Cara Tepat Memilih Voer Murai Batu Yang Baik

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, Bagaimana kabar temen-temen kicau mania semuanya!. Semoga selalu diberikan kesehatan dan tetap semangat terus ya. Masih tetap bersama kami di situs resmi Kacer.Co.Id, dan kali ini saya ingin berbagi tips bagaimana caranya memilih pakan voer yang baik untuk burung murai batu kesayangan anda.

Ada banyak temen-temen kicau yang masih bingung dan bertanya untuk menggunakan voer yang bagus itu merk apa ?. Dan disini kita akan bahas tuntas tentang voer agar bisa menambah wawasan temen-temen semua baik yang pemula ataupun yang sudah lama bergelut di dunia kicau, yuk simak ulasasan selengkapnya dibawah ini :

Asupan pakan voer memang sangatlah baik dan dianjurkan untuk diberikan kepada setiap jenis burung apapun, khususnya untuk burung murai batu, terus ada juga yang berpendapat dari beberapa hobi kicau yang tidak mau memberikan voer pada burung murai batunya ?. Apa alasannya?. Menurut mereka takut merusak suara volume vokal kicauannya nantinya akan jelek, rusak dan serak !. Karena habitat burung ini di alam tidak makan voer!.. Dan mereka lebih memilih memberikan total EF kroto, ulat hongkong ataupun jangkrik yang diberikan setiap harinya atau bisa dibilang total Extra Fooding (tanpa pemberian pakan voer). Apakah ini bagus ?.

Nah apabila temen-temen punya asumsi seperti ini, haruslah dibuang jauh-jauh dan sudah salah kaprah (keluar jalur). Karena ini pendapat ini menurut saya salah dan harus saya luruskan. Jadi begini apabila kita mengembalikannya dan melihat kebiasaan siburung murai yang masih liar dihutan memanglah tidak memakan voer, akan tetapi jangan disamakan burung hutan dan burung rawatan yang dipelihara !.. (Ingat).

topsong

Karane pola perawatan yang diberikan oleh manusia, berbeda dengan karakter si burung ini jika masih liar yang bebas di hutan atau alam bebas, dan burung murai ini lebih mengerti dengan kondisi makanan apa saja dan insting dalam mencari makanan untuk bertahan hidup dengan keseimbangan asupan nutrisi dan protein yang dikonsumsinya. Jadi intinya agar burung rawatan lebih mudah dan sehat yang tercukupi vitamin dan mineralnya harus wajib diberikan pakan voer setiap harinya.

Baca selengkapnya :  Manfaat Umbaran Untuk Burung Murai Batu

Untuk masalah voer tersebut sebelum memberikan ke burung kesayangan, setidaknya kita sebagai pemilik harus mengetahui terlebih dahulu merk yang kira-kira aman untuk dikonsumsi dan dapat mencukupi semua kebutuhan siburung tersebut.

Mengenal bebera jenis voer yang ada dipasaran

Ada banyak sekali jenis voer untuk burung murai batu dari segala bentuk merk, seperti fancy gold, cirpy, topsong, AMS, Super FIT, nanjung 105, ronggolawe, insect blend voerzoo dan masih banyak lainnya. Dan apakah voer yang saya sebutkan ini jenis voer yang bagus ?.

Memang setiap dari masing-masing merk mempunyai harga yang berbeda-beda, ada yang murah, relatif sedang, dan ada juga yang mahal. Dan apakah yang harnya mahal bisa dikatakn baik dan bagus ?. Oh .. Tentunya tidak.

Voer kelas standar

Untuk jenis voer yang bisa dibilang atau dikategorikan standar biasa adalah voer yang memiliki kandungan protein, nutrisi dan vitaminnya tidak terlalu tinggi sedang saja berksar antara 16 – 18%.

Contoh kisaran persentase dari kandungan asupan gizinya dan untuk melihat spesifkasi voer standar temen-temen dapat melihatnya di balik kemasan dari masing-masing merk yang dapat dijadikan sebagai acuan. Untuk jenis voer yang standart seperti : Topsong, Fancy Gold dan Ronggolawe

Voer kelas tinggi

Bagi voer kelas tinggi, ya sudah pasti memiliki kandungan protein dengan persentase yang sangat tinggi!. Dan diatas rata-rata biasanya untuk harga model voer ini relatif mahal ya temen-temen. Akan tetapi apakah bagus untuk digunakan harian ?. Ataukah hanya untuk tujuan tertentu saja, seperti halnya ingin menggacorkan atau ingin mendongkrak emosi, birahi mental tempurnya ?. Dan apakah baik jika voer yang berprotein tinggi ini jika dikonsumsi harian ?.

Baca selengkapnya :  Rahasia Settingan Pakan EF Harian Murai Batu

insect-blend

Untuk voer kelas tinggi ini yang memiliki merk seperti : Insect Blend, Super FIT, Nanjung 105 dan masih banyak lainnya yang menjanjikan performa terbaik untuk kualitas yang dihasilkan jika mengkonsumsinya!. Apakah ini benar?.

Nah disini saya akan menjelaskan untuk temen-temen yang masih bingung dengan merk voer apa yang baik dan tepat untuk diberikan kepada burung gacoannya, intinya anda harus melihat terlebih dahulu kondisi si burung murai.

Saya tidak mengatakan voer kelas standar jauh lebih baik dari voer kelas tinggi, ataupun sebaliknya. Dan intinya semua tergantung dari pengetahuan anda dalam memilih voer yang tepat untuk dikonsumsi yang dikondisikan sesuai dengan kebutuhan tentunya.

Baca juga artikel terkait seputar burung murai batu :

Penanganan Yang Tepat Untuk Murai Batu Mabung Tidak Tuntas

Terapi Nol Settingan Untuk Kembalikan Performa MURAI BATU

Perawatan Khusus Untuk Murai Batu Yang Cuma Ngeriwik

super-fit

Contoh ; jika burung anda sudah gacor, dan diberikan voer yang kelas tinggi, serta ditambah Extra Fooding jangkrik pagi 5 + 5 sore, apa akibatnya ?. Nah.. Yang ada burung anda bisa terlampau over birahi / emosi yang berlebihan dan berakibat berdampak cabut bulu akhirnya. Dan apakah voer yang memiliki protein tinggi ini bisa dibilang jelek ?, tentu saja tidak.

Karena sudah jelas voer kelas tinggi ini biasanya sudah memberikan aba-aba atau cara pengonsumian yang benar di kemasannya, jika sudah menggunakan voer pakan ini, harus ada pengurangan pemberian EF lainnya atau bahkan di stop atau voer ini sebagai pengganti asupan EF asli bahkan ada yang seperti itu.

Nah disini kita bisa ambil pelajaran berharga tentang jenis Voer Murai Batu yang tepat kiranya yang pasti temen-temen lebih paham untuk merk tertentu yang patut dan layak diberikan kepada burung murai batu kesayangannya masing-masing. Semoga dapat bermanfaat.