Pakan Dan Minum Untuk Si Mungil Pleci

Diposting pada

Pakan dan minum yang diberikan pada sikacamata hendaknya baik dan perlu diperhatikan kualitasnya. Penting dan perlu diketahui bagi para pemilik burung yang imut ini, bahwa pleci memiliki fisik dan kondisi yang sangat rentan terhadap gangguan.

Oleh karena itu makanan serta minumannya selalu diperhatikan dan diberikan secara benar, terutama nutrisi, jenis dan mutunya.

Pakan-Dan-Minum-Untuk-Si-Mungil-Pleci

Makanan dan minuman terbaik untuk pleci yang harus anda ketahui


A. Nutrisi untuk Si Mungil

Pakan yang diberikan untuk sipemilik bulu kuning ini harus diperhatikan nutrisinya. Sekilas, memelihara burung yang satu ini hanya untuk sekedar membuatnya bertahan hidup itu cukup mudah, namun terkadang asupan nutrisi yang sangat baik malah dikesampingkan oleh para pemilik dan pemeliharanya. Padahal untuk membuat burung ini dapat bertahan lebih lama adalah kecukupan nutrisi yang harus selalu terpenuhi.

Selain itu, pakan yang cukup nutrisinya akan membuat burung pleci ini akan tampil prima ketika diikut sertakan dalam kontes.

Kualitas pakan juga harus menjadi perhatian yang khusus, untuk meracik pakan buatan, serta keawetan dan kadaluarsanya harus diperhatikan juga. Lain halnya dengan pakan yang bersifat alami seperti buah-buahan, namun disarankan dalam pemberian kroto juga harus dalam kondisi yang fresh dan segar, jika kroto sudah agak bau dan sudah nginep selama 2 – 3 hari walaupun menyimpannya dikulkas, tidak dianjurkan untuk diberikan kepada burung kacamata ini.

Selain itu hal lain yang paling penting dilakukan adalah membuang makanan yang tercecer di dasar sangkar yang telah terkontaminasi dengan kotoran dari burung itu sendiri, karena apabila tidak segera dibersihkan yang dikhawatirkan burung ini akan turun ke dasar lantai dan memakan bekas sisa-sisa yang berantakan tersebut.

Karena pakan yang sudah terjatuh dan terkontaminasi dengan kotoran tidak baik lagi untuk dikonsumsi oleh burung kacamata ini, karena akan berakibat mudah terserang penyakit.

Pakan yang diberikan harus menjamin kecukupan nutrisinya dan zat-zat yang dibutuhkan oleh sikacamata. Nutrisi dalam pakan haruslah seimbang antara protein, lemak dan karbohidrat, vitamin dan mineral. Dengan tercukupinya semua kebutuhan yang diperlukan oleh burung ini sudah pasti akan membuat pleci lebih lincah, gesit, sehat dan mampu untuk tampil dengan kondisi yang prima. Apalagi jika burung pleci anda sudah masuk kategori burung kontes, performanya pada saat ditempurkan akan stabil dan lebih maksimal hasilnya.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Serindit

B. Jenis Pakan untuk Si Mungil

Beragam makanan yang dapat diberikan kepada burung pleci ini bisa divariasikan dan tidak hanya satu jenis saja. Tujuannya tentu saja agar membuat burung pleci ini agar tetap sehat dan bisa menampilkan performa terbaiknya saat bunyi-bunyian dirumah ataupun untuk dilapangan saat digantang di arena kontes.

Pakan buatan

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa pleci akan jauh lebih baik jika selalu diberikan pakan alami. Namun ada kondisi-kondisi tertentu yang membuat pleci mania harus memberikan pakan buatan. Misalnya seorang pemilik adalah seseorang yang super sibuk bekerja dalam kesehariannya, hingga tidak bisa selalu menyediakan pakan alami. Hal itu tentu saja merepotkan, jadi sebagai alternatifnya memberika pakan si mungil kacamata ini menggunakan pakan buatan.

pakan-buatan

Pemberian pakan buatan ini perlu dilakukan dan dibiasakan karena fungsinya tidak hanya sebagai antisipasi akan tetapi dapat juga memenuhi kebutuhan nutrisi si burung pleci. Saat ini, menemukan pakan buatan bukanlah hal yang sulit, sudah banyak berdiri pasar atau kios yang menjual pakan buatan untuk berbagai macam jenis burung, tidak terkecuali pleci.

