Manfaat Umbaran Untuk Burung Murai Batu

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, bagaimana sobat kicau semua, semoga selalu diberikan kesehatan dan semangat yang luar biasa ya dalam menjalani aktifitas rutin dalam merawat burung kesayangannya, oke pada artikel kali ini saya akan membahas seberapa penting kah !.. Pengumbaran untuk burung murai batu ?.

Oke dalam mengumbar burung istilah yang sering dikenal sebagai kandang kepar merupakan suatu kegiatan yang memiliki manfaat, akan tetapi bukan berarti sesuatu yang harus dan wajib untuk dilakukan dalam proses umbaran murai batu.

Karena banyak juga burung yang tidak melakukan umbaran memang sudah memiliki performa yang sudah baik juga ada. Jadi saya katakan disini bahwa umbaran merupakan kebutuhan dan keperluan bagi si burung tersebut, boleh dilakukan dan boleh juga tidak, asalkan jangan terlalu memaksakan kehendak tentunya.

Bagi para pemain burung kicau pastinya tidak asing lagi dan sudah banyak yang mengetahui dan merasakan manfaat dari mengumbar burung jagoannya agar dapat tampil lebih maksimal, yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Fungsi dan tujuan kandang kepar untuk burung murai kontes


Sebagai alat ukur dan analisa performa

Setidaknya kita dapat mengukur kualitas dan kemampuan burung kita terlebih dahulu, apabila kita mau mencetak burung murai yang dapat tampil dengan baik dan konsisten dilapangan dari beberapa sesi penampilan yang dihasilkan sesuai dengan rawatan setingan menggunakan umbaran yang kita latih selama ini.

burung-murai

Kita paling tidak punya ukuran, oh burung saya ini sepertinya prospek dan bisa lebih ditingkatkan level durasi kerja dengan stamina yang dimiliki sesuai kebutuhan saat di adu digantangan intinya, baik itu kelas latber maupun kontes besar sekalipun.

Baca selengkapnya :  Makanan Lovebird Biar Gacor Dan Ngekek Panjang

Dapat mengatasi berbagai masalah

Banyak sekali para sobat kicau yang mengeluh dalam menghadapi permasalah yang timbul dan sedang dihadapi, dan paling tidak burung itu sudah berprestasi lah. Atau yang tadinya burung berprestasi, mempunyai masalah.

Contohnya seperti ini, burung tadinya kerjanya enak.. Entah kenapa penampilan performanya menurun dan bahkan ada yang hilang dan kurang bergairah, kehilangan semangat tempurnya. Yang tadinya di sesi A bagus, kemudian di sesi B kendor, down atau menurunnya penampilan bahkan ada yang tidak mau kerja sama sekali, mungkin ada kendala di fisik.

Logikanya untuk umbaran ini merupakan pemberian pelatihan fisik, power yang permanen yang nantinya akan dirasakan manfaatnya yang luar biasa. Tahapan yang dilakukan dalam proses pengumbaran yang diberikan sesuai kebutuhan dan seperlunya.

kandang-umbaran

Baca juga artikel terkait seputar tips perawatan burung murai :

Kalau memang burung itu bermasalah, baru kita lakukan tindakan, atau mungkin ada juga burung yang tadinya berprestasi dikarenakan terlalu jinak, karena faktor ini yang terkadang menimbulkan masalah. Karena kebanyakan burung jinak ini dapat menyebabkan burung saat ditrek ngelowo, nah pengumbaran ini yang dapat menjadi obatnya, yang dimana burung itu harus di umbar dan tidak terlalu jinak lagi.

Dan juga masalah yang dihadapi dari murai yang masih trotolan yang mau jinak, juga sangat bagus dimasukan ke dalam kandang umbaran dengan tahapan pelatihan dari anakan juga sangat dianjurkan. Hal yang tidak disarankan adalah burung yang sudah giras, kemudian anda berikan pengumbaran, yang nantinya akan berdampak buruk bagi si burung akan bertambah giras dan stres.

Dan juga ada beberapa penilaian dari temen-temen juga banyak yang mengatakan seolah-olah umbaran itu sangat penting, tapi menurut saya umbaran itu adalah suatu keperluan bukan kebutuhan !.

Dari informasi yang sangat sederhana ini setidaknya khusus bagi temen-temen yang masih pemula ataupun yang sudah senior sekalipun, semua ini dapat menjadikan sebagai acuan, selagi tidak terlalu berlebihan dan masih pada hal wajar dan umum yang dapat dikaji dengan bijak. Semoga dapat bermanfaat.