Penanganan Yang Tepat Untuk Murai Batu Mabung Tidak Tuntas

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, apa kabar sobat kicau mania semuanya!. Semoga selalu sehat-sehat dan semangat terus menjalani aktifitas dalam merawat burung kicauan kesayangannya ya.. Okeh. Masih bersama kami di situs resmi Kacer.Co.Id, kali ini saya ingin berbagi tips cara mudah menangani burung yang sedang mabung, baik itu dalam penanganan mabung yang salah tadinya atau mentas dan tidak tuntas pada proses mabung murai batu anda.

Namun pada artikel sebelumnya saya juga pernah membahas Perawatan Yang Tepat Untuk Murai Batu Mabung (Molting), akan tetapi dari beberapa pertanyaan temen-temen yang lainnya ada yang masih bingung cara mengatasi burung murai yang gagal mabung atau tidak tuntas. Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Menganalisa burung murai menjelang mabung

Burung yang mabung perawatannya seperti apa sih ?. Jadi begini burung yang sedang mengalami atau melewati masa mabungnya tentunya butuh ketenangan jadi cara mudah untuk menganalisa siburung ini ingin mabung atau tidaknya, temen-temen bisa melihat kondisi bulu pada lingkar mata diatas alisnya itu yang agak botak dan kusam, ya memang secara langsung apabila burung ingin mabung juga bisa dilihat bulu-bulu sayap atau ekornya tampak jelek.

murai-menjelang-mabung

Bukan berarti bulu yang terlihat jelek itu pasti akan rontok bulu, belum tentu!. Banyak faktor yang membuat bulu burung murai terlihat rusak / jelek ya mungkin akibat dari penjemuran yang terlalu lama, namun bisa juga akibat burung sehabis mandi langsung dijemur dipanas matahari tanpa langsung dikeringkan terlebih dahulu itu juga bisa jadi salah satu faktor penyebabnya.

Bisa juga dari kotoran yang ada di dalam sangkar temen-temen kurang rajin untuk membersihkannya itu juga bisa jadi, kebanyakan bulu ekor yang sering rusak dikarenakan terkena kotoran burung itu sendiri.

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Burung Kolibri Terupdate Mei 2020

Perlakuan yang tepat ketika burung murai mabung

Lalu apa penanganannya untuk burung yang sedang rontok bulu!. Jadi disini yang jelas burung itu butuh ketenangan dan jangan terusik dan terganggu baik itu dari faktor lingkungan, hewan predator yang dapat membahayakan dan mengganggu proses rontok bulu tersebut. Jadi intinya kondisikanlah burung murai batu anda di tempat yang nyaman, sepi, tenang , jauhkan terlebih dahulu dari burung ocehan lainnya yang gacor yang dapat memancing suara aktifitas burung murai tersebut.

Terus apa masalah yang ditimbulkan apabila burung yang sedang mabung itu terganggu / sering diganggu?. Ini pada umumnya, maka burung akan berhenti mabung dikarenakan stress dan bisa menurunnya penampilan kicauan, baik itu mental, dan suara yang membuat masalah besar bagi temen-temen burungnya tidak bisa tampil TOP perform nantinya, yang menyebabkan burung ini tidak total mabung (mentas).

Langkah yang tepat dan melakukan perwatan murai saat mabung adalah stop pemberian EF baik itu jangkrik, kroto ataupun UH, dan hanya diberikan pakan voer harian saja. Dalam Membersihkan kotoran cukup 2 sampai 3 hari saja yang dibarengi biasanya juga saya barengi sambil mengecek dan memberikan pakan dan minumnya. Serta sangkar burung wajib FULL dikerodong setiap harinya.

burung-murai-kondisi-mabung

Dan ada beberapa temen-temen yang mengalami masalah mabung pada burungnya yang bertanya, burung sudah jelek bulunya terlihat kusam, akan tetapi bulu-bulu lainnya sangat sekali lama rontoknya / tidak rontok – rontok atau istilah mabung kering dan mabung yag macet, ini bisa disebabkan karena apa ?.

Mungkin setingan yang temen-temen berikan kepada burung murainya masih setingan lomba, dan anda masih mengupayakan burungnya untuk dilombakan ini juga bisa penyebabnya, namun ada juga yang berbeda karakter dari setiap jenis burung tersebut, memang ada yang di seting menggunakan porsi EF yang intinya untuk mendongkrak lomba terlebih dahulu, kemudian burung dilombakan dengan kondisi yang tidak dimungkinkan dengan harapan seteleh pulang dari lomba tersebut akan kita dropkan porsi pakan EF nya yang nantinya burung akan kaget dan akhirnya proses rontok bulu akan berlangsung dengan lancar, ini memang juga ada dari beberapa temen-temen kicau lainnya yang menggunakan cara ini.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Tengkek Udang (Makanan, Harga dan Suara)

Namun jika masih sangat sulit untuk rontok bulu, temen-temen juga bisa memberikannya dengan aroma-aroma yang sangat menyengat pada sangkarnya, yaitu dengan menggunakan potongan daun pandan yang wangi, letakan didasar sangkarnya dan kemudian kembali dikerodong, cara ini juga sangat ampuh untuk digunakan.

Demikian informasi yang dapat kemi berikan tentang murai batu mabung tidak tuntas yang kiranya dapat bermanfaat bagi temen-temen. Terima kasih. Semangat selalu.