Rahasia Perawatan Burung Cendet Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Burung Pentet atau Cendet adalah salah satu burung kicau, yang cukup populer di kalangan pecinta burung di Indonesia. Dengan suaranya yang unik dan kebiasaannya yang menarik, tak heran jika banyak peminat jenis burung ini.

Memiliki nama lain burung pentet, burung ini pun memiliki kualitas yang cukup tinggi apabila dirawat dengan baik. Lantas, bagaimana cara merawat burung Cendet agar cepat gacor ?

Cara Memelihara Burung Pentet

Cara-Memelihara-Burung-Pentet

1. Perhatikan Kebersihan Kandang

Tentunya ketika kita memelihara burung, kebersihan adalah hal yang paling penting. Burung yang kita pelihara, tentu akan membuang kotoran pada kandangnya tersebut, sehingga kita harus membersihkan kandang burung setiap harinya. Dengan memperhatikan kebersihan, maka burung pentet pun akan lebih terawat.

Tentunya apabila anda ingin mengembangkan suara dari burung pentet, kesehatan dari burung adalah nomer satu. Dengan kesehatan yang selalu terjaga, tentu suara yang dikeluarkan pun bisa maksimal. Pastikan juga untuk memperhatikan kebersihan dari kayu, tempat bertenggernya burung.

Dengan kandang yang bersih tidak hanya menjaga kesehatan dari burung Cendet, namun anda sebagai pemiliknya pun dapat terhindar dari segala penyakit akibat bakteri dan kuman. Apalagi jika burung pentet memiliki warna yang indah, sudah pasti pantas untuk diletakkan pada kandang yang bersih dan indah.

2. Berikan Pakan Berprotein Tinggi

Burung yang dipelihara untuk burung kicau, tentu membutuhkan nutrisi serta kandungan protein yang tinggi. Burung Pentet pun membutuhkan tenaga dan vitamin, agar tubuhnya selalu sehat dan memiliki kondisi yang fit. Perlu anda tahu, ciri burung sehat adalah gerakan yang selalu aktif di dalam kandang.

Oleh karena itu berikan pakan secara teratur, dan jangan memberikan pakan sembarangan. Berikan tambahan vitamin cendet biar gacor, untuk menambah karbohidrat pada burung pentet.

Baca selengkapnya :  Tips Membedakan Ciri Cucak Jenggot Betina Dengan Jantan

Setiap vitamin serta nutrisi yang diberikan, tentu membantu burut cendet agar semakin gacor. Sehingga pastikan untuk memberikan nutrisi yang pas, dan cocok kepada burung pentet.

makanan burung cendet adalah buah, serangga, hingga pakan racikan sendiri. Anda pun bisa memberikan pakan voer, yang lebih praktis namun tetap memiliki kandungan gizi tinggi. Jika anda ingin meracik sendiri pakannya maka bisa menggunakan campuran telur, tahu, ikan, dan berbagai sayuran untuk burung cendet seperti tomat dan jagung.

Buah untuk burung cendet yang bagus adalah buah pepaya, pisang dan apel.

3. Menjemur Secara Rutin

Layaknya burung peliharaan pada umumnya, burung Cendet pun sangat perlu untuk dijemur. Perlu diperhartikan bahwa waktu menjemur burung pentet hanya sekitar jam 7 hingga 8 pagi, jika lebih dari itu dapat berakibat buruk pada kesehatan dan bulu burung Pentet.

Selain pagi hari, anda juga dapat menjemurnya kembali pada jam 5 sore, dengan rentan waktu maksimal 2 jam. Tentunya jangan menjemur burung Pentet di lingkungan yang gersang dan terkena matahari langsung, apabila dirasa burung pentet mulai kepanasan, segera masukkan kembali burung pentet kedalam rumah.

Dalam memelihara burung Pentet, tentu anda pun harus memperhatikan lingkungan sekitar. Akan lebih baik jika anda mengatur lingkungan, persis seperti habitat aslinya. Hal ini karena lingkungan tempat tinggal pun dapat mempengaruhi kesehatan, serta kondisi dari burung pentet. Berikan lokasi yang penuh dengan pepohonan, minimal terdapat pandangan luas agar burung pentet dapat merasakan udara segar.

4. Melatih atau Memasterkan Burung Pentet

Dengan melakukan pemasteran, maka burung cendet akan cepat terlatih dan cepat gacor. Apabila seluruh perawatan telah dilakukan dengan baik, maka kini anda tinggal melatih burung pentet agar dapat bersuara sesuai dengan yang anda inginkan.

