Cara Mudah Ternak Cucak Jenggot Supaya Cepat Hasil

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini situs resmi Kacer.Co.Id kembali memberikan informasi seputar burung kicau yang terupdate dan teraktual saat ini, pokok bahasan kali ini adalah ternak cucak jenggot, yang dimana tren dan kepopulerannya sedang naik daun dan banyak dicari-cari keberadaannya oleh para kicau mania di indonesia.

Trik Sederhana Budidaya Burung Cucak Jenggot Agar Sukses


Burung yang satu ini meupakan tergolong burung cucak- cucakan yang kerap dilombakan sebab suaranya yang khas alhasil kerap kali diucap pula bagaikan burung festival, tetapi tidak cuma dijadikan bagaikan burung arena, burung yang satu ini pula banyak dicari para penghobi burung kicauan buat dijadikan selaku burung masteran andalan. Buat ketenaran yang besar menghasilkan probabilitas peliharaan burung cucuk jenggot mulai banyak dijalani oleh banyak orang.

Ketentuan awal yang wajib dipadati dalam budidaya burung cucak jenggot ini merupakan, penentuan pendamping ataupun indukkan burung yang berkulitas bagus. Setelah itu kandang yang bagus pula wajib direncanakan, dilanjutkan dengan penjodohan, kemudian pemeliharaan sepanjang berternak, pemeliharaan kandang, serta pemeliharaan anak burung sehabis menetas, yuk langsung aja simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Menyiapkan Kandang piaraan Yang Ideal

Serupa perihalnya dengan panduan ternak burung yang lain kamu cuma butuh mencermati kesiapan petarangan serta kandang buat cara peliharaan. Nilai berarti yang butuh dicermati buat bisa mensukseskan cara peliharaan burung Cucak Brewok merupakan memilah posisi petarangan yang pas. Petarangan dengan dimensi yang standart serta lumayan wajib diletakkan pada posisi yang jauh dari kemeriahan dan bisa menjadikannya dalam situasi senantiasa hening jauh dari suara suara semacam berisik alat transportasi serta lain serupanya.

Baca selengkapnya :  Memahami Karakter Lovebird Pasbir Beserta Harga Terbaru 2020

Dalam memastikan serta memilah konsep kandang yang pas pula jadi salah satu determinan kesuksesan ataupun tidaknya budidaya ini. Dimana dimensi kandang yang biasa dipakai merupakan 150 centimeter luas, 200 centimeter besar serta 150 centimeter jauh, bila anda mempunyai tanah yang lumayan besar. Serta maanfaatkan dimensi kandang dekat 1 meter x 180 centimeter x 1 meter, buat tanah yang kira- kira kecil, jadi tidak terdapat masalah dalam memastikan dimensi kandang, sebab burung yang satu ini amatlah gampang serta kilat menyesuaikan diri meski dengan berbabgai dimensi kandang yang kamu sudah sediakan.

Memilih Indukan Cucak janggut Yang Bermutu Baik

Dalam memastikan indukan yang hendak di peliharaan merupakan perihal terutama serta butuh dicermati dalam panduan peliharaan Cucak Jenggot merupakan memilah indukan yang bermutu serta sedia berbaur. Indukan kukila cucak brewok yang bermutu umumnya nampak dari situasi segar raga tanpa cacat apapun, gacor ataupun kerap bersenandung, jinak, serta pastinya dalam umur yang lumayan.

Buat burung Cucak Brewok jantan umur yang sedia buat dikawinkan ketikan masuk pada baya diatas 1 tahun serta betinanya pada baya minimun 8 bulan. Indukan yang bermutu pula wajib memperoleh metode menjaga burung cucak jenggot yang bagus serta betul.

indukan-cucak-jenggot

Cara Perjodohan

Memasangkan burung memanglah tidak susah. Tetapi, sering- kali menginginkan durasi yang tidak sedikit. Penjodohan Cucak Jenggot diawali dengan mendekatkan benih jantan serta benih betina dalam jebakan yang berlainan. Sehabis burung nampak bersahabat serta mulai terbiasa kamu dapat memasukkan benih betina terlebih dulu ke dalam kandang peliharaan sambil senantiasa mendekatkan burung jantan.

Sehabis burung betina nampak terbiasa serta telah menyesuaikan diri dengan area barunya, kemudian kamu masukkan burung jantan. Umumnya cara penjodohan menyantap durasi 2 sampai 3 minggu. Untuk kamu yang tidak mau repot atau sulit serta tidak adem menunggu, dengan gampang kamu dapat langsung membeli sejodoh indukan. Tetapi butuh kamu tahu kalau sering- kali biayanya bukanlah ekonomis.

Baca selengkapnya :  Ciri Dan Harga Murai Batu Bahorok Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Pemberian Pakan Yang Pas Serta Berkualitas

Sepanjang cara pembiakan, santapan hendak memainkan andil berarti dalam tingkatkan berahi ataupun birahi kukila supaya mereka ingin berbaur serta menelur. Pada biasanya santapan penting senantiasa berbentuk voer yang berprotein dengan isi 12% sampai 18%.

Berikutnya, janganlah kurang ingat mempersiapkan buah- buahan fresh semacam buah pepaya, buah pisang, tomat, apel, ataupun buah pir. Buah- buahan merupakan pangkal nutrisi yang bisa tingkatkan mutu telur serta anak dari burung itu.

Pakan ekstra yang bagus berbentuk jangkrik ialah salah satu pakan serangga yang dapat tingkatkan berahi ataupun birahi alhasil burung hendak lebih gampang buat kawin serta menelur. Tidak hanya membagikan santapan ekstra berbentuk jangkrik, kamu pula dapat membagikan binatang- binatang lain semacam belalang, larva hongkong serta kroto.

Cara Inkubasi Telur Serta Meloloh Anakan

Sehabis burung menelur, benih Burung Cucak Jenggot hendak mengerami telurnya sampai meretas. Sehabis itu, kamu dapat membiarkan burung betina menjaga buah hatinya. Sehabis 10- 15 hari, kamu dapat menuai burung itu. Tetapi bila kamu membutuhkan, kamu pula dapat mempertahankannya sampai sepanjang 1 bulan.

anakan-cucak-jenggot

Meloloh anak burung dapat memakai voer yang telah dilarukan memakai air hangat. Berhati- hatilah dikala meloloh burung supaya burung tidak belepotan alhasil mulutnya kotor serta gampang mengundang kuman. Tidak hanya meloloh memakai voer kamu pula dapat membagikan santapan ekstra berbentuk jangkrik yang telah dipotong- potong dalam dimensi kecil alhasil gampang di cerna. Berikutnya, dikala burung berumur separuh bulan, burung telah sedia buat diserahkan setingan setiap hari, serta pemeliharaan semacam umumnya.

Sebagian penggemar burung itu melaksanakan cara peliharaan buat memperoleh burung dengan mutu suara yang bagus semenjak dari anakan. Untuk para pemula ataupun mereka yang telah mengeluti peliharaan burung Cucak janggut itu, selanjutnya ini sebagian panduan peliharaan Cucak Jenggot cara ternak bisa berjalan berhasil.

Baca selengkapnya :  Cara Mengatasi Burung Kacer Giras Dengan Mudah

Baca juga : Inilah Keistimewaan Burung Cucak Jenggot