Mengenal Jenis Burung Srigunting, Habitat, Makanan, Mitos

Diposting pada

Burung Srigunting merupakan salah satu jenis burung yang termasuk di dalam keluarga Dicruridae atau bisa diartikan sebagai burung pemakan serangga. Untuk di negara Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis dari burung satu ini dan tentunya mempunyai karakteristik masing-masing.

Untuk itu bagi anda yang penasaran, sebaiknya anda bisa menyimak ulasan mengenai keunikan burung jenis Srigunting berikut ini.

burung-srigunting

Sekilas Yang Perlu Anda Tahu Mengenai Srigunting


1. Mitos Yang Berkembang Di Masyarakat Mengenai Burung Dengan Jenis Srigunting

Sebagian dari masyarakat Indonesia, pastinya akan menyukai cerita yang berbau misteri atau mitos. Begitu pula dengan mitos yang berkembang jika anda memelihara burung dengan jenis ini.

Sebagian orang percaya mitos burung srigunting, jika Srigunting ini berkicau secara terus menerus menandakan bahwa pemilik dari burung satu ini akan segera meninggal. Akan tetapi hal ini hanya mitos belaka yang tentu saja bisa untuk tidak anda percaya.

2. Habitat Atau Daerah Persebaran

Untuk wilayah persebarannya di Indonesia sendiri, burung Srigunting ini merupakan jenis burung yang tidak akan anda jumpai pada wilayah atau kawasan sebelah timur Indonesia atau Garis Wallacea.

Sedangkan anda bisa menemukan burung satu ini di daerah Sumatera, yakni di sekitar Bukit Barisan ataupun Dataran Tinggi Batak. Selain itu, anda pun juga bisa menemukannya di sekitar Pulau Jawa tepatnya di bagian Barat.

bukit-barisan

Tak hanya itu saja, burung ini pun hidup di daerah sekitar hutan bakau atau mangrove. Pada umumnya, Srigunting juga hidup di wilayah rawa rawa, agroforestry hingga hutan dan perkebunan. Sehingga ketika anda sedang berada di hutan, maka anda pun akan lebih mudah untuk menjumpai hewan satu ini.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Lovebird Paskun Beserta Harganya

3. Karakteristik dari Burung Jenis Srigunting

Bagi pencinta burung, anda pun juga perlu untuk mengetahui bagaimana karakteristik dari burung jenis satu ini. Karakter utama yang terlihat dari burung ini yakni adalah jambulnya. Bagian jambul dari Srigunting merupakan perpanjangan dari bulu bulu pada bagian mahkotanya sendiri.

Untuk jambul ini, biasanya akan anda temui ketika burung ini telah mencapai usia yang dewasa, yakni ketika telah berkicau.

Selain itu, burung Srigunting ini mempunyai paruh yang berwarna hitam, iris mata yang berwarna merah dan juga kedua bagian kakinya mempunyai warna hitam. Burung ini juga lebih senang untuk hidup berpasangan atau hidup dengan kelompok kecil. Sehingga, jika burung ini sedang dalam satu kelompok maka anda pun akan sering mendengar burung ini saling bersahutan saat sedang berkicaunya burung yang satu ini hampir mirip dengan suara burung cucak keling.

Dan masih banyak jenis srigunting lainnya yang berada di indonesia seperti : srigunting batu, srigunting medan, srigunting gagak.

srigunting

4. Makanan Untuk Burung Jenis Srigunting

Apa makanan burung srigunting ?. Karena termasuk dalam keluarga burung pemakan serangga, maka Srigunting pun otomatis makanan utamanya adalah serangga. Terdapat berbagai jenis serangga yang pada umumnya menjadi makanan sehari hari.

Diantaranya seperti serangga kecil yang terdapat di sekitar pohon pohon di hutan. Selain itu, burung ini pun juga akan memakan hewan serangga lain seperti capung, belalang, rayap, kupu kupu ataupun kumbang.

burung srigunting kantil jantan pun juga akan sering bertengger di atas bambu untuk mencari mangsanya, yakni serangga. Hal ini dikarenakan makanan favorit dari burung satu ini adalah serangga capung yang sangat disukai oleh burung jenis ini. Untuk itu, jika anda ingin memelihara burung satu ini, maka anda pun harus tahu terlebih dahulu mengenai makanan yang dikonsumsi oleh burung ini.

Baca selengkapnya :  5 Jenis Makanan Burung Ciblek Agar Gacor Ngebren Siang Malam

Burung dengan Srigunting ini memang sebagian di pelihara oleh beberapa para pecinta burung. Hal ini dikarenakan burung satu ini memang terkenal dengan keunikannya. Tak hanya itu saja, bulu yang bagus dan berwarna hitam legam ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi penyuka burung satu ini.

Untuk anda yang ingin memiliki burung ini maka anda bisa merogoh kocek senilai 100 ribu hingga 550 ribu rupiah untuk harga yang paling mahal.