Waktu yang paling tepat dalam memasterkan pentet adalah, ketika sedang tumbuh bulu. Namun, sesungguhnya pemasteran pentet pun tergantung dari kecerdasan si burung. Latih setiap hari saat kondisi burung dikerodong, dan pada malam hari menjelang burung tidur. Dengan melatihnya setiap hari, maka dapat meningkatkan kecerdasan burung pentet serta suara mereka.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Pleci Lombok Dengan Mudah

Jika anda bingung caara memasterkan burung pentet, cukup nyalakan mp3 dengan suara yang kita inginkan. Lakukan dengan volume yang pelan, dan diulang sekitar 5 hingga 7 kali dalam sehari. Setelah satu minggu, anda perlu mengganti suara burung mp3 tersebut dengan suara yang lain untuk memberikan suara yang variatif.

5. Pengasingan

Ketika burung pentet anda tiba tiba berhenti berkicau, maka anda segera memberikan tindakan dengan mebgasingkan burung pentet. Segera jauhkan burung pentet anda dari jangkauan burung lainnya, jika bisa berikan lokasi yang tenang dan jauh dari sahutan suata burung lain. Hal ini untuk menghindari persaingan, yang dirasakan oleh burung Pentet.

Pada dasarnya ketika burung pentet yang biasanya berkicau tiba-tiba diam, maka ia merasa tersaingi dengan kehadiran atau suara dari burung lain. Sehingga mengasingkan burung cendet adalah pilihan terbaik, untuk menambah kepercayaan diri pada burung pentet tersebut. Dalam menyimpannya pun, usahakan untuk menyimpan secara terpisah dari burung peliharaan yang lain.

Lakukan pengasihan ini, hanya hingga burung pentet mulai untuk berkicau kembali. Ketika burung pentet mulai berkicau, makabisa dikatakan ia telah kembali mendapatkan kepercayaan dirinya. Anda bisa kembali menyatukan burung pentet dengan burung lainnya, namun jika ini terus berulang maka sebaiknya terus pisahkan kedua burung tersebut.

6. Memberikan Pakan Tambahan

Makan tambahan yang dimaksud adalah sayur-sayuran dan pemberian jamu, untuk menambah energi dan stamina untuk burung cendet anda. Dengan memberikan makanan seperti sayur-sayuran, maka akan lebih memudahkan pertumbuhan dari burung pentet. Anda bisa memberikan makanan tambahan berupa sayur ini, setelah memberikan makanan pokok pada burung pentet.

Tidak hanya sayuran, burung pentet pun juga perlu diberikan jamu gara cepat gacor. Memberikan jamu merupakan hal penting yang sangat disarankan, ketika anda memiliki burung kicau. Dengan memberikan jamu, maka dapat membuat burung pentet menjadi lebih aktif dan bertenaga.

Baca selengkapnya :  7 Jenis Makanan Terbaik Untuk Burung Kicau

Namun, dalam memberikan jamu ini tidak bisa setiap hari. Berikan dalam waktu tertentu saja, yaitu dalam kurun waktu seminggu sekali. Kurun waktu tersebut sudah cukup, mengingat jamu hanyalah makanan tambahan dan bukan merupakan makanan pokok bagi si burung pentet. Jika diberikan setiap harinya, bisa jadi burung pentet akan menolak dan tidak meminum jamu tersebut.

7. Perahatikan Jenis Kelamin Burung Pentet

Ketika ingin memelihara burung pentet yang gacor, maka sebaiknya anda memperhatikan terlebih dahulu jenis kelaminnya. Burung pentet yang dapat dimasterkan adalah, burung cendet jantan. Bagi jenis kelamin betina bisa saja dimasterkan, namun hasilnya sangat jarang atau kurang bagus.

Dengan mengetahui jenis kelamin dari burung pentet anda, nanti akan lebih mudah untuk memfilter burung pentet mana yang cocok untuk diikutkan dalam kontes. Jangan sampai anda salah memilih jenis kelamin betina, ketika ingin mendaftarkan burung pentet dalam kontes burung kicau.

Burung pentet yang memiliki jenis kelamin jantan, memiliki ciri warna tubuhnya yang hitam dan gelap. Sifatnya pun sangat aktif, berbeda dengan burung pentet jenis kelamin betina yang cenderung memiliki sifat pasif dan jarang berkicau. Jika perlu anda bisa memberikan tanda pada kandang, atau memisahkan lokasi dari setiap burung pentet.

Bagi pecinta burung kicau di Indonesia, tentu sudah tidak asing dengan burung jenis Cendet. Burung ini memiliki kicauan yang unik dan bervariasi, sehingga sering dipilih warga untuk diikutkan kedalam lomba burung kicau.

Apabila anda ingin memelihara Cendet dari anakan, maka perhatikan cara merawat cendet harian dengan baik, untuk menghasilkan burung yang sehat dan agar cendet gacor sepanjang hari.

Demikian tips cara merawat cendet harian yang dapat kami berikan. Semoga Bermanfaat.