Mengenal Ciri Burung Cipoh (Harga, Suara)

Diposting pada

Tiada habisnya beraneka ragam jenis burung yang ada di dunia, khususnya di negara indonesia. Pada artikel kali ini kami akan membahas informasi tentang burung cipoh atau sering dikenal dan disebut dengan nama Cipeuw (Common Lora) yang dimana burung ini mempunyai suara-suara yang merdu dan bervariasi.

burung-cipoh

Suara nyanyian berirama cii poow, ciii pooow dengan karakter suara yang unik dan akhirannya pow, namun tidak hanya mononton itu saja dan masih banyak variasi lainnya dengan karakter suara yang dimiliki oleh burung cipow ini. Sarang burung cipow ini berbentuk cawan rapih terbuat dari tumbuhan halus yang diantaranya dari dahan dan daun-daunan kecil, biasanya sarang yang dibuatnya tidak terlalu tinggi dan jauh dari tanah hanya beberapa meter saja.

Telurnya burung ini beraneka warna putih, berkombinasi dengan merah jambu dan abu-abu. Berbintik atau berbercak kemerah-merahan, setiap bertelur biasanya menghasilkan 2 – 3 butir, biasa berkembang biak dimusim penghujan atau sekitar bulan nomeber sampai februari.

Habitat dan Kebiasaan

Penyebaran burung cipoh ini meliputi wilayah yang sangat luas hingga daratan Asia seperti Thailand, kamboja dan myanmar, habitat burung yang satu ini sangatlah fleksibel dan tidak terlalu sulit untuk berada diiklim yang tidak menentu. Tipe burung yang memiliki fisik yang sangat kuat dan dapat bertahan di cuaca ekstrim sekalipun, burung ini sering dijumpai di dataran rendah seperti hutan sekunder, perkembunan, ladang terbuka, sampai hutan mangrove.

Pakan alami yang dibutuhkan oleh burung ini adalah serangga kecil, biji serta sari patih nektar, antara lainnya seperti : semut (telur semut) kroto, jangkrik, cacing tanah, ulat, laba-laba, kumbang, kupu-kupu, biji-bijian serta juga menyukai memakan nektar sari bunga-bungaan.

Baca selengkapnya :  Cara Memilih Lovebird Calon Juara

Ciri-Ciri Cipoh

  • Mempunyai bulu kuning kebiru-biruan, yang sangat mencolok
  • bentuk kepala agak kotak serta memiliki paruh yang agak besar dan lebar
  • ujung paruh dibagian bawahnya berwarna kehitam-hitaman
  • dan jika diamati pada ujung lidahnya agak berwarna hitam.

Harga dan Suara

Berikut daftar harga burung cipoh terbaru :

Bagi anda para penghobi kicau, jika sudah mendengar asli suara merdu yang dimiliki oleh burung ini sudah pasti 99% anda akan menyukai dan akan memilikinya, namun berapa bajet anggaran yang harus disiapkan untuk dapat meminang burung ini dipasaran ?.

suara-burung-cipoh

Untuk harga burung cipoh, yang sudah gacor jantan dengan usia yang sudah mapan berkisar Rp. 100 – 350 ribuan, berbeda dengan cipoh yang bahan yang baru dapat (tangkapan hutan) memang agak relatif murah sekitar Rp. 50 – 100 ribu. Harga burung cipoh lolohan hasil tangkaran jantan kurang lebih sekitar Rp. 200 ribu, serta untuk indukan betina yang produksi untuk tangkaran biasanya sekitar Rp. 150 ribu.

Harga tersebut hanyalah sebagai gambaran, dan acuan parameter anda. Namun semuanya disesuaikan lagi dengan daerah dan tempat tinggal anda yang pasti dibandrol berbeda-beda.

Penasaran dengan suara kicauan burung ini ?.

suara burung cipoh betina

Download link disini


suara burung cipoh jantan mp3

Download link disini


Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar burung cipoh. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.