Mengenal Ciri Dan Karakter Burung Murai Nias

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, apa kabarnya sobat kicau mania semua, semoga selalu diberikan kesehatan dan penuh dengan semangat menjalani aktifitas dan rutinitasnya dalam merawat burung kesayangannya, pada kali ini masih bersama Kacer.Co.Id yang dimana pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengenali ciri-ciri burung murai nias.

Jenis murai batu memang ada banyak, dan salah satunya untuk murai yang berasal dari daerah nias, toraja masih tetangganya dengan aceh, akan tetapi jika dilihat dari segi fisik memang tidak jauh berbeda, hanya postur tubuh, bentuk ekor dan warna serta suara khas yang dimiliki pasti memiliki perbedaan dengan karakteristiknya.

Burung murai nias atau sering dikenal dan banyak para hobiis kicau menyebutnya murai irengan yang dikarenakan warna buntut atau ekornya hitam. Memang sangat jarang sekali ditemukan, karena habitat dialamnya sudah sulit, dan para penangkarnya burung jenis ini memang masih jarang ada. Nah bagi anda yang masih pemula atau masih belum mengetahui ciri dan jenis burung murai nias ini agar tidak salah pilih yuk simak ulasan selengkpanya cek dibawah ini :

Memahami karakter yang dimiliki oleh murai batu nias


Untuk mengetahui ciri dan karakter burung nias itu sendiri sangatlah mudah, burung ini memiliki mental petarung yang sangat baik, dari bentuk kepala yang papak, bentuk mata yang bulat besar dengan sorotan yang tajam serta berbadan tegap berisi.

Namun untuk warna bulu dada coklat tua, untuk panjang ekor yang dimiliki bisa mencapai 23 sampai 24 cm, sangat panjang jika dibandingkan dengan jenis murai batu lainnya, namun jangan salah, ada juga jenis murai nias ekor pendek yang berasal dari hasil kawin silang yang diternak.

Baca selengkapnya :  Ciri-Ciri dan Jenis Burung Merpati Balap yang Bagus

murai-nias-muda

Kelebihan dan kekurangan murai nias


Kelebihan yang dimiliki oleh murai batu jenis nias ini sangat mudah dalam perawatan, baik itu pola rawatan harian maupun setingan lomba. Namun burung ini juga sering menjadi salah satu gacoan para murai mania pemain gantangan dilapangan, dikarenakan memiliki jiwa tempur yang sangat baik fighter yang didukung dengan suara kicauannya yang tajam, rapat dan berdurasi.

Untuk gaya tarung saat diadu sangat menampilkan eksotis dari gerakan ekor yang panjang dan melambai naik turun yang menjadi daya tarik tersendiri bagi burung ini. Namun jika dianalisa untuk karakter suara yang dimiliki oleh burung nias ini sangat bagus untuk dimasteri oleh isian atau lagu (materi) burung-burung kecil seperti kolibri, cililin, cucak rawis, bayeman atau pleret dan kenari. Dengan Suara khas yang mampu dengan cepat menerima materi yang diberikan, yang tergolong burung cerdas ini banyak menjadi incaran para penghobi murai batu dimana saja.

murai-nias-dewasa

Untuk bajet harga burung murai batu nias dipasaran memang masih standar tidak begitu mahal jika dibandingkan dengan murai batu medan, jika anda ingin memelihara burung murai nias ini setidaknya harus menyiapkan dana sekitar 1,4 sampai 2 juta rupiah untuk jenis kelami jantan yang masih belum begitu gacor dengan usia yang masih mudah atau bahan.

Namun berbeda dengan usia yang sudah mapan (dewasa) yang memiliki banyak variasi kicauannya sudah gacor bisa mencapai 3 sampai 5 jutaan per ekornya. Namun tingkatan yang lebih tinggi ini jika burung ini sudah memiliki prestasi yang sudah terbukti dan menjanjikan sebagai burung juara lapangan tentunya harga tidak bisa diprediksi lagi om, harga jualnya bisa semakin tinggi pastinya.

Baca artikel lainnya :

√ Ciri Dan Harga Murai Batu Bahorok
√ Ciri Ciri Murai Batu Medan Asli
√ Mengenal Murai Batu Aceh
√ Ciri Murai Batu Lampung