Mengenal Ciri Burung Pleci Lombok Dengan Mudah

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, Apa kabar, sobat kicau semua!. Mudah-mudahan selalu diberikan kesehatan, dan tetap semangat menjalankan rutinitas sehari-hari, masih disini di website resmi Kacer.Co.Id yang tiada lelah dan tanpa henti untuk saling berbagi informasi, tips seputar dunia burung kicau.

Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas tentang burung pleci simungil Kacamata dan bagaimana cara mudah agar dapat mengenali ciri burung pleci lombok, dengan jenis lainnya agar sobat lainnya tidak salah pilih.

Khusus untuk (pleman) pleci mania, ataupun para penghobi burung pleci dimanapun, sebelum kita memilih jenis pleci, setidaknya kita harus mengetahui asal usul si burung tersebut, apa keistimewaan yang dimiliki, kelebihan dan keurannya tentunya. Namun dari beberapa sebagaian kalangan justru tidak terlalu memikirkan hal ini, oleh karena itu disini akan kita bahas secara lengkap sepak terjang dari jenis pleci lombok yang dapat temen-temen simak ulasannya dibawah ini :

Mengetahui Keistimewaan Burung Jenis Pleci Yang Berasal Dari Lombok


Perbedaan Ciri Si Kacamata Lombok dan Dakun Bali

Namun apa perbedaan yang mendetail antara pleci jenis lombok dan pleci dakun bali?. Memang jika dilihat sekilas dari kedua jenis ini hampir sulit dibedakan, namun apa bila anda perhatikan dengan seksama dan teliti pasti berbeda, dari postur fisik, karakter dan suara kicauannya yang memiliki ciri yang berbeda.

Untuk membedakan ciri burung pleci lombok ini sangatlah mudah, keunikan atau ciri khas yang dimiliki oleh jenis pleci lombok ini yang dimana memiliki lingkar mata putihnya yang sangat jelas dan tebal, berbeda dengan warna mata pada pleci jenis lain pada umumnya. Bentuk tubuhnya lebih proporsional berbadan besar dan panjang.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Lovebird Mocca Beserta Harganya

burung-pleci-lombok

Karakter pleci lombok

Untuk sifat dasar setiap jenis burung pleci adalah tergolong jenis koloni yang senang sekali dalam berkelompok, dan berpindah-pindah tempat bersamaan (hidup bergerombolan) sesama jenis pleci lainnya. Namun ciri khusus yang lebih menonjol pada burung pleci khususnya yang berasal dari lombok ini dari nada suara yang dimana jika didengarkan secara jelas dapat mengeluarkan suara lagu seperti memanggil dan mendecik seperti anak ayam Cik.. cik cik.

Untuk karakter volume suara yang dihasilkan jauh lebih kencang, dan patah-patah. Sangat mudah sekali untuk terpancing dalam menirukan suara ocehan jenis burung lainnya, termasuk burung pintar. Namun tidak itu saja untuk mental yang dimiliki oleh burung ini sangat baik dan mudah beradaptasi dengan cepat dimanapun berada. Dan sudah terbukti banyak pleman yang menjadikan burung jenis ini sebagai burung jagoannya untuk dapat mengikuti kontes di arena lomba.

Makanan yang disukai

Untuk setiap jenis burung pleci mungkin sama ya, untuk memberikan pakan tentu haruslah makanan yang berkualitas baik yang banyak mengandung gizi, vitamin dan mineral, agar bertujuan mencukupi kebutuhan si burung kecil Kacamata tersebut agar sehat dan rajin berkicau setiap harinya.

Memang ada banyak jenis buah yang disukai jenis pleci, seperti pepaya, pear, apel, jeruk dan lainnya namun berbeda halnya dengan jenis pleci lombok ini yang terkadang lebih memilih buah mana yang dipaling disukainya ?.

Menurut pengalaman dan pengamatan yang sudah saya alami, burung jenis pleci lombok ini sangat lebih menyukai buah pisang diantara jenis buah lainnya, dan anda bisa memberikannya seperti buah pisang kepok putih yang berukuran kecil yang sudah matang, dan dikombinasi dengan voer halus yang dipisahkan di wadah cepuk tersendiri.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Mastering Burung Murai Batu Agar Isian Cepat Masuk

jenis-pleci-lombok

Harga pleci jenis lombok

Untuk jenis pleci lombok ini memang sudah tidak heran lagi, dan sudah banyak yang mengakui kelebihan dan keistimewaan yang dimilikinya oleh kalangan kicau mania, dengan dimana yang akhirnya mempengaruhi nilai atau harga jual dipasaran yang tergolong tinggi.

Tentunya dikarenakan, dengan banyaknya peminat dan pemain burung lapangan pleman ini yang menggunakan jenis burung ini, dan dapat merawatnya dengan baik, mencetak burung juara dan dapat berprestasi dan mampu bersaing di kelas bergengsi pada gantangan burung ocehan lainnya. Sekitar di tahun 2006 burung ini sudah mulai merambah dan banyak perkembangan, dengan sepak terjangnya yang sangat cepat mendongkrak dan banyak sekali menghadirkan penghobi-penghobi pemula burung pleci yang sangat luar biasa.

Untuk bajet harga pleci lombok dipasaran saat ini, berkisar antara 150 sampai 200 ribuan sob. Dan itu untuk burung yang masih belum jadi, atau bisa dibilang masih dalam kategori bahan, yang harus ekstra dalam perawatannya, namun berbeda dengan kondisi burung yang sudah gacor ataupun sudah bukpar, tentu harga jualnya bisa lebih diatas itu tentunya.

Demikian informasi yang dapat kami share sesuai fakta dilapangan serta pengalaman yang sudah kami alami, yang kiranya dapat menambahkan pengetahuan temen-temen kicau semua tentang jenis burung pleci lombok. Terima kasih , semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :

Mengenal Burung Pleci Buxtoni

Cara Memilih Pleci Untuk Kontes

Perawatan Pleci Mabung