Cara Merawat Burung Red Siskin

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Semangat di akhir pekan ya, kembali lagi berjumpa dengan situs resmi Kacer.Co.Id yang selalu setia menemani anda, nah di kesempatan kali ini kami akan mengulas informasi seputar cara merawat burung red siskin ya, mungkin dari kalian ada yang sudah kenal belum nih dengan jenis burung finch yang mewah satu ini ya,

dengan penampilan dan ciri fisiknya semakin memesona memanjakan mata serta mentereng ngejreng nggak bosan-bosan kita sebagai hobiis kicau mania memandangnya ya temen-temen, jadi wajar saja jika harga burung red siskin saat ini sedang naik daun alias meroket gila-gila deh, cocok untuk penghobi kelas atas ataupun pembisnis kolektor burung yang memiliki modal kenceng ya hehehe.

Mengenal Burung Red Siskin Yang Mudah Untuk Dirawat


Perbedaan Jenis Red Siskin Jantan & Betina

Nah lalu bagaimana sih cara membedakan anakan red siskin jantan dan betina ? bagi orang awam sekalipun tentu sangat mudah ya, untuk dilihat dari ciri fisik terutama fokuskan pada warna bulunya jika burung red siskin yang sudah dewasa tentu akanlebih mendominasi warna merah dan hitam yang jauh lebih pekat, kontras jelas ya ketimbang si btina yang terlihat warna bulunya memudar.

Jadi jika temen-temen sedang mensurvei ke penangkaran burung red siskin dan ingin memilih si pejantan tangguh burung ini, tentu carilah warna bulu yang sudah dijelaskan tadi ya agar tidak salah pilih maksudnya.

campuran-pakan-red-siskin

Tips Rawatan Harian Burung Red Siskin

Apabila kalian sudah mengetahui jenis kelamin si jantan, dan memilih untuk dijadikan gacoran dirumah ataupun burung hias dan masteran tentu langkah yang selanjutnya adalah tahap perawatan setiap harinya harus tepat ya, walaupun tergolong mudah namun kita sebagai pemilik tidak boleh menggampangkan atau menyepelekan rawatan hariannya ya temen-temen.

Baik dari segi pemberian pakan, penjemuran ataupun pola mandi nya ya, untuk burung red siskin ini karena termasuk masih kategori jenis burung finch atau paruh bengkok pastinya memakan biji-bijian, kalian bisa memberikan pakan racikan yang kalian buat sendiri ya dengan mencampurkan bahan utamanya adalah biji niger seed, kenari seed ataupun milet yang di kombinasi dengan takaran 2 : 1 : 1

Namun bagi kalian yang tidak mau repot-repot membeli pakan kiloan dan mencampurkan ke 3 jenis biji tersebut, maka solusinya temen-temen bisa membeli pakan khusus yang sudah banyak dijual dipasarannya ya baik di online medsos ataupun di toko kios pakan burung terdekat ya.

Nah untuk makanan burung red siskin selain biji-bijian kalian bisa memberikan sayuran untuk burung red siskin seperti sawi hijau ya yg menjadi pakan EF tambahan favoritnya.

baca juga : makanan untuk burung red siskin

Nah untuk penjemuran wajib dilakukan setiap hari maksimal durasi jemur cukup 1 jam saja ya, jangan terlalu lama-lama menjemurnya karena burung ini tidak begitu tahan panas yang dikhawatirkan bisa dehidrasi dan sakit nantinya, untuk pemandiannya cukup kalian sediakan cepuk besar yang di isi air bersih, biarkan si burung ini mandiri (mandi sendiri) sesuka hati dan semaunya saja ya, jangan memaksakan untuk cara mandi dengan semprotan ya.

Untuk model kandang yang sesuai bagi burung red siskin ini kalian bisa menggunakan kandang besi seperti yang biasa dipakai burung lovebird ya, sangkar bulat dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kandangnya setiap hari agar si red siskin kesayangan kalian terbebas dari sarang penyakit.

red-siskin-trotol

Berapa Harga Burung Red Siskin ?

Nah untuk info yang lagi viral nih tentang harga burung red siskin itu sendiri, kira-kira berapa sih !.

Harga itu tergantung masing-masing jenis dan kualitas nya ya, untuk yang biasanya kalau yang normal itu yang biasa itu bisa mencapai kisaran antara 2,5 sampai 2,8 juta per ekornya ya,

akan tapi untuk kualitas yang bagus baik dari level variasi suara kicauannya dan memiliki bulu yang merahnya kepekatan atau dari segi fisik untuk kontes itu bisa sampai 3 juta sampai 3,5 jutaan ya, wow fantastis bukan !. Udah hampir setara harga anakan burung murai ya temen-temen hehehe Mantap.

Oke jadi bagaimana ?. Apakah kalian tertarik untuk mencoba membeli dan memelihara jenis burung red siskin ini ?. untuk dijadikan burung peliharaan dirumah !.

Demikianlah itu saja ya yang bisa kami share seputar cara merawat burung red siskin semoga kiranya bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi temen-temen kicau mania semuanya ya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri dan Jenis Lovebird Violet Beserta Harganya