Perawatan Khusus Untuk Murai Batu Yang Cuma Ngeriwik

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb. Gimana dulur kicau mania semuanya, apakah ada perubahan dengan burung-burung rawatan dirumah ?. Kali ini web Kacer.Co.Id kembali dan update informasi yang nyata dan sesuai pengalaman pribadi dan umum yang dilakukan para hobiis kicau lainnya.

Di pembahasan kali ini saya akan membahas rawatan lanjutan untuk Cara Mudah Merawat Burung Murai Batu Tangkapan Hutan atau bahan hutan yang dimana burungnya masih ngeriwik-ngeriwik aja setiap harinya dan belum mau gacor ngeplong ya.

Banyak sekali ya para pemula ataupun yang sudah pemain lama yang terkadang masih bingun cara menangani masalah dalam perawatan yang tepat untuk burung yang baru didapat tangkapan hutan yang masih muda yang sangat sulit untuk ditebak karakternya. Memang dalam merawatnya tidak jauh berbeda dengan pola perawatan burung murai pada umumnya, namun ada sedikit perbedaan yang harus dilakukan. Penasaran yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini tips merawat burung murai yang cuma ngeriwik saja setiap harinya :

Langkah-Langkah yang harus dilakukan


Terapi embun pagi

Namun anda bisa dilakukan pada waktu jam 5 pagi, yang pastinya setelah sholat subuh, dan penempatan yang baiknya untuk kandang saat mengembun burung tersebut letakkan di alam yang terbuka dan pas dengan sorotan matahari pagi yang baru muncul dan menyinari dan mengenai si burung murai tersebut.

burung-murai-hutan

Memang sangat berat untuk dilakukan bagi para hobiis yang sulit untuk bangun pagi, atau sering kesiangan bangunnya, jadi akhirnya tidak melakukan proses pengembunan. Dan mau tidak mau, siap untuk mencetak burung bagus, anda harus rela dan paksakan untuk belajar bangun pagi hari lalu embunkanlah burung kesayangan anda.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung LB Pasvio Beserta Harganya

Cara penjemuran yang tepat

Nah temen-temen ini juga bisa langsung menjemur burung ini selama 15 – 30 menit, apabila diperhatikan burung itu sudah kepanasan atau gelisah ya harus di pindahkan ke tempat yang sejuk dan di angin-anginkan, karena sifat dasarnya dari burung murai batu ini tidak terlalu begitu suka dengan panas atau penjemuran langsung sinar matahari yang terlalu berlebihan tentunya.

Nah ketika burung setelah dijemur, berikan extrafooding 10 jangkrik atau 5 yang dikombinasikan dengan kroto cukup satu sendok makan saja, karena sifat dari EF tersebut untuk menggacorkan burung.

Teknik pemandian dan kebersihan sangkar

Khususnya untuk pemandian yang dilakukan jangan sering atau setiap hari burung murai ini dimandikan, karena sifatnya ini untuk menggacorkan terlebih dahulu atau meningkatkan suhu tubuh agar birahi si burung meningkat dan mau berkicau terlebih dahulu. Namun ada bainya untuk pemandian cukup 3 hari sekali atau bisa juga 1 minggu sekali.

Namun kalau untuk kotoran yang ada disangkarnya kita harus sesering mungkin menjaga kebersihannya agar burung kita terhindar dari serangan virus atau parasit yang nantinya dapat menimbulkan masalah baru yang dapat mengganggu saluran pernafasan yang membuat serak volume burung nantinya.

burung-murai-bahan

Teknik menggunakan krodong

Karena sifatnya untuk terapi menggacorkan si burung murai ini, baiknya siang hari tidak perlu pengkrodongan, dan sangat baik ditempatkan ditempat yang agak bising dekatkanlah dari keramaian agar burung terbiasa dan mudah cepat beradaptasi.

Dan bisa juga didekatkan dengan suara gemericik air keran dekat kamar mandi, atau diperdengarkan Suara Burung Murai Batu mp3 atau burung ocehan lainnya, ataupun ditempel dengan burung masteran yang sudah gacor, yang dapat memancing si burung murai ini untuk merespon dengan karakter tempurnya. Akan tetapi hanya malam hari saja burung baru boleh di krodong untuk tetap tenang agar bisa beristirahat.

Baca selengkapnya :  Mengenal Burung Jalak Kebo, Habitat, Makanan, Suara Dan Harga

Pemberian Metabolis

Dan anda juga dapat memberikan metabolis, cuma disini saran saya dalam pemberiannya jangan sering, takutnya apa, nanti burung itu bisa ketagihan, jika tidak diberikan metabolis tidak mau bunyi kan repot jadinya.

Nah gimana caranya yang tepat dalam memberikan metabolis ini, biasanya untuk burung yang masih susah untuk berkicau dan ngeriwik saja, berikanlah tahap awal ini memang harus rutin setiap harinya sampai di hari ke 7 di stop dan perhatikan hasilnya dan amati apakah ada perubahan ?. Jika sudah ada perubahan yang baik stop pemberiannya, atau bisa cuma diberikan 2 minggu atau 1 bulan sekali saja untuk perawatan.

Atau juga anda bisa mengikuti dosis sesuai aturan pakai yang telah ditetapkan dikemasan merk masing-masing. Apabila burung sudah mulai berkicau, stop dan berhentikan pemberian metabolis ini.

Pemberian multivitamin

Dalam memberikan multivitamin yang sangat bagus dan pasti dibutuhkan oleh setiap jenis burung apapun, juga harus anda lakukan untuk memenuhi kelengkapan asupan nutrisinya dengan baik, agar tidak mudah terserang penyakit dari berbagai faktor kondisi yang buruk yang dapat burung itu bisa sakit.

Namun ada temen-temen kicau yang bertanya, vitamin apa yang baik untuk diberikan kepada burung gacoannya?. Saya menyarankan produk dari oriq jaya, ada yang namanya jahanam kicau, dan itu modelnya tetes yang dapat di campurkan pakan kroto ataupun di air minumnya.

jahanam-kicau

Dengan memberikan perawatan seperti yang telah kami jelaskan diatas, tidak hanya bagi para pemain burung lapangan saja, bahkan untuk penghobi rumahan yang tujuannya hanya ingin merawatnya sebagai gacor-gacoran dirumah tidak masalah untuk dijadikan sebagai acuan dan intinya harus diterapkan secara konsisten pastinya.

Baca juga artikel lainnya : Cara Melatih Mental Murai Batu Muda Hutan Auto Gacor

Dan semoga burung anda akan membalas budi dengan hasil upaya anda dalam memeliharanya dengan baik. Demikan informasi yang dapat kami sampaikan sekiranya dapat membantu teman-teman semua yang sedang mengalami masalah tentang murai batu yang hanya ngerewik saja setiap harinya. Semoga bermanfaat.