Inilah Beberapa Hal Yang Dapat Membuat Burung Stres

Diposting pada

Halo sobat dimanapun anda berada, pada pertemuan kali ini kami akan shere dan berbagi pengalaman tentang Beberapa Hal yang kiranya akan membuat burung anda mudah stres. Tidak sedikit para hobiis kicau yang belum mengerti tentang hal ini. Jika kita sudah paham dan dapat mengetahuinya dengan baik kemauan dan keinginan si burung ini.. Maka akan memudahkan kita juga dalam perawatan, setingan dan lain-lain.

burung-stres

Nah sobat sebelum kita beranjak pada pokok pembahasan, ada baiknya kita mengenal lebih jauh tentang jenis burung kicau yang kita miliki.

Berikut kita simak ulasan singkat dibawah ini : ada beberapa faktor yang dapat membuat burung anda ketakutan dan mudah stres, biasanya di pengaruhi oleh beberapa hal antara lain: Faktor Lingkungan, Burung Baru, Pemeliharaan, Kesehatan.

Penyebab burung yang mengalami kondisi tekanan


Faktor lingkungan

Lingkunan adalah faktor no 1 yang perlu di perhatiakan kenapa demikian, karena segacor gacornya burung yang sobat plihara, bila lingkungan tempat sobat merawat burung tidak kondusif maka selesailah semua perjalanan sobat dalam memelihara burung, burung yang dulunya rajin berkicau bisa menjadi pendiam dan pemalu. Dikarenakan oleh lingkungan yang kurang baik.

Namun anda juga dapat menjauhi dari yang memelihara burung pemangsa seperti (elang) di sekitar rumah anda, Banyaknya parasit dan hewan-hewan predator yang lainnya seperti tikus, kucing dan lain lain.

Untuk memelihara dan merawat burung kicauan agar dapat gacor dan berkicau dengan baik, jauhi antara lain seperti di daerah yang padat penduduk, dekat pabrik (limbah) serta kebisingan dan suasana yang terlalu gaduh, karena dapat membuat burung menjadi tidak tenang dan nyaman.

Baca selengkapnya :  Tengkek Buto Guru Vokal Terbaik Untuk Masteran Burung Lovebird

Begini cara penanganannya : intinya anda harus dapat menjaga lingkungan disekitar anda yang memelihara burung kicauan ini, agar selalu dalam keadaan yang aman dan kondusif. Gantang burung ditempat yang sepi terlebih dahulu, sangkar di krodong dan diperdengarkan suara audio mp3 alam terapi air gemericik yang bertujuan untuk mengembalikan kondisi mentalnya agar cepat pulih.

Download link disini


Burung yang baru di dapat

Burung hutan yang baru di tangkap atau baru berpidah tangan akan memerlukan waktu untuk Beradaptasi yang cukup lama untuk proses pemulihan mental dan kondisinya.

Seperti manusia burung pun memerlukan waktu untuk beradaptasi bila tinggal di lingkungan hidup yang baru, bila sobat membeli burung yang sudah dipelihara dari orang lain proses adaptasi mungkin bisa lebih cepat jika dibandingkan dengan burung yang baru dapat dari alam liar / hasil tangkapan.

Cara penanganannya ; jangan tergesa-gesa ingin melanjutkan dalam tahap perawatan, hal yang terpenting adalah mengkondisikan burung agar beradaptasi terlebih dahulu, dengan cara mengkrodong sangkar dan di taruh / digantung di tampat yang sunyi selama beberapa hari sampai burung tersebut mau bunyi di dalam kondisi sangkar dikrodong.

Akan tetapi jangan sampai lupa untuk memantau makanan dan minuman yang harus selalu tersedia di dalam sangkarnya, agar burung tidak mati kelaparan. Untuk burung pemakan serangga seperti jenis kacer atau murai batu misalnya, anda harus memberikan pakan jangkrik dan kroto – EF (extra fooding) total dengan porsi 2 kali lipat.


Cara Pemeliharaan

Pemeliharaan yang buruk berpeangaruh besar tehadap reaksi atau tingkah laku (prilaku) burung kicauan, bila sobat memelihara dengan asal asalan dan tidak telaten, nantinya akan berdampak buruk yang dapat terjadi adalah drop mental burung tersebut.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Ciri Burung Pelikan Serta Habitat Aslinya

birdvit

Dengan kondisi burung yang sedang drop dalam kehari harinya cenderung menjadi burung pendiam jarang sekali berkicau, yang lebih ditakutinya lagi kurangnya nafsu makan yang akan mengakibatkan burung menjadi sakit dan dampak paling mengerikan adalah kematian burung.

Namun bagaimana solusi dan cara pemeliharaan burung yang baik dalam sehari-hari seperti ; memberikan pakan yang berkualitas, dan selalu segar (fresh), mandi, dan jemur, serta selalu menjaga kebersihan kandang setiap harinya.

ebodvit

Dan tidak lupa juga untuk memberikan asupan yang bervariasi serta tambahan multivitamin seperti birdvit dan vitamin burung ebod vit dengan dosis yang dianjurkan.


Kesehatan

Kesehatan ini juga ada hubungan dengan pemeliharaan,meskipun begitu burung yang kesehatanya terganggu akan menjadi burung pendiam, hal ini dapat terjadi apabila terjadi wabah penyakit yang bisa menyebabkan kematian pada burung anda.

Penyakit di sini ada banyak sekali jenisnya yang sering dijumpai oleh para kicau mania, yang berpengalaman dalam hal memelihara burung kesayangannya. hanya menggutip bagian inti saja ,so sobat bila sobat ingin burung tidak stres ada baiknya harus selalu menjaga kesehatan dan kondisi fisik burung anda. Bagaimana caranya ?. Semua dikembalikan lagi kepada pola rawatan / cara pemeliharaan yang baik dan benar tentunya.

Dan solusinya jika pada kesehatan burung terganggu akibat beberapa faktor diatas yang telah sebutkan, maka ada baiknya berikan obat stres dan vitamin burung metabolisme agar merangsang burung agar bisa kembali berkicau, untuk mencari obat ini sangat mudah dicari dan didapatkan dikios burung terdekat.

metabolis

Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang Beberapa Hal Yang Membuat Burung Stres, semoga bermanfaat dan jangan lupa pantengin blog kacer.co.id – karena di sini setiap harinya akan selalu membagi ilmu cara merawat burung, budidaya, tips dan masih banyak lainnya.