Mengenal lomba burung lovebird

Diposting pada

Event kontes burung berkicau saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi para penggemarnya, saat ini menjadi parameter semangat pada penghobi burung berkicau untuk memiliki, merawatnya dan sukses mencetak lovebird gacoannya agar menjadi juara lomba.

Lomba burung kicau diberbagai kalangan baik penghobi lama maupun penghobi yang baru dari kalangan bawah hingga kalangan atas pun telah bermunculan saat ini sudah menjadi keluarga sendiri.

Sebelum kita mengikuti kontes – lomba lovebird ada baiknya kita harus mengenal dan mematuhi segala peraturan yang ada dilapangan sesuai standarisasi dari masing-masing juri baik juri independent maupun juri nasional.

Kontes Kicau Burung Cinta

Kategori Lomba : Yaitu kategori dalam hal suara dan ketegori penampilan.

1. Kategori Suara

Pada awalnya hanya memiliki satu kelas saja, untuk kelas dewasa, seiring peminat / penghobi makin bertambah banyak volume. Kelas Balibu ini adalah kelas burung LB anakan yang dapat diikut sertakan jika lb masih balita / dibawah umur 5 bulan, kelas ini bertujuan untuk melatih mental anakan lb untuk terbiasa di arena lapangan yang dimana anakan lb yang memiliki mental dan bakat yang baik.Namun dikelas baby ini,

Pada kelas ini ; Lovebird dengan tidak berpacu dengan umur, maksudnya umur berapa saja baik lb yang belum mapan sampai lb yang sudah mapan boleh di ikutsertakan untuk ajang kontes lomba ini.Selain dari kualitas, penampilan, gaya, durasi kerja, intensitas kicau – penilaian pada kelas dewasa ini juga meliputi perilaku lb saat diarena kontes pada saat berbunyi. Penilaian akan menjadi maksimal apabila LB lebih anteng di satu titik / nagen di tangkringan dengan mengeluar isian dan ekekekekeke dengan durasi yang panjang.
Action-Free Class (kelas LB Bebas Aksi)

Baca selengkapnya :  Tips Atasi Murai Batu Kurang Bergairah

Kelas bebas aksi ini hampir mirip dengan kelas LB Dewasa, perbedaan yang lebih signifikan dikelas ini tidak lebih menghiraukan perilaku dan tingkah laku LB.Contoh: Jika lovebird sering jeruji dan agak sedikit nakal lompat sana-sani tidak bisa diam, akan tetapi durasi kicau dan intensitas ekekekeke (ngekek) kerja, masih dapat hitung penilaian dengan maksimal.

Kategori Penampilan (Beauty Contest)
Penampilan kelas ini sangat berbeda dengan kelas yang pada umumnya, biasanya yang dinilai adalah kicau durasi kerja suara isian / (ngekeknya) , namun dikelas ini hanya penampilan yang dinilainya.

2. Tingkatan Lomba

Ada banyak macam dan level lomba :

kontes-lovebird

Latihan Bersama (LATBER)

Latber / Latihan bersama sangatlah baik bagi pemula untuk memperkenalkan burung peliharaannya di arena lapangan, yang sering diikuti oleh para pemula dan profesional sekalipun. Hadiah dari kelas latberan ini tergantung dari penyelenggara masing-masing daerah anda, ada yang mendapatkan piagam (sertifikat) dan uang pembinaan, dan bahkan terkadang ada juga yang mendapatkan tropi / piala.

Latihan Prestasi (LATPRES)

Latpres adalah latihan prestasi untuk semua jenis burung kicau khususnya untuk burung yang memiliki mental dan materi yang baik dikelasnya, kelas Latpres lebih berat satu tingkatan dibandingkan latberan. Dan biasanya harga kupon latpres jauh lebih mahal dibandingkan kupon latberan, namun untuk hadiahnya lebih mewah.

Latpres Ekslusif

Kelas Ekslusif ini masih diatas kelas latpres dan hampir satu level dengan kelas regional – untuk harga tiket bisa lebih mahal dibandikan kelas latber dan latpres, hadiahnya berupa piala (tropy), uang pembinaan, dan sertifikat.

Lomba Lokal

Kelas lokal hampir sama-dengan kelas-kelas seperti latpres dan ekslusif, namun biasanya untuk penjurian diikut sertakan dengan juri independent lokal, dan untuk hadiahnya berupa piala (tropy), uang pembinaan, dan sertifikat.

Baca selengkapnya :  Persiapan Sangkar Burung Kicau Beserta Kelengkapannya

Lomba Regional

Untuk kontes burung lomba regional ini biasanya membawa brand (CUP) dibelakangnya yang dimana membawahi nama event tersebut , sebagai sponsor / instansi atau perusahaan tersebut yang mensuport jalannya kontes.

Lomba Nasional
Contoh kecilnya adalah pada even presiden cup yang sebelumnya pernah digelar. Untuk biaya memesan tiketnya sangat mahal sampai dengan jutaan rupiah, akan tetapi doorprize dan hadiahnya juga menyesuaikan dan sangat mewah tentunya.

3. Syarat-syarat Mengikuti lomba

  • Melakukan pendaftaran / membeli tiket atau nomor gantangan.
  • Adapun jika tiket yang sudah anda beli tidak bisa dikembalikan lagi.
  • Memberikan tiket untuk ke panitia lapangan, saat memasuki arena gantangan.
  • Untuk mengikuti kelas SF dan BC – Tiket tidak boleh ada coretan sedikitpun.
  • Pemilik burung dilarang berteriak menyebut – nyebut no. gantangan saat lomba berlangsung / saat penilaian juri.

Demikan info yang dapat kami berikan, setidaknya dapat membantu menambah wawasan teman-teman kicau semuanya baik yang pemula hingga pemain lama, agar dapat bermanfaat. Terima kasih.

Baca artikel lainnya :

√ Cara Mudah Membuat Racikan Pakan Milet Untuk Lovebird Juara
√ Cara Mudah Membuat Pakan Racikan Jamu Lovebird Konslet
√ Makanan Lovebird Biar Gacor Dan Ngekek Panjang
√ Cara Memilih Lovebird Calon Juara