Burung Derkuku – Habitat, Ciri, Makanan Dan Mitos

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, bagaimana kabarnya para sobat kicau mania ?. Selamat datang kembali di blog resmi kami Kacer.Co.Id. Dan disini kami akan membahas informasi yaitu tentang “Burung Derkuku – Habitat, Ciri, Makanan Dan Mitos” berikut dibawah ini penjelasan lengkapnya :

burung-derkuku

Bagi warga negara asli indonesia, siapa yang tidak kenal dengan burung yang satu ini ?. Burung asli lokal yang sejak dahulu sudah dipelihara oleh kake moyang kita semua sebelum hobi kita menjadi kicau mania, burung jenis apakah itu ?.. Tentunya burung derkuku !.

Apakah perbedaan jenis burung perkutut dan derkuku ?. Burung derkuku termasuk dalam famili Columbidae (jenis merpatian). Yang memiliki dan masih keluarga besar burung merpati (perkutut) yang dimana banyak tersebar diwilayah Asia Tenggara sampai Australia. Sampai saat ini, tercatat ada 41 species yang menjadi anggotanya dan 18 spesies diantaranya terdapat di indonesia. Streptopelia yang hidup di Indonesia ada dua jenis yaitu : streptopelia bitorquata (Putar) dan chinensis (Derkuku).

Mengenal Lebih Dekat Burung Derkuku Di Indonesia


Jenis Dan Habitat

  • Geopelia Striata Striata : Yaitu jenis burung yang tergolong dalam derkuku lokal dan bangkok, habitat aslinya banyak dijumpai dipulau jawa, bali dan sumatera.
  • Geopelia Striata Mangeus : Yang dikenal sebagai derkuku bali atau sumba, habitat asalnya dari pulau lombok, sumba, sumbawa dan Timor.
  • Sepasang Diamond Dove alias Geopelia Cuneata.
  • Geopelia Striata Audacis : Burung derkuku yang habitatnya aslinya ada dipulau kei dan tanimbar.
  • Geopelia Striata Papua : derkuku yang berasal dari papua, dan papua new ginea.
  • Geopelia Striata Placida : burung derkuku yang habitat aslinya berasal dari papua dan australia.
  • Geopelia Striata Tranquila : derkuku yang berasal dari australia tengah.
  • Geopelia Striata Clelaudi : burung jenis derkuku ini yang habitat asalnya dari australia barat.

Ciri-Ciri Derduku

Derkuku Jantan

  • Tulang supitnya rapat menggapit, cenderung keras dan kaku.
  • Kaki sang jantan biasanya lebih kekar, kasar dan sisiknya lebih ketara.
  • Bentuk kepala jantan biasanya lebih gagah.
  • Postur bulu di tubuhnya terlihat agak gelap.
Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Cucak Rawis, Makanan, Harga, Suara

Derkuku Betina

  • Supit betina lebih lunak, renggang dan cenderung lebih lentur.
  • Untuk bentuk kakinya lebih terlihat halus.

Makanan Yang dibutuhkan

Makanan utama (pokok) burung derkuku ini adalah biji-bijian. Jenis biji yang paling disukai yang menjadi makanan di alam liarnya antara lain : gabah, jagung, kacang hijau, dan otek.

Untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh burung ini, agar tetap sehat dan rajin berkicau tentunya anda dapat memberikan bahan makanan olahan yang terdiri dari beberapa jenis diantaranya : ketan hitam, beras merah, gabah lampung, biji kenari (Cannary Seed), kacang hijau, jewawut (milet) dan godem.

Keunggulan Dan Kelemahan

Kelebihan dari burung ini, untuk kicauan suaranya dimiliki sangatlah merdu dan banyak diminati oleh para penghobi burung kicau senior tentunya. Namun belakangan ini juga tidak sedikit penggemar dari burung ini, yang sekarang menambah luas kepopulerannya dikalangan kicau mania.

Adapun kelemahan dari burung derkuku ini, yang dimana produktifitas derkuku diwaktu musim penghujan dapat mengalami penurunan. Yang dikarenakn burung ini sangat rentan dengan keadaan lingkungan dan perubahan cuaca ekstrem yang bersuhu dingin. Memerlukan perawatan yang agak rumit.

Tips Merawat Burung Derkuku

Tempatkan pada kandang yang luas, namun juga disarankan untuk merawat burun yang satu ini harus lebih bersabar, tekun, dan telaten yang dilandasi oleh rasa kasih dan sayang tentunya agar burung merasakan kenyamanan yang diberikan oleh pemiliknya dan bisa menjadi burung gacor dan juara nantinya. Namun sesering kali anda juga harus selalu memperhatikan kesehatan fisik dan mental burung ini agar bisa sesuai dengan yang diharapkan.

mitos-burung-derkuku

Mitos yang beredar

Burung derkuku menurut sudut pandang orang jawa kuno, dan sesepuh sebelumnya banyak memiliki arti dan makna, bukan hanya sekedar burung peliharaan atau burung kicauan seperti burung ocehan lainnya. Namun ada sisi dibalik nalar yang tidak bisa jelaskan dengan teori sesungguhnya.

Baca selengkapnya :  Jenis Kacer Terbaik Yang Bagus Untuk Lomba

Banyak keistimewaan yang dimiliki oleh burung jenis derkuku ini, bagi yang mempercayai dengan mitos dan keyakinannya masing-masing, yang dimana banyak orang menganggap burung ini memiliki kekuatan ghoib dan dapat memberikan wejangan tersendiri bagi pemiliknya. Burung derkuku ini dipercaya dapat memberikan banyak rejeki yang memudahkan dan memperlancar dalam berusaha dan mencari rezeki. Namun burung ini juga sebagai simbol kedamaian dan kerukunan bagi tuan rumah atau pemiliknya jika burung ini sering berkicau gacor dengan suara yang merdu.

Tidak hanya itu saja, ada tidak sedikit orang yang mempercayai burung ini dapat menangkal tolak bala dan sebagai penjaga rumah dari kejahatan orang yang ingin niat buruk kepada pemilik rumah, seperti menolak santet / teluh kiriman orang dari jarak jauh. Namun ini semuanya hanyalah mitos yang beredar dikalangan masyarat zaman dahulu !. Dan semuanya dikembalikan lagi pada iman dan kepercayaan masing-masing dalam merawat burung derkuku ini.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar burung derkuku. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.