Inilah Perawatan Yang Tepat Untuk Murai Batu Mabung (Molting)

Diposting pada

Mabung atau bahasa ilmiahnya sering disebut dengan molting yang merupakan fase yang dialami oleh setiap jenis burung terutama untuk burung murai batu dengan mengalami kerontokan bulu dan berganti dengan yang baru.

Proses mabung dapat berlangsung selama 3-4 bulan lamanya, perawatan mabung sangat penting untuk diperhatikan, karena jika anda salah dalam perawatannya akan berdampak buruk pada kesehatan dan fisiknya.

perawatan-murai-batu-mabung

Pada Artikel kali ini, kami akan membahas bagaimana cara perawatan yang tepat untuk murai batu saat mabung, simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Cara mudah merawat burung murai batu yang sedang berganti bulu

Tentunya bagi para hobiis kicau maniak sudah tidak asing lagi dengan sebutan burung mabung ?. Burung murai satu ini, yang memiliki kekuatan vokal suara yang kencang, dengan banyak variasi kicau dan keindahan bulu burung ini membuat banyak pecinta burung memburu burung ini untuk di pelihara dan dijadikan sebagai gacoan jawara kontes.

Burung murai batu memiliki karakter yang baik sebagai burung petarung, karena burung ini tergolong burung yang tidak terlalu manja jika sedang mengalami fase mabungnya, akan tetapi anda harus mengetahui juga dalam memberikan perlukan perawatan yang tepat agar dapat hasilnya dapat memuaskan setelah melewati masa ini.

Berikut langkah langkahnya seperti di bawah ini :

Burung murai batu yang mengalami mabung harus wajib di krodong full, dengan tujuan agar burung dapat beristirahat dengan tenang dalam proses perontokan bulunya tidak terganggu, mungkin sebab burung yang mabung itu kehilangan banyak sekali tenaganya, maka burung yang sedang mabung kebanyakan terlihat lesu dan tidak mau berkicau.

Baca selengkapnya :  15 Makanan Jangkrik Agar Burung Kicau Tampil Maksimal

murai-pasca-mabung

Selama masa mabung, murai batu banyak memerlukan asupan nutrisi yang cukup karena tubuhnya sedang melakukan proses metabolisme yang tinggi. Proses mabung sangat berhubungan dengan pembentukan hormon reproduksi aktif. Sehingga gangguan terhadap prosesnya dapat menyebabkan hormon murai batu tersebut tidak seimbang.

Maka dari itu makanan burung saat sedang mengalami masa mabung agak berbeda dengan murai batu yang sedang normal. Cukup dengan di berikan makan voer dan jangkrik dan kroto.

Inti dari perawatan selama proses mabung

Tugas anda sebagai pemilik burung kesayangannya, harus pandai dan dapat menjaga kondisi dan ketenangan murai batu, jangan sampai membuatnya terusik (terganggu), berikut perlakuan khusus murai batu selama masa mabung :

  • Hindari murai batu bertemu langsung dengan sesama jenis yang lainnya, agar menjaga murai batu selalu dalam kondisi tenang.
  • Krodong kandang burung murai batu, dan dijauhkan dari kebisingan (gaduh) dan brisik yang dibuat oleh faktor lingkungan, bertujuan agar burung tidak mudah stres.
  • Mandikan burung murai batu hanya cukup 1 minggu sekali saja. Dan lakukan penjemuran hanya dalam waktu 30 menit saja.
  • Tambahkan ef (extra fooding) kroto 1 sendok teh diseiap pagi hari, karena dapat membantu proses metabolisme tubuh dalam penumbuhan bulu baru.
  • Tambahkan multivitamin dalam air minumnya, dengan dosis 2 kali dalam 1 minggu. Jangan lupa selalu menjaga kebersihan kandang murai batu setiap harinya.
  • Tahap pemasteran burung yang sedang mabung sangatlah dianjurkan (wajib) untuk dimastering, karena dengan kondisi burung yang sedang mabung lebih banyak menyimak dan mendengarkan suara ocehan masteran burung lainnya dengan penuh konsentrasi.

burung-murai-batu

Burung murai batu yang sedang mabung biasanya bisa berubah setelah bulunya mulai berjatuhan / rontok. Berubah yang di maksud di sini bila dulu sebelum mabung burung itu gacor maka setelah pulih dari mabung bisa menjadi burung pendiam, begitu pula sebaliknya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Kolibri Raja Agar Cepat Gacor

Pada masa-masa mabung ini adalah waktu yang pas untuk me restart recovery ulang memory burung, burung yang sedang mabung adalah masa emas yang pasti ditunggu-tunggu oleh para hobiis kicau untuk dapat memberikan perawatan khusus bagi burungnya agar bisa mendapatkan hasil yang baik, dan dapat dirasakan nanti setelah melawati proses mabung ini.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, berdasarkan ilmu dan pengalaman kami untuk berbagi, dan menjadi solusi yang baik untuk anda yang sedang merawat murai batu mabung. Semoga bermanfaat