Mengenal Ciri Burung Betet, Habitat, Makanan dan Harga

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, bagaimana kabarnya para sobat kicau mania ?. Selamat datang kembali di blog resmi kami Kacer.Co.Id. Dan disini kami akan membahas informasi yaitu tentang “Mengenal Ciri Burung Betet, Habitat, Makanan dan Harga” berikut dibawah ini penjelasan lengkapnya :

Betet dalam bahasa lain Red Breasted Parakeet, biasa disebut burung ekek, mungkin bisa disebabkan burung ini memiliki suara yang khas kreek, kreek – kreeeeek. Burung yang satu ini tergolong burung jenis paruh bengkok dan masih ada hubungan kerabat dengan burung love bird.

Tidak sedikit orang yang menyukai jenis burung ini untuk dapat dipelihara sebagai burung koleksi dan hobi. Penasaran untuk mengungkap lebih jelasnya mari simak ulasan berikut dibawah ini :

burung-betet

Mengetahui keistimewaan Burung Betet Yang Ada Di Indonesia


Habitat dan Ciri-Ciri

Burung paruh bengkok ini secara ilmiah dikelompokan kedalam bangsa (ordo) Psittaciformes dan hanya memiliki suku famili tunggal yaitu Psittacidae yang dalam bahasa inggris dikenal sebagai parrot. Suku ini dibagi 3 anak suku yang berdasarkan morfologi dan terdapat 76 jenis (23%) dan 14 jenis lainnya sekitar (17%) diantara kebiasaan dan ciri yang hampir sama dengan burung kakatua dan nuri.

Namun diseluruh dunia tercatat, ada sekitar 238 jenis burung paruh bengkok, sementara di negara indonesia kita sendiri adalah termasuk burung peliharaan yang patut untuk dilindungi.

Burung ini banyak dijumpai dan hidup dihutan terpencil, yang sangat sulit dan dijama oleh manusia pada umumnya. Betet ini termasuk salah satu jenis koloni yang senang hidup bergerombol dengan jumlah yang cukup banyak antara sesama jenisnya. Mereka selalu bersama-sama saat istirahat maupun terbang-terbangan. Bahkan sarang untuk bertelurpun mereka bangun saling berdekatan satu sama lainnya. Sehingga ketika berkicau akan terdengar sangat gaduh dan berisik.

Baca selengkapnya :  9 Jenis Burung Kelas Atas Untuk Hobi Para Sultan

Penyebaran burung betet ini sangat luas, hal ini bisa diketahui dengan ditemukannya jenis burung betet ini hingga sampai diwilayah thailand selatan. Namun jarang sekali ditemukan burung ini berada di semenanjung malaysia dan sumatera. Di negara indonesia sendiri burung betet ini hanya terbatas diwilayah pulau jawa, bali dan kangean.

Jenis burung paruh bengkok ini memiliki ciri khusus yaitu dengan dilihat dari ekor panjangnya, serta bulu yang mendominasi warna hijau berpadu dengan warna lainnya. Yang sangat enak dilihat oleh para penghobinya.

Berikut Ciri umum burung ini memiliki ekor yang panjang, antara lain memiliki ukuran yang sedang, sekitar 40 cm. Dengan dada yang berbulu halus indah dan berwarna hijau, serta ekor yang panjang dan bertahap, pada jenis burung betet berkelamin jantan memiliki mahkota hijau, sisi-sisi pada kepalanya berwarna merah, ada garis hitam tebal menyerupai dan mirip seperti kumis, mantel biru pucat, ekor berujung kuning dan sayap kebiru-biruan.

Untuk Parrot betina lebih berwarna buram, kumis kehijauan, tidak ada warna biru pada punggung. Saat terbang terlihat sayap penutup bawah yang kuning, namun perbedaannya dengan burung betet biasa, yang dimana pada tubuh dibagian bawah berwarna hijau, dan sisi kepala merah, iris kuning kehijauan, paruh merah, ujung seperti tanduk dan kakinya berwarna abu-abu.

Betet ekor panjang memiliki 5 subspesies dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Psittacula longicauda
  2. modesta
  3. nicobarrica
  4. tytleri
  5. defontainei

Makanan yang dibutuhkan

Pakan alami yang dibutuhkan adalah jenis biji-bijian, seperti milet putih, biji kuaci, biji canaryseed yang sangat digemarinya, dan buah-buahan misalnya pepaya, nektar dan bunga serta tunas daun pepaya atau kuncup daun.

jenis-burung-betet

Kelebihan burung betet ; Memiliki bulu yang indah dan cerah, yang dapat menarik perhatian para pecintanya untuk dapat memelihara dan merawatnya. Burung ini memiliki sifat dasar yang mudah untuk dijinakkan, apabila sudah terlatih dan jinak, burung ini dapat disuruh-suruh bagaikan burung sirkus dan dimainkan untuk terbang kesana dan kemari tanpa harus dikhawatirkan untuk terbang jauh lepas.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Strawberry Finch Ciri dan Harga Terbaru

Burung ini juga memiliki kicauan burung betet ini sangatlah kuat, nyaring dan keras, dan untuk (budidaya ternak) sangat mudah untuk dikembangbiakan.

Adapun kelemahan dari burung ini ; Jika burung betet ini sudah terserang penyakit yang berbahaya, (kronis) maka sangat sulit untuk disembuhkan dan yang lebih berbahayanya lagi akan menyebabkan kematian. Dan Bulu indahnya disayangkan mudah sekali rontok.

Harga Burung Di Pasaran

Daftar harga burung betet ini sangatlah bervariasi, dan disesuaikan dengan jenis burungnya dan umur (usia) serta tempat dan wilayah anda berada, namun disini hanya memberikan parameter dan acuan untuk sebagai gambaran saja.

Untuk jenis burung betet jawa memiliki harga sekitar 700 – 900 ribu per ekor (dewasa), namun untuk yang masih anakan (bahan) berikisar 400 – 500 ribu per ekornya. Namun pastinya berbeda dengan harga burung yang sudah dipelihara dan dirawat oleh pemiliknya yang sudah jinak, gacor dan mapan.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar burung betet. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.