Makanan Lovebird Biar Gacor Dan Ngekek Panjang

Diposting pada

Banyak para hobiis kicau mania khususnya penggemar burung cinta ini masih kebingungan tentang pemberian makanan yang cocok dan baik untuk burung gacoan peliharaannya agar selalu sehat dan bisa mengeluarkan suara ngekek panjangnya. Namun tidak sedikit yang mengetahuinya.

Pakan yang harus selalu diberikan kepada burung love bird kesayangan anda haruslah yang berkualitas baik tentunya, ada dua jenis makanan yang rutin diberikan dalam perawatan sehari-hari dan menjelang kontes, yaitu pakan utama dan extra fooding (EF). Berikut penjelasan selengkapnya :

Makanan-Lovebird-Biar-Gacor

Pakan berkualitas untuk burung cinta yang harus anda ketahui


A. Pakan Utama Harian Burung Love Bird

Burung yang satu ini tergolong jenis burung berparuh bengkok dan Lovebird termasuk burung kicau yang relatif mudah dalam pemberian pakannya. Pada perawatan rutin, lovebird dapat hanya diberikan pakan biji-bijian berupa milet putih tanpa pemberian pakan hidup seperti jangkrik, kroto ataupun ulat hongkong.

Meskipun sama-sama milet, dalam pemberian milet yang berbeda dapat mempengaruhi dan memberikan efek yang berbeda pula kepada masing-masing burung. Apabila pakan milet yang diberikan kepada burung love bird anda tidak cocok maka justru malah menyebabkan menurunnya performa dan penampilan burung tersebut, penanganannya harus segera mengganti jenis dan merk yang berbeda hingga ditemukan pakan yang tepat untuk dapat digunakan sebagai makanan hariannya.

Adapun jika anda ingin membuat pakan milet racikan sendiri juga sangat dianjurkan, yang pastinya anda akan memberikan bahan-bahan yang lebih berkualitas baik dalam pembuatannya.

Selain pakan, air minum juga harus disiapkan dan harus selalu diperhatikan untuk setiap harinya dalam pemeliharaan burung ini. Air minum yang digunakan untuk burung yang satu ini wajib menggunakan air yang sudah dimasak (matang) yang lebih aman, dan bukan air mentah yang banyak mengandung logam berbahaya yang terkandung didalam airnya.

Baca selengkapnya :  3 Jenis Burung Murai Batu Borneo Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Tujuannya, untuk menjaga kesehatan burung lovebird agar dapat terhindar dari segala serangan penyakit yang tidak diinginkan, baik bakteri, kuman, virus dan parasit lainnya yang akan mengganggu performa penampilan burung lovebird anda.

B. Extra Fooding

Selain milet putih, lovebird dapat juga diberikan extra fooding berupa sayur-sayuran, seperti batang kangkung, jagung muda, mentimun, kacang panjang ataupun bayam. Disarankan dalam pemberian sayur ini harus selalu fresh dan masih segar. Berikan sesuai dengan kebiasannya, dengan cara dipotong-potong kecil ataupun langsung digantung di dalam sangkarnya agar burung dapat memakannya sendiri dengan cara masing-masing.

pakan-utama-harian-dan-extra-fooding

Setiap lovebird memiliki kecocokan dan kesukaan yang berbeda-beda dalam menyukai jenis sayuran yang paling menjadi favorit bagi dirinya. Namun anda sebagai pemiliknya harus dapat menganalisa jenis sayuran apa yang sangat disukai oleh burung kesayangan anda, oleh karena itu extra fooding harus dicobain satu-persatu, sampai menemukan yang cocok untuk setiap lovebird terhadap salah satu jenis sayuran nya, namun dilihat juga hasil performa kualitas suara dan gayanya setelah diberikan sayuran extra fooding tersebut.

Vitamin dan Suplemen termasuk golongan asupan tambahan yang pasti dibutuhkan oleh setiap jenis burung khususnya untuk burung love bird. Ada banyak jenis vitamin yang dijual dipasaran yang dapat diberikan kepada burung gacoan anda. Namun berdasarkan pengalaman kami khusus untuk pemeliharaan burung cinta ini, memiliki pandangan tersendiri terhadap vitamin dan suplemen yang ada.

Dalam pemberian vitamin ataupun suplemen bagi burung lovebird ini hanya menjadi solusi jangka pendek saja, yaitu untuk meningkatkan performa lovebird saat diikutsertakan dalam ajang kontes dilapangan. Namun hal yang ditakuti dari efek yang jika terlalu sering menggunakannya dalam jangka panjang justru dapat berpotensi merusak burung (kinerja burung akan turun dan kendor hingga tidak bisa dikonteskan kembali).

Baca selengkapnya :  Inilah Rahasia Makanan Terbaik Untuk Burung Kacer Juara

Namun apabila anda ingin menggunakan vitamin atau suplemen, kami menyarankan untuk menggunakan jenis produk dari biojanna yang diproduksi resmi dari BnR karena menggunakan bahan-bahan alami probiotik sehingga tidak memberikan efek samping yang buruk kepada burung kesayangan anda.

Demikian Penjelasan singkat yang dapat kami berikan seputar Makanan Lovebird Biar Gacor Dan Ngekek Panjang. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.