Mengenal Jenis Burung Samyong, Makanan, Harga dan Suara

2 min read

burung-samyong

Dunia burung ketika dibahas memang seperti tidak ada habisnya. Apalagi Indonesia menjadi salah satu negara yang dianugrahi dengan spesies burung yang beragam. Misalnya saja dengan burung jenis samyong yang merupakan burung endemik dari Nusa Tenggara.

Burung ini juga disebut sebut sebagai burung yang cerdas dengan suaranya yang lantang. Bahkan banyak yang menyebutkan burung samyong sebagai burung nightingale. Simak ulasannya.

burung-samyong

Berkenalan Lebih Dekat Dengan Burung Khas Nusa Tenggara


1. Ciri Fisik

Penting bagi anda jika ingin memelihara burung untuk mengetahui jenis kelaminnya. Burung jenis samyong memang banyak diminati oleh para pecinta burung. Untuk itu anda bisa mengetahui jenis kelamin melalui ciri fisiknya yang mana akan berbeda antara burung betina dan jantan.

Burung jenis Samyong jantan memiliki bulu kepala hingga leher bagian belakang dengan warna hitam. Bulu bagian atas kadang membentuk jambul ketika berkicau.
Untuk warna bulu pada bagian bawah berwarna kuning sedikit kecoklatan dan bagian atasnya warnanya lebih tua dibandingkan bagian bawah. Sementara untuk bagian paruhnya bewarna hitam dan ada garis putih pada bagian tengahnya.

Panjang ekor pada burung jenis Samyong jantan bisa mencapai 1/3 dari ukuran panjang tubuhnya. Terdapat juga bulu pada bagian bawah di leher tepatny, burung samyong memiliki warna hitam.

Burung jenis Samyong betina memiliki ciri ciri bulu yang berwarna hijau kekuningan hingga mencapai ekornya. Kepala betina memiliki warna abu abu tua dengan ukuran tubuh tak lebih dari 18 cm. Bagian kepala berbentuk bulat dengan paruh yang lebih pendek. Meskipun telah tumbuh dewasa burung betina tetap memiliki bulu pada bagian tenggorokannya. Sementara untuk membedakan burung jenis samyong NTT dan NTB terletak pada warnanya.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Kasuari Yang Perlu Anda Ketahui

2. Makanan Burung Jenis Samyong

Burung satu ini yang dijual adalah burung hasil tangkapan sehingga membutuhkan perawatan yang ekstra. Untuk itu banyak yang memilih burung dengan usia muda atau telah dewasa dibandingkan anakan. Makanan yang bisa anda berikan untuk burung ini haruslah seimbang kandungan gizinya. Pakan bisa menggunakan serangga seperti kroto, jangkrik dan belalang. Anda juga memberika makan voer namun jika burung samyong tidak suka jangan dipaksakan.

3. Suara Burung Jenis Samyong

Burung ini sering disebut sebagai burung yang mampu memiliki 1001 suara dalam kicauannya. Karena burung ini memiliki kelembihan dalam menirukan berbagai macam suara burung kicauan yang gacor dan tergolog salah satu jenis burung yang jenius.

Untuk mendapatkan suara burung yang anda inginkan, tentunya dibutuhkan pelatihan yang khusus. Anda bisa mendengarkan masteran kicauan burung yang kini mudah untuk anda dowload di internet dengan berbagai jenis masteran.

Suara Burung Samyong Gacor Dor

Download link disini


suara-burung-samyong

4. Harga Burung Jenis Samyong

Jika anda tertarik untuk memelihara burung satu ini, anda tentunya harus mengetahui harga pasaran yang ditawarkan. Harga burung ini jika yang masih bakal dibandrol mulai dari Rp. 750 ribu hingga Rp. 900 ribuan.

Sementara untuk burung yang gacor dibandrol dari Rp. 1 juta hingga Rp. 1,5 jutaan. Jika anda ingin membeli burung samyong yang juara maka anda harus merogoh kocek mulai dari Rp. 2,5 juta hingga 3 jutaan.

Burung yang merupakan endemik dari Nusa Tenggara ini selain memiliki tubuh yang cantik, juga memiliki suara yang merdu. Tak heran jika burung kicau ini banyak diburu oleh pengoleksi burung kicau.

Harganya juga terbilang fantastis tergantung dari burung jenis Samyong apa yang diinginkan. Selain untuk hobi, burung berkicau memang kerap dijadikan bisnis yang menguntungkan dan bisa menghasilkan cuan yang cukup melimpah.

Baca selengkapnya :  Download Suara Burung Hantu Auto Gacor Mp3 Gratis

Demikian Penjelasan singkat yang dapat kami berikan seputar burung Samyong. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.