Mengenal jenis burung poksay mandarin, habitat, makanan, harga

Diposting pada

Poksay mandarin atau sering disebut juga dengan bahasa latinnya (Garulax) Chinensiss merupakan kerabat dari burung kuda-kuda yang kurang populer di antara para penghobi kicau mania, karena kuda-kuda kurang populer dan kurang begitu menarik, hingga tidak memiliki keistimewaan seperti yang dimiliki oleh kerabatnya dari cina ini.

poksay-mandarin

Sementara eksistensi dan kepopuleran burung poksay mandarin ini sangat dikenal banyak orang, baik diberbagai belahan dunia, dan negara-negara tertentu khususnya di indonesia ini.

Kenapa disebut sebagai poksay mandarin ?. karena burung ini asalmu asalnya berasal dari negara cina. Burung ini tergolong burung yang banyak digandrungi oleh para hobiis kicau, setara dan layaknya seperti burung hwa mei (wambi). Berikut kita simak ulasan untuk mengenal lebih dekat burung poksay mandarin ini !.

Kenali lebih dalam dari burung kicau jenis poksay mandarin

Habitat dan Ciri

Hutan primer dan skunder adalah tempat yang paling banyak ditemukan, dan sangat disukai oleh burung satu ini, dengan pepohonan yang rindang (lebat), semak belukar yang menjadi tempat hidup mereka. Terutama hutan yang dekat dengan sumber mata air, seperti di tepi sungai, atau air terjun yang mengalir deras.

Burung ini dapat hidup, dan senang berkoloni maupun hidup sendiri (soliter). Ciri-ciri burung poksay mandarin ini : memiliki postur tubuh yang lumayan besar dan warna bulunya hitam (abu-abu), makanannya voer, buah pisang, suara ocehannya yang merdu dan agak besar (ngebas). Namun sangatlah mudah membedakan jenis betina dan jantannya jika dianalisa dengan mendengarkan karakter suaranya. Jika poksay jantan ciri khas suaranya dapat menirukan suara kucing dan ayam dan untuk jenis yang betina tidak bisa menirukannya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Burung Kacer Biar Gacor

Burung ini sangat senang jika saat pada pagi hari dengan tergolong burung yang rajin berbunyi (gacor) akan tetapi pada waktu tertentu suara burung ini terkadang monoton, tidak begitu banyak variasi lagu yang terdengar pada waktu pagi hari.

Makanan yang dibutuhkan

Untuk makanan poksay mandarin / pakan alaminya berupa serangga besar, tawon madu dan buah-buahan. Namun ada banyak kelebihan yang dimiliki burung ini, ketika saat berkicau sering menggerak-gerakan anggota badannya seperti sayap, jambul dan kakinya yang bergetar bersamaan. Dengan membuka sayap seperti layaknya burung garuda, terkadang sambil bergaya memutar-mutar tubuhnya sambil mengeluarkan suara kicauan yang sangat merdu dan bagus.

Akan tetapi ada kekurangan / kelemahan dari burung ini : jika salah dalam perawatan, kondisi fisik burung ini akan mudah drop (sakit) stress. Salah perawatan dari pemiliknya juga dapat mengakibatkan prilaku yang tidak baik, seperti salto loncat kebelakang dan leher kepala mendengak-dengak seperti terserang virus penyakit tetelo.

Tips merawat burung poksay mandarin ini, namun jika burung poksay ini sudah dipelihara oleh anda sebagai pemiliknya, ada baiknya anda dapat memberikan makanan berupa voer yang sangat baik sebagai pakan tambahan untuk melengkapi nutrisi, vitamin dan mineral bagi kesehatan burung tersebut. Dan anda juga dapat memberiakn pakan buah yang sangat disukai olehnya seperti pisang kepok dan pepaya.

makanan-poksay-mandarin

Pilihlah sangkar kotak yang terbuat dari kayu dan cukup luas untuk ruang gerak burung agar lebih nyaman dan lincah, buatlah 2 tangkringan yang sejajar seperti menyiapkan kandang / sangkar untuk burung kacer.

Dengan adanya lebih dari satu pangkringan ini, burung akan banyak bergerak dan memacu untuk rajin berbunyi. Agar hasil perawatan lebih maksimal ada baiknya jika memelihara burung ini harus mempunyai jenis kelamin betina (poksay betina) nya juga, yang ditempatkan dalam satu kandang.

Baca selengkapnya :  Ciri Ciri Murai Batu Medan Asli Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Daftar harga poksay terbaru

Jika dilihat dari populasi di alam, dengan banyaknya kebutuhan untuk para hobiis yang banyak peminatnya dalam merawat burung satu ini, maka tidak heran jenis burung poksay yang ada di indonesia menjadi jarang dan sulit ditemukan. Dengan tergolong langka, harga poksay mandarin menjadi mahal dan berniali tinggi.

harga-poksay-mandarin

Namun apabila anda ingin berminat memelihara burung yang satu ini setidaknya anda harus merogoh kocek kurang lebih sekitar 2 juta, dan harga untuk jenis poksay mantel ini yang paling murah sekitar 850 ribu, untuk harga poksay jambul sekitar 1,4 jutaan. Namun yang paling populer dan paling mahal dikelasnya adalah harga burung poksay hongkong sekitar 3 jutaan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, dengan pembahasan sekilas tentang burung poksay mandarin yang kiranya dapat menambah wawasan anda di dunia burung kicau, semoga bermanfaat.