Fakta Unik Burung Perkutut Beserta Mitos Yang Beredar

Diposting pada

Miliki suara kicauan khas nan unik, burung Perkutut masuk menjadi jenis burung yang banyak digemari masyarakat. Tingkat kepopulerannya yang tinggi, menjadikannya sebagai peserta yang tidak pernah absen dari kontes nasional setiap tahunnya.

Namun siapa sangka dibalik kepopulerannya tersebut, burung ini ternyata miliki mitos yang telah menyebar di masyarakat tanah air ? Mitos seperti apakah itu ? berikut ulasannya.

burung-perkutut

Fakta Unik Perkutut

Apabila berbicara mengenai hewan yang paling setia, sebagian orang akan berfikir anjing sebagai jawabannya. Namun tidak bagi masyarakat Jawa kuno, yang menganggap Perkutut menjadi hewan yang paling setia di dunia daripada hewan lainnya.

Bukan sekedar spekulasi belaka, namun hal tersebut dibuktikan dengan kembalinya si Perkutut ke sangkarnya usai dilepaskan kembali di habitat aslinya.

Meskipun dilepaskan begitu saja, entah mengapa Perkutut akan tetap kembali ke sangkarnya. Jikapun terbang bebas, namun mereka hanya berkeliaran di sekitar hunian saja. Usai terbang bebas di angkasa. mereka akan kembali mencari sangkarnya untuk beristirahat.

Oleh karena kesetiaannya tersebut, pemilik rumah tidak akan merasa cemas ketika burung tersebut terlepas. Hanya perlu meletakkan sangkar di luar rumah, si burung akan kembali beberapa saat kemudian.

Selain karena kesetiaanya, ternyata burung satu ini pun menyimpan fakta unik yang tidak kalah menghebohkan. Sebab burung ini dikatakan dekat dengan dunia ghaib, terutama dalam bidang pesugihan.

Diantara banyaknya jenis pesugihan yang ada, ternyata salah satu diantaranya masih erat kaitannya dengan si Perkutut. Kedekatan yang dimilikinya, membuat berbagai mitos bertebaran di masyarakat.

Miliki syarat utama yang harus dipenuhi, sehingga tidak sembarangan burung Perkutut yang digunakan. Ketika seseorang berhasil menemukan Perkutut tersebut, sang pemilik akan semakin kaya. Semakin sering burung tersebut berkicau, kekayaan pemiliknya akan terus bertambah jumlahnya. Untuk bisa mendapatkannya, diperlukan usaha keras dengan berbagai macam tirakat.

Baca selengkapnya :  Manfaat Minyak Ikan Untuk Burung Murai Batu

Mitos Yang Dibawa Olehi Si Perkutut

Seakan tak pernah absen dari kontes nasional yang diadakan setiap tahunnya, lantaran suaranya yang khas dan menarik perhatian. Apabila si Perkutut memenangkan kontes tersebut, harga jualnya akan meroket secara tiba tiba.

burung-perkutut-lokal

Tidak tanggung tanggung, tingginya harga jualnya diketahui sudah mencapai angka miliyaran rupiah. Miliki harga setinggi langit, tidak sembarangan orang yang bisa memilikinya.

Dengan harga tinggi yang dimilikinya, biasa dijadikan sebagai tolak ukur untuk menentukan status sosial seseorang. Tidak jarang pula, burung satu ini punmenjadi ajang pamer yang cukup berkelas bagi para pecintanya. Tingginya peminat dari golongan berada, membuatnya menjadi bahan rebutan untuk bisa memilikinya. Walaupun harganya cukup tinggi, namun suara yang dihasilkannya tidak pernah mengecewakan.

Mitos unik yang berasal dari masyarakat Jawa kuno atau Kejawen ini, cukup menarik perhatian. Sebab kepercayaan tersebut menghubungkan antara seorang pria dewasa dengan tingkat kemapanannya. Sebab setiap pria yang telah menginjak usia dewasa,akan dianggap sebagai lelaki sejati ketika memiliki si Perkutut. Munculnya mitos tersebut, bukanlah tanpa alasan yang jelas.

Tingkat kemapanan pria sejati tersebut, masih berhubungan erat dengan pakem masyarakat Jawa yang dipegangnya. Dimana masyarakat dahulu miliki prinsip Limo Wasto atau lima hal, yang membuat hidup sang pria menjadi lebih sempurna. Prinsip tersebut terdiri dari tempat tinggal (wisma), senjata andalan (curigo), burung (kukila), kendaraan (turangga), gamelan (gangsa), serta pendamping hidup selamanya (garwa).
Dibalik kepopuleran dirinya, ternyata Perkutut membawa berbagai fakta unik yang mungkin jarang diketahui orang lain.

Selain adanya fakta menarik, burung satu ini pun terselipkan mitos menyeramkan, yang membuat bulu kuduk merinding. Namun masyarakat Jawa kuno menjadikannya sebagai simbol kemapanan seorang pria sejati, ketika bisa memeliharanya. Bahkan dengan harganya yang tinggi, hanya orang tertentu saja yang memilikinya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Anakan Burung Cendet Yang Masih Lolohan

Yah, namanya juga mitos, anda boleh percaya dan juga boleh tidak, semuanya dikembalikan lagi kepada keyakinan anda masing-masing. Yang paling terpenting tetap semangat ambil nilai positif nya aja ya gan.. Semoga bermanfaat , salam kicau mania.