu Anda Tahu


1. Ciblek Putih

Jenis burung satu ini memang memiliki warna yang didominasi oleh warna putih. Sehingga tak salah jika anda menyebut burung ini dengan nama Ciblek Putih. Salah satu burung dengan jenis Ciblek ini memiliki habiitat yang berada di wilayah Indonesia.

Burung ini pun memang secara keseluruhan mempunyai warna putih, dimana terlihat dari bawah paruh hingga bagian dada. Tak hanya itu, bagian perut hingga ekor pun juag didominasi dengan warna putih.

ciblek-putih

Burung Ciblek putih ini terbiasa hidup di daerah rawa rawa, kebun dan juga sawah sehingga dia pun juga bisa menciptakan sarang di padang ilalang dan juga tempat-tempat yang tidak bergitu tinggi.

Anda pun juga bisa menemukan burung ini berkeliaran di daerah sekitar pegunungan. Bagi anda yang ingin memelihara burung dengan jenis ini, maka anda pun bisa menyediakan makanan berupa capung, ulat, belalang hingga serangga serangga kecil lainnya.
Burung satu ini juga memiliki jenis suara yang jernih, sehingga anda dapat menjadikannya sebagai burung master atau burung yang nantinya suaranya dapat dibuat master agar burung lainnya menjadi gacor. Ketik berkicau, burung ini akan mengangkat ekor dan menunjukkan mental yang begitu kuat. Sehingga tak heran jika burung satu ini sangat cocok untuk anda jadikan sebagai salah satu burung untuk lomba.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Dan Jenis Burung Langka Yang Ada Di Dunia

2. Ciblek Kebun

Untuk burung Ciblek selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah Ciblek Kebun. Burung jenis ini memiliki ciri khas yakni nembak ngebren atau yang memiliki kicauan yang sangat keras.

Sehingga burung ini pun juga akan sangat cocok untuk anda jadikan sebagai burung masteran. Perawatan untuk burung satu ini pun juga bisa dikatakan tergolong mudah. Hal ini disebabkan karena Ciblek merupakan salah satu burung yang jinak.

ciblek-kebun

Sehingga anda pun nantinya dapat dengan mudah untuk memaster burung satu ini dengan burung yang lain, seperti Burung Kenari.

Habitat dan Kebiasaan

Daerah sawah, kebun, ladang, pinggiran hutan dan disekitar rumah penduduk. Di dataran rendah hingga pada ketinggian 1000m dpl sangat sering sekali dijumpai burung ciblek ini.

Musim berkembang biaknya tidak pasti, akan tetap pada umumnya mereka berkembang biak pada saat menjelang musim hujan dengan jumlah telur yang dihasilkan, antara 2 sampai dengan 3 butir.

Namun keunggulan dari burung mungil si kecil ini, saat berkicau akan mengangkat panta serta ekornya sehingga terlihat unik dan menarik. Bila telah memiliki suara kicau yang baik, bisa digunakan sebagai burung isian dan masteran untuk burung ocehan lainnya. Namun sisi kelemahan dari burung ini: mudah drop, dan rentan pada kematian jika tidak dirawat dengan sungguh-sungguh. Untuk budidaya ternak ciblek dan pengembangbiakannya masih tergolong sangat sulit.

Makanan Yang Dibutuhkan

Untuk anda yang menangkap burung ini dari hutan, maka anda pun harus terlebih dahulu memberikan suasana yang baru ketika berada di sekitar manusia. Sebelumnya, anda juga perlu membiasakan burung satu ini untuk terlebih dahulu mau memakan voer leopard untuk ciblek.

makanan burung ciblek ini sama seperti burung kicau pada umumnya, anda dapat memberikan pakan berupa serangga kecil seperti : jangkrik, kroto namun lebih baiknya anda harus selalu menyediakan UH (ulat hongkong) setiap harinya di wadah cepuk khusus di dalam sangkarnya.

Baca selengkapnya :  7 Jenis Makanan Terbaik Untuk Burung Kicau

Ciri Dan Fisik

Burung yang mempunyai daya jelajah yang tinggi ini memiliki fisik yang cenderung lebih kuat. Hal ini disebabkan burung tangkapan hutan ini telah terbiasa menjelajah dengan jauh sehingga tentu saja akan berbeda dengan burung yang terbiasa di dalam sangkar.

Sangat mudah untuk membedakan jenis kelamin dari Ciblek Kebun adalah warna pada bagian paruh dan ekor.

Untuk burung ciblek jantan, maka warnanya akan lebih hitam pekat sedangkan untuk burung ciblek betina memiliki warna putih bersih.

Berapa Harga Burung Ini ?.

Bagi anda yang tertarik untuk memelihara burung satu ini adalah dengan mengetahui terlebih dahulu harganya. Untuk harga burung ciblek, sendiri dalam ukuran burung kicau dapat dikatakan lumayan terjangkau yakni tidak mencapai 100 ribu rupiah. Namun berbeda dengan harga ciblek gacor yang berkisar 200-550 ribu.

Selain itu, burung yang dikenal memiliki nama burung Prenjak ini juga dapat dengan mudah anda jumpai di hampir semua pasar burung sehingga anda pun akan mudah untuk menemukannya.

Ciri Khas Suara Burung Ini

Siapa yang tidak kenal dengan suara yang sangat istemewa dari burung ini, walaupun postur tubuhnya kecil namun memiliki volume tembakan, speed dan durasi yang rapat yang dapat membuat terkesimak jika mendengarnya. Banyak para kalangan hobiis yang sangat menyukai burung ini.

Masih penasaran dengan kicauan merdunya, silahkan download suara burung ciblek gacor mp3 disini secara gratis.

suara burung ciblek pikat

Download link disini


ciblek gacor mp3 om kicau

Download link disini


suara ciblek gunung mp3 download

Download link disini


suara burung ciblek semi mp3

Download link disini

Tips merawat ciblek ; pelihara burung ciblek ini bersama dengan pasangannya dalam satu sangkar agar tetap rajin berkicau. Tempatkan pada sangkar yang luas. Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang burung ciblek yang kiranya dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda dalam dunia perburungan. Semoga bermanfaat. Salam kicau satu hobi.