Perawatan Pleci Mabung

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, bagaimana kabarnya para sobat kicau mania ?. Selamat datang kembali di blog resmi kami Kacer.Co.Id. Dan disini kami akan membahas informasi yaitu tentang “perawatan pleci mabung” berikut dibawah ini penjelasan lengkapnya :

Di alam bebas sebagaimana habitat aslinya, peristiwa ganti bulu merupakan hal yang bisa terjadi dan burung tersebut mampu mengatasinya. Lain halnya pada burung yang kita pelihara didalam sangkar, dengan keterbatasan ruang dan waktu serta gerak yang tidak bebas, oleh karena itu kita sebagai pemiliknya harus lebih peka dan paham melihat kondisi burung peliharaan kita ketika saat memasuki masa mabung ini, agar dapat dirawat secara lebih intensif dengan perlakuan yang berbeda dengan perawatan yang diberikan sehari-hari.

pleci-mabung

Namun jika selama ini anda memberikan perawatan sebelum mabung dengan maksimal maka saat burung ini masuk masa mabungnya tidak perlu terlalu ditakutkan. Pergantian bulu yang wajar biasanya terjadi satu tahun sekali. Namun tidak jarang dari berbagai sebab, setiap jenis burung bisa melakukan pergantian bulu sebelum waktunya (soft moult). Hal ini dapat disebabkan oleh obesitas burung yang kegemukan bisa saja terjadi, karena faktor cuaca yang ekstrim, dan bisa juga karena gangguan parasit kutu atau virus yang menyerang bulu burung tersebut.

Merawat kacamata yang mengalami ganti bulu

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan selama pleci ini menjalani masa mabungnya. Anda harus memberikan perawatan khusus yang tepat dengan tujuan agar proses pergantian bulu burung ini berjalan dengan sempurna. Dengan demikian, selain kondisi burung agar tetap sehat, baik itu kualitas suaranya serta penampilannya pun bisa terjaga dengan baik.

Baca selengkapnya :  Rahasia Settingan Pakan EF Harian Murai Batu

1. Kurangi pemberian pakan (EF) Extra Fooding

Dalam kondisi ganti bulu, sebaiknya mengurangi pakan ulat hongkong. Jika biasanya sehari diberikan ulat 3 – 4 ekor, cukup 1 – 2 ekor ketika burung sedang mengalami ganti bulu. Hal itu karena ulat hongkong agak sulit untuk di cerna sehingga kurang baik untuk pleci yang kondisinya kurang sehat, sebagai alternatif, bisa anda memberikan ulat daun yang mudah dicerna karena merupakan salah satu pakan alami burung kacamata ini. Namun pemberiannya juga harus tetap dibatasi 2 – 3 ekor setiap kali pemberiannya.

Alangkah lebih baik lagi jika pleci yang sedang mabung diberikan kroto segar, bahkan diupayakan sesering mungkin. Karena manfaat dari kroto ini sangat baik dan dapat menambah stamina burung agar bisa tetap terjaga dengan baik. Dengan demikian dengan kandungan dari kroto tersebut dapat menstabilkan kondisi fisik dan bisa mempertahankan kesehatan burung pleci.

2. Sebaiknya tidak dimandikan dahulu

Ganti bulu memang merupakan proses yang sangat rentan oleh gangguan, untuk si Mungil imut kecil ini ada baiknya jangan dimandikan dahulu untuk sementara waktu sampai proses ganti bulu tersebut selesai. Hal ini bertujuan agar proses rontoknya bulu dapat berlangsung dengan lebih cepat.

Burung yang sedang ganti bulu ini, cukup dibersihkan saja kotoran yang ada disangkarnya 3 kali sehari, lalu harus rutin mengecek kondisi air minum dan makanan setiap harinya dan memberinya kroto pada pagi hari. setelah itu burung dapat dijemur sebentar selama 15 menit saja dan tidak dianjurkan untuk berjemur berlama-lama jangan langsung dimasukan kedalam rumah.

Burung harus diangin-anginkan terlebih dahulu sekitar 5 menit, lalu kembali dikrodong dimasukan kembali ke dalam rumah dan digantung ditempat yang nyaman serta lebih baiknya langsung mamaster dengan burung ocehan ataupun menggunakan media perangkat elektronik audio mp3 (mastering) yang lainnya agar dapat menambah materi isian burung pleci tersebut.

Baca selengkapnya :  Rahasia Di Balik Potensi Hobi Memelihara Burung Kicau

3. Penyempurnaan proses ganti bulu

Peristiwa ganti bulu ini terjadi karena memang sudah waktunya, dan biasanya proses dari awal rontoknya bulu sampai tumbuhnya bulu dengan sempurna ini memakan waktu sekitar 40 – 45 hari. Jika dalam kurun waktu tersebut kerontokan bulu masih saja terjadi, anda perlu mencermati penyebabnya.

burung-pleci

Dari kerontokan bulu burung yang tidak berujung pada proses sempurnanya pertumbuhan bulu burung (tidak berkelanjutan). Bisa saja terjadi dari banyak faktor penyebabnya, yang misalnya dari gangguan lingkungan sekitar yang membuat burung terusik dan tidak nyaman, ataupun dari gangguan parasit yang sangat mengganggu kondisi perontokan dan pertumbuhan bulu pleci tersebut.

Pada saat burung mengalami pergantian bulu, harus perlu antisipasi yang tepat karena burung tipe kecil seperti pleci ini biasanya agak mengkhawatirkan, apalagi jika perawatan atau perlakuan saat kondisi seperti ini kurang baik, maka akan berdampak kepada performa dan sistem imun mabung dengan mabung yang tidak tuntas.

Kesimpulan : Ganti bulu (Moulting) sudah menjadi keharusan, kewajiban serta tanggung jawab si pemilik untuk dapat merawatnya dengan baik dan tepat. Biasanya pergantian bulu akan dialami oleh burung kacamata yang dipelihara dari bakalan (bahan) sebelum berumur satu tahun, akan tetapi terkadang ada yang lebih cepat dari itu.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar Perawatan Mabung Pleci. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.