7 Makanan Terbaik Burung Kenari Agar Gacor Dor

Diposting pada

Burung kenari adalah salah satu jenis burung yang memiliki kicauan yang populer. Setiap harinya burung ini akan mengeluarkan suara gacor, lantang dan bervaraiasi di rumah anda. Tak heran burung ini banyak dipelihara oleh para pecinta burung di Indonesia.

Namun untuk bsia mendapatkan suara kicauan burung yang gacor, tentunya ada beberapa rahasia yang membuatnya tetap gacor. Nah yuk simak makanan burung kenari agar bisa gacor.

makanan-burung-kenari

Makanan Kenari Agar Bisa Gacor


1. Sayuran Segar

Siapa yang tidak tahu jika sayur bisa membuat gacor ? Sayuran bagus untuk menambah kegacoran sang burung kenari. Tambahkan beberapa sayuran pada makanan kenari agar bisa merangsang mood kenari untuk gacor.

Hal ini karena sayuran memiliki kandungan vitamin dan proten nabati yang seimbang. Jadi, sebaiknya anda menambahkan beberapa sayuran pada makanan kenari.

sayuran-segar

Tentunya tidak sembarang sayur bisa diberikan kepada burung kenari. Anda bisa memberikan sayuran seperti gambas atau oyong, agung muda, sayur sawi, wortel, selada, sayur kubis, dan juga mentimun. Berikan sayuran secara rutin untuk makanan burung kenari pada saat pagi hari ataupun sore hari. Dengan memberikan beragam makanan, burung kenari anda bisa gacor dor.

2. Telur Semut (Kroto)

Meskipun burung kenari makan makan yang berbiji, namun anda juga bisa memberikan kroto pada makanan anda. Pemberian kroto ini ternyata akan memiliki dampak yang bak bagi sang burung kenari. Kroto sendiri memiliki kandungan protein yang tinggi dan diyakini mampu meningkatkan stamina, vitalitas atau intensitas ocehanya. Cara memberikanya adalah dengan menaburkan telur kroto dalam wadah pakan burung.

kroto

Namun perhatikan jika burung memiliki gerak gerik tidak menyukai makanan tersebut. Sebaiknya campurkan kroto pada biji bijian burung. Jika sudah terbiasa untuk memakanya, perlahan pisahkan kroto dengan biji bijian. Sangat disarankan untuk memberikan pakan kroto pada kenari yang masih kecil atau berusia muda. Sehingga akan terbiasa ketika burung sudah beranjak dewasa.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Dan Perawatan Burung Prenjak Lumut

Makanan burung kenari ini sangat direkomendasikan oleh beberapa komunitas yang menginginkan suara gacor sang burung. Dengan mengkonsumsi kroto suara burung kenari dijamin akan gacor dibandingkan dengan tidak mengkonsumsi kroto. Anda bisa membeli kroto di pasar hewan atau di toko penyedia makanan burung.

3. Ulat Hongkong

Makanan kenari yang bisa anda berikan adalah ulat hongkong. Cara kerja pakan ini sama dengan pemberian telur semut atau kroto. Pemberian makanan ini akan merangsang sang burung untuk bisa berkicau dengan baik dan bagus. Ulat hongkong mengandung protein hewani yang bagus untuk suara burung agar gacor.

ulat-hongkong

Anda bisa memberikan ulat hongkong pada burung kenari dengan prosi yang tidak banyak di awal pemberian. Apalagi jika sang burung tidak menyukai ulat hongkong tersebut. Ada baiknya anda memberikan porsi sama dengan keroto. Jangan terlalu banyak memberikan pakanan ini. Ada baiknya memberikan makanan ulat hongkogn sebagai pakan tambahan saja bukan makanan utama.

4. Biji Niger Seed dan Fumayin

Biji bijian adalah salah satu makanan favorit sang burung. Salah satunya adalah biji fumayin yang bisa membuat burung kenari memiliki kicauan yang gacor. Biji fumain dan juga niger seed atau biji hitam bisa dijadikan makanan burung kenari. Namun, ada baiknya untuk tidak memberikanya secara rutin pada burung kenari ya!.

fumayin

Hal ini karena efek biji niger dan fumayin yang tidak baik bagi tubuh burung. Memberikan terlalu banyak biji akan mengakibatkan ketagihan pada burung, sehingga enggan untuk memakan biji burung yang lainya. Biji fumiyan juga akan memberikan efek kehangatan pada tubuh burung. Tentunya hal ini akan memberikan efek yang bagus bagi tubuh.

