Ciri Ciri Murai Batu Medan Asli Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Diposting pada

Murai Batu adalah salah satu jenis burung kicau, yang memiliki suara merdu. Tak heran jika burung jenis ini sering menjadi pilihan para pecinta burung kicau. Tidak hanya suaranya saja, Murai Batu pun terkenal dengan pesona dari fisiknya yang cantik.

Murai Batu sendiri memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah burung Murai Batu Medan. Lantas, apa saja ciri khas yang membedakan burung khas Medan dengan yang lain ?.

murai-batu-medan

Ciri Murai Batu Khas Medan


1. Postur Tubuh

Ketika mengenali Murai Batu asal Medan, sudah pasti anda perlu mengetahui postur tubuhnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui ciri yang paling mudah dilihat oleh mata ini, tentu membedakan Murai Batu khas Medan dengan Murai Batu lainnya menjadi lebih mudah.

Murai Batu khas Medan memiliki postur tubuh yang terbilang lebih besar, jika dibandingkan dengan Murai Batu lainnya. Murai khas Medan ini memiliki ekor yang panjang, sekitar 20 hingga 25 centi. Secara keseluruhan, Murai Batu khas Medan memiliki bentuk tubuh yang terlihat gagah, sehingga membuat suara kicauannya pun menjadi lebih berkualitas.

2. Bentuk Ekor

Ketika membeli burung murai Medan, anda perlu memperhatikan bagian ekornya. Jika perlu, perhatikan dengan jeli untuk mendapatkan Murai Batu khas Medan yang berkualitas. Hal ini karena Murai Batu khas Medan sangat khas dengan ekornya yang panjang, serta bagaimana ekor tersebut bergerak.

Murai Batu yang berkualitas adalah, mereka yang dapat mengangkat ekor hingga ujung kepala. Jika anda melihat burung khas Medan ini mampu menyentuh bagian kepala, bisa dikatakan burung Murai Batu khas Medan ini berkualitas. Hal ini pula yang dapat membantu anda dalam membedakan Murai Batu khas Medan dengan yang lainnya, dengan lebih cepat.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Kenari F1 Yang Memiliki Kualitas Terbaik

3. Suara Murai Batu khas Medan

Ciri selanjutnya tentu dilihat dari bentuk atau bunyi kicauannya. Jenis kicauan yang dikeluarkan oleh Murai Batu khas Medan, cukup terkenal karena intonasinya yang jelas dan keras. Suara yang lantang inilah, yang membuat nilai jual dari Murai Batu menjadi sangat tinggi. Semakin jernih dan nyaring, semakin mahal pula harganya.

Murai Batu khas Medan ini dapat mengeluarkan kicau burung murai batu dalam berbagai variasi unik. Bahkan, burung ini pun dapat mengeluarkan suara secara berulang terus menerus. Kemampuannya ini lah, yang membuat Murai Batu khas Medan selalu dipilih untuk menjadi masteran dan diikutkan perlombaan.

Penasaran dengan ciri khas suaranya ?. Berikut kami sediakan download mp3 gratis suara murai batu medan

kicau murai batu medan mp3

Download link disini


suara burung murai terbaik

Download link disini


suara burung murai betina

Download link disini

4. Khas Bulu Hitam Berkilau

Ciri Murai Batu khas Medan yang dicari orang adalah, warna hitam yang berkilau. Mungkin ada begitu banyak jenis burung yang berwarna hitam, namun Murai Batu khas Medan ini lebih menonjol dengan warna hitam legam yang berkilau. Murai Batu khas Medan pun memiliki tambahan warna, yaitu kombinasi cokelat tua dan hitam yang semakin mempercantik penampilannya.

burung-murai

Ketika Murai Batu berada di bawah sinar matahari, maka bulunya seolah akan mengkilat dan menghasilkan efek warna kebiru-biruan. Ciri seperti inilah yang menjadi daya tarik dari Murai Batu khas Medan, dan tentunya memanjakan mata kita. Untuk mendapatkan bulu yang berkualitas tersebut, tentu harus diimbangi dengan perawatan yang intensif.

Bagi pecinta burung di Indonesia, tentu sudah tidak asing dengan Murai Batu. Dari banyaknya jenis Murai Batu yang tersebar di Tanah Air, jenis khas Medan adalah salah satunya. Murai Batu khas Medan memang cukup menarik, dengan suaranya yang lantang dan nyaring serta pesona posturnya yang lebih gagah daripada Murai lainnya.

Baca selengkapnya :  Cara Melatih Mental Murai Batu Muda Hutan Auto Gacor

harga murai medan asli tergolong cukup mahal, untuk jenis burung yang sudah dewasa hutan sekitar 1,4 – 2,3 juta. Dan untuk yang masih trotolan jantan hasil tangkaran sekitar 2,2 – 3 jutaan. Namun sudah pasti berbeda dengan harga murai yang sudah dipelihara oleh para hobiis kicau mania dan apalagi sudah sering dilatih mentalnya dilapangan serta meraih banyak prestasi juara lomba, pastinya akan lebih mewah lagi untuk bajet harga dari burung tersebut.

Demikian Penjelasan singkat yang dapat kami berikan seputar Murai Batu Medan. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.