Terapi Nol Settingan Untuk Kembalikan Performa MURAI BATU

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, selamat datang kembali di situs resmi Kacer.Co.Id yang selalu konsisten dalam memberikan informasi burung kicau terupdate untuk temen-temen penghobi burung semuanya.

Kali ini saya ingin membahas tentang bagaimana caranya kembalikan performa burung kita dengan menggunakan setingan dari 0 kembali !. Penasaran simak sampai habis artikel yang kami sajikan dibawah ini :

Analisa masalah yang dihadapi

Kondisi burung apabila sedang mengalami masa mabung (rontok bulu) adalah sesuatu yang sangat krusial ya tentunya, karena disaat-saat mabung itulah kita itu bisa rasakan seperti mana itu kita mempunyai burung baru yang pasti dengan semangat baru, dengan lagu isian-isian materi yang baru mungkin ya karena kita pasti memasterkan burung murai kita saat mabung dan sesuatu hal yang barulah intinya itu.

Maka penanganan pada saat burung yang sedang mabung ini kita harus benar-benar intensif, karena bagus atau tidaknya khususnya untuk burung murai batu tentunya apabila dia bermasalah cara menyelesaikan masalahnya itu adalah ketika saat burung itu mengalami masa mabungnya.

Nah pertanyaan disini ? apakah bisa burung murai yang sedang masa produktif atau sudah tidak mabung mungkin juga setelah baru beres mabung yang dimana waktu masih sehat-sehatnya tapi kok kenapa burung ini ada perubahan seperti over emosi atau birahi yang berlebih gitu!.

masalah-murai-batu

Dan disini entah secara kebetulan atau tidaknya, ada beberapa temen-temen yang mengeluh tentang masalah murai batunya dikarenan karena memakai voer yang berprotein tinggi. Yang dimana tadinya dia yang memakai voer-voer biasa, namun ketika menggantikan pakannya dengan merk voer yang lebih mahal serta yang memiliki kandungan protein yang tinggi yang beredar dipasaran itu kok jadi berbeda dan burung rawatannya menjadi terlalu over birahi katanya.

Baca selengkapnya :  Inilah Rahasia Makanan Terbaik Untuk Burung Kacer Juara

Murai batu mengalami over emosi

Ekspresi yang ditunjukan kepada burung yang over emosi, biasanya sih burung itu terlalu agresif, mainnya ngemban terus main di ring jeruji mental kesangkar, ngelantai, yang biasanya burung ini main di tangkringan biasanya terlalu neken dan akhirnya tidak bisa mengeluarkan irama materi yang baik, dan biasanya juga burung itu membawakan lagunya patah-patah itulah yang disebutkan over emosi.

Murai batu mengalami over birahi

Berbeda dengan ciri dan kondisi dengan burung yang over birahi. Biasanya itu burung itu seperti burungnya ngeplay tapi nggak ada suara, hanya lirih dan terlalu terlihat giras tentunya.

Cara mengatasi burung murai yang bermasalah

Nah kita kembali kepermasalahnya. Terus bagaimana caranya menyelesaikan masalah ini, temen-temen harus merawatnya dengan mengembalikan setelen / settingan awal dari 0 ketika burung itu saat mabung. Apa itu nol setingan ?.

terapi-nol-setingan-murai-batu

Tapi temen-temen juga harus ingat dan pastikan sebelum melakukan tahapan ini burung diwajibkan harus suka dan lahap terlebih dahulu memakan voer. Tentunya yang beredar dipasaran yang diman khusus untuk voer burung, total ngevour judulnya dan wadah cepuk untuk EF kita cabut, jangan diberikan jangkrik, kroto, ulat hongkong atau Extra Fooding sejenis lainnya dulu, Harapannya apa ?.

Tujuannya untuk menurunkan birahi burung itu terlebih dahulu. Lakukan terapi dengan memberikan total voer yang disukai oleh si burung tersebut selama 2 minggu. Untuk mandi dan jemur pada rawatannya harus sama anda berikan sesuai diamana burung tersebut ketika melewati masa mabungnya.

Intinya terlihat seperti natural tanpa adanya setingan dari EF apapun yang diberikan dengan pola rawatan harian yang diberikan dengan baik gitu ya. Setelah melewati masa puasa EF dua minggu baru boleh temen-temen mulai memberikan EF lagi dengan jumlah porsi yang normal sekitar pagi 3 dan sore 3 atau 5 – 5, atau juga untuk pakan kroto 1 minggu 2 kali saja senin dan kamis.

Baca selengkapnya :  Cara Mengatasi Masalah Burung Murai Batu Cabut Bulu

Mulai Dari situ baru boleh memberikan ritme pemandian dan penjemuran burung secara konsisten rutin seperti mana kita seting dia. Dan rawatlah setiap hari dengan setingan yang sama dan anda bisa melihat hasilnya di 3 minggu kedepan, dan boleh anda tes di adu / ditren dengan murai batu lainnya dan disini anda akan melihat apakah ada perubahan normal dan burung akan tampil dengan performa yang sangat baik tentunya.

Semuanya dikembalikan lagi kepada anda sang pemilik rawatan yang memelihara burung kesayangannya agar mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan. Demikian informasi yang dapat kami berikan sesuai pengalaman untuk mengembalikan nol setingan agar performa burung murai kembali maksimal. Semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya :

Perawatan Khusus Untuk Murai Batu Yang Cuma Ngeriwik

Dampak Buruk Menggunakan Doping Untuk Murai Batu

Manfaat Umbaran Untuk Burung Murai Batu