Anda bisa memberikan biji fumiyan sebagai salah satu makanan pokok sang burung. Dengan memiliki dampak yang bagus bagi burung, sangat dianjurkan untuk memberikan biji hitam hanya dengan secukupnya saja. Anda bisa memberikan biji niger satu kali sehari yaitu antara pagi hari atau malam hari. Dengan pemberian yang tidak sedikit ini suara burung kenari akan semakin gacor.

Baca selengkapnya :  Inilah Spesifik Burung Gelatik, Habitat, Ciri, Makanan, Suara

5. Telur Puyuh

Makanan yang bisa anda berikan untuk suara burung yang gacor, adalah memberikan pakan telur puyuh. Anda bisa memberikan telur puyuh sebagai makanan pendamping atau tambahan burung kenari, bukan makanan pokok. Kandungan protein yang dimiliki oleh telur puyuh bisa membuat burung kenari semakin gacor. Cara memberikan telur puyuh ini sama dengan mengkonsumsi telur pada umunya.

telur-puyuh

Anda harus merebus dahulu telur puyuh hingga telur benar benar matang untuk makanan burung kenari. Setelah matang, pisahkan kuning telur dan putih telur. Berikan kuning telur pada burung. Kuning telur sendiri memiliki kandungan vitamin dan gizinya lebih bagus daripada putih telur. Ada baiknya adan membuang putih telur jika sudah telur puyuh sudah basi.

6. Pakan Biji Bijian

Biji bijian adalah salah satu makanan yang disukai oleh burung kenari. Nah agar burung tidak bosan dengan makananya, anda bisa memberikan mix biji biji untuk burung kenari. Kombinasikan beragam biji yang disukai oleh burung kenari sehingga akan menambah nafsu makannya.

biji-bijian

Dengan memberikan biji yang campur campur ini, maka suara kenari akan semakin gacor. Hal ini karena kandungan masing masing biji yang memiliki manfaat yang bagus untuk kenari.

Anda bisa mencampurkan biji milet merah dengan biji sawi, biji canary seed, biji egg food, biji milet putih atau jenis biji lainya untuk makanan burung kenari. Agar mendapatkan jenis biji diatas, anda bisa mendapatkan di toko terdekat dan juga pasar burung. Tanyakan kepada pemilik burung kenari juga informasi terkait pembelian pakan burung ini. Anda bisa membeli pakan burung kenari dan membuatnya menjadi jagoan gacor saat pertandingan.

7. Bubur Bayi atau Biskuit

Para pecinta burung pastinya tahu jika biskuit ataupun bubur bayi memiliki kandungan gizi yang bagus. Tak heran jika para pecinta burung akan memberikan biskuit bayi untuk makanan sang burung kenari. Bubur bayi ternyata bisa membuat burung kenari semakin gacor lho. Hal ini karena burung kenari memiliki beragam protein yang bagus untuk suara sang burung. Cara penyajianya pun cukup mudah.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Membuat Bulu Burung Cepat Rontok (Molting)

biskuit-bayi

Letakkan biskuit atau bubur bayi di wadah kosong, kemudian berikan pada burung tanpa memberikan air pada bubur bayi. Burung tidak akan menyukai makanan yang bertekstur lembut. Sementara penyajian biskuti pun cukup mudah. Anda cukup menghancurkanya menjadi lembut terlebih dahulu sebelum diberikan kepada sang burung kenari. Anda bisa membeli makanan burung kenari ini di beberapa toko terdekat dari rumah anda.

Dengan memberikan makanan yang berprotein tinggi, tentunya burung kenari akan memiliki suara yang lantang dan juga gacor. Anda harus memperhatikan makanan sang burung setiap harinya. Asupan ini penting agar burung menag saat pertandingan. Selain makanan, anda juga harus membersihkan kandang sang burung sehingga burung akan terhindar dari penyakit.

Intinya kita sebagai majikan (pemilik) burung harus dapat menganalisa dalam memelihara burung kenari kesayangan kita dan selalu memberikan pakan terbaik yang disukai oleh burung tersebut tentunya.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar makanan burung kenari. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.