Pada umumnya pakan buatan yang digunakan untuk jenis burung kecil dibuatnya dalam bentuk campuran biasa (remahan) seperti voer pleci yang halus bukan terbuat dari bentuk pelet, jika teman-teman kicau pleci mania ini ingin meracik dan membuat sendiripun juga bisa dan mudah tentunya. Hal yang terpenting adalah memperhatikan zat dari unsur nabati dan hewani dalam pembuatannya, pemelihara bisa menambahkan madu, kuning telur dan campuran lain seperti (perasan jeruk) yang kaya dengan vitamin C.

Berikut bahan-bahan meracik pakan burung pleci buatan sendiri :

Bahan ;

  • Tepung kacang hijau 100g
  • Kuning telur rebus 1 butir
  • Madu 1 sendok teh
  • Perasan jeruk manis secukupnya

Cara pembuatannya ;

  • Masukan semua bahan kedalam wadah (tempat) misalkan baskom, lalu aduk dengan rata.
  • Campuaran bahan menjadi satu dan diratakan kembali.
  • Bentuk adonan yang rata
  • Langsung adonan siap diberikan

Namun jika anda tidak ingin ribet dan repot untuk meracik pakan buatan sendiri, anda juga bisa langsung memberikan voer yang bagus buat pleci yang dapat anda dapatkan dikios pakan burung terdekat.

Pakan buah-buahan

Pada umumnya burung kecil yang satu ini juga pada habitat asalnya sangat menyukai dengan pakan buah-buahan, jenis buah yang digemarinya adalah pisang yang sudah matang, bisa diberikan pisang kepok kuning ataupun putih, jambu air, jambu batu, serta buah ceri, buah tersebut disarankan untuk diberikan saat perawatan harian saja.

Namun ada pula buah makanan kesukaan pleci yang dapat membuat sikacamata ini lebih bergairah, bertenaga dan lebih mendongkrak birahinya terutama untuk menjelang kontes, buah-buahan yang dapat diberikan antara lain adalah pir dan apel.

Baca selengkapnya :  Harga Terbaru Lovebird Pale Fallow 2020

pakan-alami-pleci

Hal yang menjadi poin utama dalam pemberian buah ini adalah kesegarannya yang cukup baik, jadi yang diberikan pada burung pleci kesayangan anda adalah buah yang masih fresh dan tidak busuk ya !. Dan sebaiknya jangan sampai menginap sibuah ini didalam sangkar burung tersebut, jika diberikan diwaktu pagi hari, lalu kesorean harinya buah harus diganti dengan yang baru, begitu dan seterusnya.

Pakan hidup

Pakan hidup yang baik untuk diberikan kepada burung kacamata ini adalah ulat daun yang masih segar alias masih hidup. Pakan ini akan mudah didapatkan didaerah pedesaan dan dipinggir hutan seperti habitat asalnya, pemberian pakan ini sangatlah dianjurkan untuk meningkatkan insting dan membangun sifat mental tempurnya yang dapat lebih sangat bagus.

Biasanya ulat daun ini tedapat melekat didedaunan pohon yang rindang, jika ulat ini sangat sulit untuk ditemukan, maka alternatifnya adalah ulat hongkong (UH) yang sering dijumpai dikios-kios burung terdekat tempat anda. Dalam pemberian pakan hidup ini juga diperhatikan porsinya, sehari dari pagi, siang dan sore hari dengan jumlah ulat yang diberikan cukup 2 – 3 ekor saja, jangan terlalu berlebihan yang nanti akan berdampak buruk bagi burung anda sendiri.

