Inilah Keistimewaan Burung Kacer

Diposting pada

Jago berkicau dengan tubuhnya yang mungil, membuat burung Kacer menempati hati tersendiri bagi pecintanya. Populer dengan suaranya yang nyaring nan melengking, membuat burung kicau satu ini banyak dicari di pasaran.

Bahkan tipe suara kacer yang dihasilkannya tidak terdengar monoton, sehingga begitu mengalun indah. Berikut beberapa keistimewaan yang membuatnya menarik perhatian.

burung-kacer

Berbagai Keistimewaan Dari Si Kacer


1. Kebiasaan Dari Habitat Aslinya

Banyak ditemukan di daerah perkebunan kelapa sawit dan hutan, kedua tempat tersebut telah menjadi habitat aslinya di alam liar. Terbiasa hidup bebas , membuat sifat aslinya masih melekat bahkan ketika sudah dipelihara manusia yang menangkapnya.

Bahkan sifat aslinya tersebut akan keluar sewaktu waktu, meski telah dilakukan adaptasi tempat beserta lingkungan. Bahkan tidak jarang, mereka akan membawa sifat alaminya tersebut saat di area pertandingan.

Salah satu sifat alami yang seringkali muncul saat di gantangan, berasal dari rasa penasaran terhadap lingkungan ataupun tempat baru yang pernah dilihatnya. Contohnya saja ketika Kacer tidak mau berkicau ketika diletakkan di area pertandingan, lantaran dirinya masih merasa asing dengan lingkungannya tersebut.

Alhasil mereka akan terdiam sejenak, untuk memahami situasi yang sedang dilihatnya tersebut. Ketika sudah terbiasa, barulah mereka berkicau seperti biasanya.

2. Mengembangkan Ekor Dikala Merasa Terancam

Ada di saat Kacer membuat keributan di kandangnya, ketika dirinya didekati oleh manusia maupun makhluk lain seperti binatang pemangsa. Suara ribut yang dihasilkan, seakan menjadi sebuah simbol bahwa dirinya sedang tidak ingin didekati. Dengan membuat suara kegaduhan, diharapkan faktor pengganggu tersebut dapat menjauh darinya. Hal ini dilakukannya, sebagai bentuk pertahanan dirinya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Emprit (Harga Dan Suara)

Ketika terdapat predator yang mendekatinya, Kacer akan turun menginjak tanah. Tidak sembarangan menapakkan kaki di bumi, burung ini pun mengembangkan ekornya hingga berbentuk seperti kipas yang mengarah ke atas. Ekornya yang sedang mengembang tersebut, akan diperlihatkannya kepada predator pemangsa yang berani mendekatinya.

kacer-buka-ekor

Mengembangnya ekor si Kacer, dapat memberikan kesan bahwa dirinya sedang marah, namun mengembangnya ekor si Kacer juga bisa menandakan bila, dirinya sedang memperingati makhluk tersebut untuk menjauhinya dengan segera. Dari sifatnya alaminmya yang ingin melindungi diri, terlihat keren nan menakjubkan. Dimana sifat alaminya tersebut akan muncul, walaupun telah dipelihara manusia dalam beberapa waktu. Terutama ketika memasuki musim kawin, anda bisa melihatnya lebih sering mengembangkan ekornya.

Pada umumnya musim kawin menjadi momen yang ditunggu, lantaran Kacer akan lebih sering menampakkan ekornya yang indah. dalam musim tersebut, mereka akan melakukan pengeraman untuk calon anaknya agar terhindar dari segala macam bahaya. Ketika merasa sedikit terancam saja, anda sudah bisa melihat ekornya akan mengembangkan ekornya tersebut. Bahkan bagi pecinta Kacer, momen ini justru menjadi hal yang unik sekaligus menarik.

3. Kicauan Si Kacer

Kicauan yang dihasilkan burung Kacer, masuk menjadi keistimewaan berikutnya yang perlu dikulik. Ketika anda memutuskan untuk memeliharanya, ada baiknya intuk memperhatikan sifat alaminya yang terus terbawa meskipun telah dilatih berkali kali. Agar lebih mudah melatihnya, silahkan memberikan pelatihan rutin serta berikan pakan tepat. Cara tersebut dikatakan ampuh, agar si Kacer dapat dilatih sesuai dengan keinginan sang pemiliknya.

Indonesia menyimpan berbagai jenis Kacer, dengan kharateristiknya yang berbeda beda. Dengan keistimewaan yang dimilikinya, membuat pecintanya jatuh hati dan ingin memilikinya. Terutama untuk Kacer berjenis kelamin jantan, lebih banyak diburu lantaran suaranya yang merdu nan gagah.

Baca selengkapnya :  3 Jenis Burung Murai Batu Borneo Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Selain itu, Kacer jantan dikatakan mampu menghasilkan varian suara lebih beragam, yang terdengar menyenangkan untuk didengarkan.

Demikian Penjelasan singkat yang dapat kami berikan seputar burung kacer. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.