Mengenal Murai Batu Aceh, Ciri, Pola Ekor, Harga

Diposting pada

Ada begitu banyak macam burung Murai Batu, salah satunya adalah khas Aceh. Mungkin beberapa orang masih kebingungan, untuk membedakan Murai khas Aceh dengan Murai lainnya.

Padahal setiap Murai Batu tentu memiliki ciri tersendiri, yang sangat mudah untuk dibedakan. Untuk lebih paham membedakan Murai Batu Aceh dengan Murai lainnya, yuk simak ulasannya berikut.

Ciri Murai Batu khas Aceh yang Mempesona

1. Postur Badan

Ketika ingin membedakan Murai khas Aceh dengan yang lainnya, anda dapat langsung melihatnya melalui postur tubuh dari sang burung. Postur tubuh adalah salah satu hal utama, yang mudah terlihat oleh mata. Maka dari itu, dengan mengetahui ciri khas postur tubuh Murai khas Aceh anda dapat membedakannya secara cepat.

Postur tubuh dari Murai Batu khas Aceh relatif lebih kecil, jika dibandingkan dengan Murai lainnya. Jika Murai asal Medan memiliki postur yang gagah, maka Murai Batu asal Aceh lebih seperti botol yang sedikit lonjong. Meskipun memiliki badan relatif kecil, namun daya kicau dari Murai Batu khas Aceh ini cukup bagis dan lantang.

2. Pola Ekor

Hal kedua yang mudah untuk melihat ciri khas Murai Batu Aceh adalah, dengan melihat bentuk atau pola pada ekornya. Umumnya, ekor Murai khas Aceh memiliki ukuran sekitar 20 hingga 30 centimeter saja. Tentu ukuran ini kalah jauh dari Murai Batu khas Medan, yang berkisar sekitar 26 atau bahkan 30 cm.

jenis-pola-ekor-murai-batu

Pendeknya ekor yang dimiliki oleh Murai Batu khas Aceh, sangat seimbang dengan bentuk badannya. Murai khas Aceh inipun memiliki bentuk badan secara keseluruhan, serta mental yang tangguh dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan. Ciri seperti inilah, yang juga memudahkan pemiliknya ketika harus membawa Murai khas Aceh ke berbagai tempat.

Baca selengkapnya :  Inilah Rahasia Perawatan Cucak Jenggot Agar Cepat Gacor

pola-ekor-murai-batu-aceh

3. Suara Kicauan

Ciri yang selanjutnya, tentu saja dari segi kicauan. Murai Batu memang terkenal dengan suara kicauanya yang sangat lantang, sehingga sering digunakan untuk burung master atau ikut perlombaan burung kicau. Ukuran tubuh dari burung Murai khas Aceh ini, tidak menutup kemampuannya dalam berkicau.

Murai khas Aceh ini memiliki suara yang tergolong unik, bahkan memiliki begitu banyak varian suara. Kicauannya cukup lantang, panjang, serta diimbangi dengan suara ngeroll. Jika dilakukan pemasteran yang cukup, maka sudah pasti suara kicau dari Murai khas Aceh ini tidak akan kalah dalam perlombaan.

Suara Burung Murai Batu Aceh Variasi Lengkap

Download link disini

Suara Jernih murai aceh gacor speed rapat

Download link disini

Suara Tembakan murai aceh gacor dor

Download link disini

4. Harga

Jika dipasaran, harga dari Murai Batu khas Aceh ini terbilang cukup tinggi. Harganya bahkan cukup sama jika dibandingkan dengan Murai Batu khas Medan, hal ini karena tingginya harga ditentukan dari kemampuan dan kualitas kicaunya. Jika melihat daktor tersebut, bisa dikatakan kicauan Murai Batu khas Aceh ini sangat berkualitas.

Untuk Murai Batu khas Aceh yang diternakkan, tentu memiliki harga berbeda dengan Murai Batu hasil tangkapan liar. Namun patokan harga yang diberikan adalah sama, semakin bagus kicauannya semakin mahal pula harga yang harus dikeluarkan. Tentu saja, suara dari Murai khas Aceh ini akan semakin bagus dengan perawatan yang baik dan intensif.

Indonesia memang menjadi salah satu daerah, yang memiliki pecinta burung kicau cukup banyak. Dari banyaknya jenis burung kicau, Murai Batu khas Aceh adalah salah satu pilihannya.

Meskipun bertubuh kecil, namun suara yang dikeluarkan tetaplah lantang dan sangat cocok untuk ikut dalam perlombaan. Berikan perawatan yang baik, untuk menjaga kualitas dari kicauan burung Murai Batu khas Aceh.