Kroto segar

Kroto atau telur semut rang-rang salah satu pakan alami yang sangat digemari oleh pleci dihabitat aslinya. Saat pemberiannya kroto yang masih segar sangatlah dianjurkan untuk disantap oleh si mungil ini. Jumlah pemberiannya tidak perlu banyak, cukup secimit dan secuil saja, tidak perlu diberikan setiap hari dikarenakan harganya yang mahal.

Apalagi dikota-kota besar yang mendapatkan pasokannya dari daerah tertentu yang dimana kroto ini termasuk pakan yang sulit ditemukan di perkotaan dan menjadi sangat langka, namun jika stok teman-teman mencukupi untuk kroto ini, boleh diberikan 2-3 hari sekali. Jika memang sangat sulit untuk didapat boleh diberiak 2-3 kali saja dalam seminggu. Manfaat pemberian kroto segar ini bertujuan membantu pleci lebih bergairah dan dapat lebih rajin untuk berkicau tentunya.

Madu

Madu juga menjadi salah satu pakan favorit burung ini, yang diambil dari sari nektar dan bunga, terutama ketika masih berada dialam bebas. Madu memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap dengan kadar gula yang cukup tinggi. Penggunaannya sebagai pakan pleci ini sangatlah dianjurkan karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit.

Serta dapat menghangatkan suhu tubuh dikala musim penghujan, penambah stamina dan mampu menambah tenaga dan gairah burung tersebut untuk dapat berkicau dengan suara yang jernih dan gacor. Namun untuk dapat dikonsumsi, madu yang diberikan bisa dicampur kedalam air minum dan diaduk sampai larut merata, serta dapat juga dioleskan pada buah pisang, apel, pir dan buah-buahan lainnya yang nantinya akan diberikan kepada burung pleci tersebut.

Baca selengkapnya :  Tips Mudah Perawatan Burung Branjangan Agar Cepat Gacor

C. Menjaga kualitas air minum

Salah satu unsur perawatan yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan dalam menjaga kesehatan burung berkicau adalah pemberian air minum yang tepat, baik dan berkulitas tentunya. Air yang diminum oleh burung yang satu ini tidak hanya sebatas ketersediannya didalam sangkar, namun jangan sampai air yang tersedia kotor, harus dipantu kejernihan dan kebersihan air minumnya setiap saat.

minuman harian pleci adalah Air putih yang berkualitas adalah yang berasal dari sumber mata air / sumur yang airnya jernih (bening) dan dimasak hingga mendidih dan matang.

Terkadang kita lupa dan lalai dengan kesibukan sehari-hari yang meninggalkan burung ini disangkar terlalu lama dan tidak kepantau, namun hal penting yang harus diperhatikan juga jangan sampai air minum disangkar burung ini sampai kosong dan kering, yang nantinya dapat membuat pleci kehausan dan dampak buruknya lagi dapat merusak kualitas suara yang dihasilkan burung tersebut akan menjadi serak yang dapat mengganggu kesehatannya juga. Hal itu karena air minum berhubungan langsung dengan proses pencernaan makanan.

Untuk menjaga kondisi pleci agar tetap sehat dalam jangka panjang, menjaga kualitas air minum ini harus diupayakan semaksimal mungkin, berikan air minum yang sudah matang dan dingin, bukan air minum yang masih mentah yang tidak jelas asal usulnya, wadah cepuk air minum juga selalu dijaga kebersihannya, pergantian air minum harus setiap hari pagi dan sore hari. Karena burung kecil ini sangat hobi bolak-balik untuk meminum air, hal yang ditakutkan adalah adanya kontaminasi bakteri dari air minum yang kotor karena tercampur sisa pakan dan menempel diparuhnya.

Kesimpulan : Untuk mencetak burung kacamata yang bisa diikutsertakan dalam kontes (lomba) burung berkicau, para hobiis pleci mania harus memberikan pakan dan minum yang sesuai dengan kebutuhan dan nutrisinya.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar Pakan Dan Minum Untuk Si Mungil Pleci. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.