Mengenal Burung Pleci Buxtoni – Harga, Suara, Setingan

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, apa kabarnya nich para sobat kicau semuanye..!, insya allah selalu diberikan kesehatan dan dijauhkan dari bala penyakit covid-19 yang sedang mewabah di negara indonesia kita ini ye. Ammin..

Kembali lagi bersama situs resmi Kacer.Co.Id yang dimana kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mudah untuk mengenali burung pleci buxtoni baik itu dari ciri-ciri khusus, harga, suara berikut dengan setingan atau rawatan yang dapat anda jadikan sebagai acuan untuk dapat dijadikan sebagai bahan referensi tentunya.

Burung kecil nan mempesona yang berjuluk siKacamata atau sering dikenal dengan pleci ini telah mencuri banyak perhatian para penghobi burung kicau di nusantara (indonesia), betapa tidak, burung mungil ini yang sejak dulunya hanya sebagai burung liar di alam yang tidak digubris oleh setiap orang, dan mungkin hanya bisa dibilang sebagai kicauan pelengkap saja untuk memasteri burung-burung ocehan lainnya.

Namun seiring perubahan zaman kini sekarang berbeda dan berubah, yang dimana burung ini sekarang menjadi salah satu primadona yang banyak disukai oleh banyak orang dan para pemain burung kicau mania dimanapun berada.

Bahkan mampu menggeser pesaing-pesaing lama kepopuleran dari beberapa jenis burung kicau kontes yang mempunyai kelas dilapangan (gantangan) burung berkicau. Dengan perkembangan tren yang menjadi populer saat ini burung pleci tergolong satu burung kecil yang mendominasi kontes dan sering meramaikan kelas gantangan di lapangan tentunya.

Namun bagaimana cara mengenali jenis dari pleci tersebut ?. Penasaran Yuk simak ulasan selengkapnya tentang pleci buxtoni ini agar anda tidak mudah tertipu saat memilih burung pleci ini:

Mengetahui beberapa ciri yang dimiliki oleh pleci buxtoni

Dari setiap jenis pleci yang ada, menurut saya yang paling bagus dan mudah dalam perawatannya adalah jenis pleci buxtoni. Dan harus anda ketahui adalah cara mengetahui ciri dari pleci tersebut yaitu memiliki bulu dada setengahnya berwarna kuning, lalu ada gairs tengahnya.

ciri-pleci-buxtoni

Pleci buxto ini juga memiliki ukuran yang ramping dan lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis pleci yang berasal dari lombok ataupun bali. Kebanyakan para pemain dilapangan (arena kontes pleci) hampir 70% para pemain burung kecil ini menggunakan jenis pleci buxtoni sebagai gacoan dan burung andalannya ketika kontes.

Harga di pasaran

Dahulunya burung ini tidak memiliki harga dan jarang sekali orang yang mau memeliharanya, paling-paling mahal sekitar 30 ribu saja juga masih jarang orang mau membelinya, akan tetapi berbeda dengan harga di era sekarang yang sedang naik daun dan tidak bisa diremehkan dan dipandang sebelah mata.

Harga pleci buxtoni – untuk burung bahan pleci yang masih anakan dibandrol sekitar 40 – 100 ribuan, berbeda dengan burung yang sudah dewasa pleci buxtoni gacor bisa mencapai 150 sampai 200 ribuan. Nah ini belum tergolong burung kontes ya !. Jika burung tersebut burung yang sudah berpengalaman dilapangan kontes dan sudah banyak mendapatkan prestasi yang mumpuni pasti harganya bisa lebih melambung tinggi lagi sob.

Suara khas yang dimiliki

Keistimewaan burung ini juga memiliki tubuh yang proporsional dengan tidak heran dengan tubuh yang mungil akan tetapi memiliki suara yang lebih keras (lantang) volume tembus dan layak jika diikutsertakan dalam arena kontes. Dari kriteria suara selain lantang dan keras ini juga dapat bervariasi dengan gaya khas ngerol yang mampu membuka paruhnya jika burung ini tampil dengan maksimal.

Baca selengkapnya :  Mengenal 3 Jenis Jalak Suren Terbaik Dan Terpopuler Di Dunia

Berikut Suara yang dihasilkan oleh burung jenis pleci buxtoni ini : suara pleci buxtoni ngalas mp3

Link | Download

Setingan harian maupun lomba

Walaupun burung ini memang masih sangat mudah untuk didapat dipasaran serta dalam cara merawat simungil ini memang terlihat mudah dan cepat berkicau, namun nyatanya tidak semua penggemar dapat menjadikannya burung yang berkualitas baik unggulan dalam mengikuti kontes (lomba). Maka dari itu kita akan jelaskan disini bagaimana cara rawatan harian maupun lomba dengan tepat yang diberikan untuk si mungil pleci ini agar dapat maksimal.

harga-pleci-buxtoni

Cara setingan pleci buxtoni harian yang anda harus berikan setiap harinya tidaklah terlalu rumit, seperti memberikan pakan yang berkualitas, pemasteran, mandi, memberishkan kotoran kandang serta penjemuran adalah hal yang wajar dan umum dilakukan oleh setiap pemilik burung si mungil ini, akan tetapi yang penting dan harus anda perhatikan konsisten dalam melakukannya pola perawatan harian yang anda berikan sesuaikan dengan karakter burung masing-masing.

Selain itu hanya saja ada sedikit tambahan agar siburung ini tampil di arena kontes bisa lebih tenang dan bisa membongkar isian, sebaiknya anda harus mencarikannya burung untulan (pleci betina) yang cocok dan berjodoh dengannya agar nantinya akan berdampak sangat baik pada performanya baik di rumah maupun dilapangan. Untuk setingan cara untulannya bisa anda analisa sesuai dengan karakter burung anda masing-masing ya sob, agar tidak salah pengertian nantinya. Karena setiap karakter yang dimiliki oleh setiap burung berbeda-beda, yang lebih mengetahui karakter burung anda adalah anda sendiri yang mampu menilainya dan harus berbuat yang terbaik seperti apa!. Intinya sabar, santai enjoy saja dan nikmati prosesnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar burung pleci buxtoni yang kiranya dapat menambah wawasan temen-temen kicau pleci mania semuanya ye di seluruh indonesia. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :

Download Suara Terbaik Burung Pleci mp3 Ngerol Gacor Ngalas

Daftar Harga Burung Pleci Terupdate Di Tahun 2020

Cara Memilih Pleci Untuk Kontes