Cara Memilih Pleci Untuk Kontes

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, bagaimana kabarnya sedulur kicau mania semuanya..?. mudah mudahan pade sehat semuanya ye ..!. Ammin. Kali ini kembali lagi situs resmi Kacer.Co.Id dengan saya yang akan berbagi tips dan pengalaman tentang bagaimana cara memilih pleci untuk kontes dengan mudah.

Banyak sekali pertanyaan teman-teman kicau yang membahas bagaimana sih cara memilih burung pleci yang dapat dijadikan sebagai burung gacoran di rumah maupun di gantangan ?. Maka dari itu kita akan kupas abis dipembahasan kali ini.

Dalam memilih jenis burung pleci yang ingin dijadikan sebagai burung kontes, dengan harapan dapat dicetak sebagai juara lapangan. Tentu bukanlah hal yang asal sembarangan memilihnya, karena ada beberapa kriteria yang dapat anda jadikan sebagai parameter untuk dipilih sebagaih burung rawatan gacoannya.

Terkait dengan asal burung pleci didatangkan misalkan dari daerah jawa, banjar, sumatra atau yang lainnya hal ini tidak bisa dijadikan sebagai patokan untuk anda memilih burung yang benar-benar memiliki kualitas. Dari manapun jenis asalnya burung ini masing-masing memang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Namun hal yang paling terpenting dan utama saat memilih burung adalah memahami kriteria burung yang dianggap baik dan memiliki prospek untuk dijadikan sebagai burung gantangan dilapangan yang mempunyai mental baik, siap tempur dan jadi juara tentunya. Penasaran ?. Yuk simak sampai habis ulasan selengkapnya dibawah ini biar jelas dan tidak gagal paham :

Trik mencari burung pleci yang baik untuk gacoan lapangan


Jenis Pleci Harus Jantan

Hal yang pertama ini pilihlah burung pleci yang memiliki jenis kelamin jantan karena pastinya memiliki suara yang kencang dan dapat bervariasi dengan mengeluarkan isian-isian burung ocehan lainnya, karena sangat mudah untuk dimasteri.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Dan Habitat Burung Flamingo

pleci-jantan

Bentuk Body Yang Besar Dan Bagus

Jika dilihat dari bentuk tubuh, secara fisik dari burung yang anda pilih haruslah yang memiliki postur yang besar serta ideal yang dapat mempersentasikan dari suara yang dihasilkan nantinya akan lebih maksimal.

Dengan cara ini dapat untuk dijadikan tolak ukur, dengan tubuh yang dilihat proforsional bagus, gagah serta badan dan leher yang terlihat panjang, saat posisi berdiri selalu tegak yang menandakan burung ini memiliki mental yang baik dan sangat mudah untuk menjalani pelatihan dan perawatan kontes selanjutnya.

Fisik Sempurna

Ada baiknya anda memilih burung yang memiliki fisik yang sempurna atau tidak membeli burung yang cacat, jangan terburu-buru dalam memilih. Perhatikan terlebih dahulu dari bentuk kaki, mata, kepala, bandan dan bulunya. Jika masuk dengan kriteria sempurna baru boleh point ini anda masukan dalam salah satu kategorinya.

Anda harus mengetahui, bahwa burung yang memiliki fisik cacat dapat mengurangi gaya penampilannya saat digantang di arena kontes walaupun burung tersebut memiliki suara kicauan yang mewah sekalipun.

Terpantau sering berkicau (gacor)

Pilihlah burung pleci yang sudah rajin berbunyi jika di pancing dengan suara sesama jenis pleci lainnya, maka burung ini akan cepat meresponnya dengan balasan suara kicauan. Untuk memancing burung bersuara dapat menggunakan burung pleci asli maupun suara audio mp3 tetep langsung nyaut.

Dengan kondisi seperti itu adalah salah satu harapan yang baik dan masuk dalam kategori pemilihan yang tepat untuk pleci yang tergolong prospekan dengan memiliki mental sangat bagus.

Volume Suara

Apabila memungkinkan, dengarkanlah terlebih dahulu suara kicauannya, jika siburung memiliki volume suara kicauannya yang diatas rata-rata dengan mengeluarkan suara yang sangat keras dan terdengar ditelinga kita pada posisi minimal dengan jarak kurang lebih sekitar 10 meteran masih terdengar jelas. Maka inilah burung yang memiliki kualitas kicauannya yang tembus dan perlu diperhitungkan oleh semua juri dalam penilaiannya.

