6 Cara Memilih Burung Murai Batu Berkualitas

2 min read

murai-batu-berkualitas

Assalamualaikum wr wb, bagaimana kabarnya para sobat kicau mania ?. Selamat datang kembali di blog resmi kami Kacer.Co.Id. Dan disini kami akan membahas informasi yaitu tentang “cara memilih murai batu berkualitas” berikut dibawah ini penjelasan lengkapnya :

Sesuai dengan karakter dasar yang dimiliki oleh burung petarung ini dengan suara suara khas nan panjang, membuat Murai Batu begitu disenangi bagi pecinta burung. Termasuk burung yang sulit untuk dijinakkan, membuatnya masuk menjadi golongan hewan peliharaan yang tidak mudah dipelihara.

murai-batu-berkualitas

Justru dari tingkat kesulitan yang dihadapi, membuat sebagian orang tertantang untuk memeliharanya. Agar tidak salah pilih, berikut tips memilih burung Murai Batu berkualitas terbaik untuk dipelihara maupun diikutsertakan dalam kontes (lomba).

Berikut Beberapa Cara Cerdas Memilih Murai Batu


1, Bentuk Beserta Ukuran

Apabila anda tertarik untuk memelihara anakan si burung bersuara indah ini, ada baiknya untuk mencermati bentuk beserta ukurannya. Pastikan proporsi tubuhnya ideal, dengan panjang dan besar seperti pada umumnya.

Ketika anda memilih anakan dengan bentuk tubuh panjang dan besar, akan terlihat gagah ketika mulai tumbuh besar. Tidak hanya bentuk tubuhnya yang menawan, namun suara yang dihasilkan terlihat begitu jantan.

Tidak banyak yang menyadari bila, pemilihan bentuk tubuh dan ukuran ideal, akan mempengaruhi kualitas indukan nantinya. Bahkan ukurannya tersebut, akan sangat berpengaruh ketika anda ingin mengikut sertakannya mengikuti lomba. Suara yang gagah, mampu mempengaruhi mental burung lain. Oleh karenanya, penting untuk memilih anakan berkualitas, untuk hasil yang maksimal.

Baca selengkapnya :  Jenis Burung Cililin, Perawatan, Habitat, Harga, Suara

2. Bentuk Kepala

Pada umumnya bentuk kepala burung kicauan ini, terlihat agak bulat daripada jenis burung lainnya. Namun perlu diketahui bahwa Murai Batu berkualitas unggulan, miliki bentuk kepada yang sedikit berbeda.

Justru bentuk kepada mereka tidak bulat, dan lebih condong terlihat seperti agak gepeng. Dari bentuk kepalanya yang unik tersebut, mampu menambah gaya serta penampilannya ketika berkicau di gantangan.

3. Suara Yang Dihasilkan

Sebelum membeli anakanburung Murai Batu berkualitas terbaik, coba perhatikan terlebih dahulu ketika mereka berkicau. Anakan Murai Batu dengan kualitas terbaik, cenderung mengeluarkan suara yang keras.

Akan lebih sempurna lagi bila, suara yang dihasilkan terdengar saling menyambung satu sama lain dengan jeda yang sama. Apabila anda menemukannya, tidak ada salahnya untuk segera membelinya.

4. Bagian Mata

Burung Murai yang miliki kualitas baik, tentunya memiliki kondisi mata sehat dan tidak ada cacat. Perlu untuk melihatnya lebih jeli, untuk mendapatkan anakan terbaik untuk terhindari dari kerugian. Ada baiknya untuk menghindari membeli anakan dengan mata yang terdapat selaput putih pada bola matanya, ditakutkan burung tersebut tengah terjangkit katarak yang mengganggu penglihatannya.

5. Warna Bulu

Kebanyakan Murai Batuyang dijajakan di pasaran, miliki bulu berwarna coklat di bagian dadanya. Namun apakah anda pernah menemui burung kicauan tersebut dengan warna bulu berbeda seperti warna kekuningan ? Ada yang mengatakan bahwa, anda akan sangat beruntung bila pernah menemuinya. Sebab burung tersebut diketahui akan cepat jadi, dan lebih cepat dilatih mengeluarkan suara merdu.

burung-murai-batu

6. Mengetahui Usia Burung

Burung Murai Batu berkualitas terbaik, tergantung dari usia yang dimilikinya. Anda bisa menafsirkan perkiraan umurnya, dengan membuka mulut atau paruhnya tersebut. Hal ini dilakukan, untuk melihat warna dari rongga mulutnya. Murai Batu yang masih berusia muda, akan miliki warna tenggorokan cenderung putih dan telihat cerah. Namun bila warna rongga mulutnya adalah hitam, sudah dapat dipastikan bahwa umurnya lebih tua.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Ciri Burung Pelikan Serta Habitat Aslinya

Bagi pecinta burung, memiliki burung kicauan sehat nan berkualitas merupakan sebuah idaman. Selain mampu mengeluarkan suara yang merdu, burung tersebut mampu menghasilkan keuntungan lainnya bagi sang pemilik. Tidak jarang pula Murai Batu terlihat bertengger di gantangan, sebagai peserta perlombaan pemilik suara indah. Dengan hasil suaranya yang stabil nan merdu, menjadikannya sebagai juara sesuai yang diharapkan oleh setiap pemiliknya.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar 6 Cara Memilih Burung Murai Batu Berkualitas. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.