Cara Membedakan Ciblek Jantan Dan Betina

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Apa kabar teman-teman kicau kacer.co.id oke disini kami akan sedikit membahas bagaimana caranya membedakan ciblek anakan jantan dan betina

Banyak pertanyaan masuk yg nge DM di grup ya, jadi dari temen-temen kicau mania khususnya para pencinta burung ciblek yang masih pemula ini ada yang menanyakan dan masih kebingungan ini cara mengetahui jenis ciblek yang jantan maupun yg betinanya terlebih jika kondisinya masih bahan atau anakan ya.

Oke teman-teman Jadi sebenarnya dalam hal membedakan ciblek jantan dan betina anakan adalah susah-susah gampang ya temen-temen, yang dimaksudkan kedalam kategori gampang ini tentu bagi orang-orang yang sudah memahaminya dan orang-orang yang sudah berpengalaman atau senior tentu tidaklah susah untuk membedakan ciblek jantan dan betina walaupun masih trotol masih anakan

Tapi bagi orang-orang yang pemula yang belum memahami burung tersebut maka tidaklah mudah untuk membedakan jantan dan betinanya apalagi masih anakan Oke teman-teman menjadi cara membedakan ciblek jantan dan betina Perhatikan gambar ini :

ciblek-anakan-jantan

Ciri Ciblek Muda Jantan Dan Betina


Analisa Bagian Bawah Paruh

Sebenarnya banyak para Kicaumania yang membedakan burung ciblek jantan dan betina anakan melihat dari hitam dibawah paruh yang seperti ini nah sebenarnya ketika kita membedakan dari sini tidaklah akurat.

cara-membedakan ciblek jantandan-betina-muda

Buat hitam di bawah paruh jantan dan betina dua-duanya memiliki warna hitam ketika masih trotol akan tetapi masih belum merata atau terlalu mendominasi ya temen-temen

karena hitam seperti ini ketika burung tersebut tumbuh dewasa lama-lama akan menghilang walaupun jantan ataupun betina nah ketika burungnya jantan maka akan keluar lagi warna hitam dari sini

Baca selengkapnya :  Cara Mencetak Kenari Panda

ciblek

Dan jika semakin dewasa atau usia nya bertambah maka warna hitamnya akan semakin pekat sampai tembus ke ujung paruh, jadi total rata pada bagian bawah paruhnya menjadi hitam pekat nantinya.

Analisa Bagian Mata

Sedangkan kalau buat yang betina warnanya akan berubah semakin memutih Jadi bagaimana cara membedakan nya jantan betina kalau bukan dari bawah paruh ini Oke ini dia. Perhatikan gambar ciblek jantan dan betina :

Oke yang kalian perhatikan disini untuk yg pertama pada bagian mata nah buat yang jantan matanya cenderung lebih keluar lebih menonjol sedangkan buat yang betina matanya lebih rata dengan bulu kelopak di area pupil matanya ya.

Dan perhatikan lagi baik-baik buat diatas mata yang betina memiliki alis warna putih yang sangat tebal sedangkan buat yang jantan tidak memiliki alis sama sekali.

baca juga : cara mencetak burung ciblek yang berkualitas

Analisa Bagian Pola Ekor

Dan selanjutnya bisa dilihat bagian ekor dari burung ciblek jantan dan betina nya,

Perhatikan untuk bentuk ciri ekor burung ciblek betina itu cenderung lebih menumpuk tapi justru ketika kondisinya ketakutan atau merasa terancam maka akan melebar selebar-lebarnya seperti kipas

nah sedangkan buat yang jantan ekornya lebih menumpuk dan memiliki ekor jago di ujung dan di sisi kanan dan kirnya seperti totolan atau ekor paling panjang yang paling atas dan tidak sama dengan yang betina buat yang betina tidak memiliki ekor paling jantan semuanya hampir cenderung sama.

ekor-ciblek-jantan

ekor-ciblek-betinaItulah bebrapa ciri ciri burung ciblek yang sudah tua ataupun yang masih trotolan bahan muda ya temen-temen. Yang terakhir yang paling akurat buat ciblek jantan anakan walaupun ekornya baru tumbuh 1 cm dia akan belajar ngeriwik atau belajar ngoceh walaupun masih baby, Nah buat yang betina tidak akan belajar ngeriwik ya temen-temen, jika sudah dewasa kicauan si jantan tentu lebih rapet tembakan suara ngebren nya ya dan lantang terdengan keras, jika dibandingkan si betina nya.

Baca selengkapnya :  Download Suara Burung Kutilang Emas Gacor

oke temen-temen itu dia cara membedakan ciblek jantan dan betina mohon maaf jika ada salah-salah kata, itu saja yang bisa kami share untuk temen-temen kicau mania di indonesia.