Baca selengkapnya :  Cara Memberikan Isian Masteran Burung Yang Baik Dan Benar

pleci-kontes

Usia Burung

Jangan memilih burung yang masih terlalu muda, laulu utamakanlah yang sudah dewasa. Umur pada jenis burung pleci ini sangatlah mempengaruhi kualitas suaranya, baik itu mental tempurnya serta penampilannya. Untuk memilih burung pleci siapan gacoan kontes ini haruslah memilih yang sudah memiliki umur yang mapan dewasa.

Nah kenapa harus memilih burung ini dengan umur yang sudah dewasa?. bukan yang masih mudah ?. Berikut analisa yang bisa kami jelaskan secara akal sehat utuk pleci mania semuanya :

  • Secara fisik daya tahan tubuh lebih kuat.
  • Otomatis memiliki suara yang keras dan lantang.
  • Mampu menerima pelatihan yang diberikan rawatan harian dengan mampu dengan mudah cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
  • Dengan cepatnya beradaptasi, maka dengan sendirinya si burung ini akan sering dan rajin untuk berkicau.
  • Sudah jelas memiliki mental yang lebih unggul dari pada yang masih muda.
  • Jenis variasi suara kicauannya pasti lebih banyak dan sudah berpengalaman dari yang muda.

Dan ini sudah menjadi hukum alam yang dimana kedewasaan setiap jenis burunglah pasti akan mempengaruhi naluri sebagai penghuni alam liarnya dan dapat menjadi pemimpin baik untuk burung single fighter maupun untuk koloni sekalipun.

Namun bagaimana cara membedakan usia muda ataupun tua untuk jenis pleci ini ?. Memang tidaklah mudah untuk membedakannya namun bukan berarti tidak bisa!. Pada umumnya burung yang masih muda adalah burung yang memiliki usia / umur yang masih dibawah 6 bulan. Dan masa sudah beranjak dewasa siburung ini di usia ke 8 bulan, dapat dikategorikan sudah cukup dan baik untuk di berikan perawatan yang dapat menyiapkan burung ini ke arena kontes.

Tips membedakan usia pleci muda dan dewasa

Ciri Pleci yang masih mudah

  • Badannya terlihat lebih kecil
  • Mata berwarna cokelat muda
  • Warna bulu masih kusam dan belum mabung pertama, terlihat kurang cerah dan licin seperti berminyak.
  • Suara monoton dengan volume yang masih kecil
  • Gerakan burung kurang begitu lincah
  • Bagian dalam paruh burungnya masih terlihat berwarna bening atau putih susu
Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Kacer Dada Hitam, Beserta Harganya

Ciri Pleci yang sudah dewasa

  • Badan terlihat besar
  • Warna mata berwarna lebih pekat cokelat tua
  • Bulu terlihat jauh leih kering
  • Kaki terlihat berwarna hitam dan kering
  • Suaranya terdengar jelas apabila nembak mengeluarkan suara vokal yang kencang
  • Gerakan aktifitasnya jauh lebih agresif dan lincah
  • Untuk bagian dalam paruhnya berwarna kehitam-hitaman.

Dari berbagai pengalaman dulur khusus pleci mania, disini dapat kita tarik kesimpulan bahwa burung yang baik untuk dapat dijadikan sebagai burung kontes adalah burung yang sudah dewasa usia (mapan) dan memiliki vokal yang tembus, bukpar (buka paruh) serta isiannya full banyak variasi tentunya.

Saat dilombakan diarena kontes diharapkan dapat bersaing dengan kompetitor musuh lainnya yang akhirnya akan mendapatkan juara yang sesuai dengan kemampuan burung yang gacoan yang anda miliki. Namun jangan lupa apabila siburung kacamata (pleci) kesayangan anda sudah mendulang prestasi berikan hadiah istimewa dengan menempatkan / memindahkannya ke kandang khusus untuk kontes agar terlihat lebih sempurna.

kandang-pleci-kontes

Demikian informasi yang dapat kami berikan, kiranya sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan yang bisa dibuktikan secara logika yang dapat anda jadikan sebagai bahan acuan untuk mencetak burung pleci kontes agar menjadi juara. Semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya :