Mengenal Ciri Murai Batu Lampung (Pola Motif Ekor Dan Harga)

Diposting pada

Bagi para hobiis burung kicauan khususnya para penggemar burung murai batu, jika anda masih pemula ada baiknya, untuk mempersiapkan terlebih dahulu lokasi / tempat pemeliharaan burung yang nyaman dan aman, perlengkapan kandang ataupun kebutuhan yang ada didalam (sangkar) seperti tangkringan, wadah pakan dan minum, tempat mandi keramba, kandang latih atau umbaran yang cocok dan ideal bagi burung yang dirawatnya, serta pemilihan murai batu calon juara yang memiliki kualitas baik.

Tips dalam merawat burung fighter (petarung) ini, anda harus maksimalkan waktu untuk terus konsisten dalam rawatan harian, lomba, pasca lomba, ataupun saat burung sedang mabung sekalipun. Intinya berikanlah perhatian yang special bagi burung gacoan anda agar mendapatkan hasil yang memuaskan nantinya.

Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah bagi anda, para hobiis dalam memelihara dan melatih burung murai batu kesayangan anda nantinya, dan mempersiapkan mental tempurnya diarena kontes, sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Cukup terkenal sebagai burung kicau yang mudah dimasterkan, burung Murai Batu Lampung atau sering disebut dengan burung murai kota agung yang berasal dari daerah sumtra, hingga kini masih tinggi peminatnya.

Hanya saja panjang ekornya tidak terlalu panjang seperti burung murai batu medan atau aceh, namun dengan suara kicauan yang dihasilkannya sangatlah baik, yang miliki volume yang lebih kencang dengan tembakan dan speed yang rapat.

Yang membuatnya masih banyak dicari, lantaran bentuk ekornya yang melengkung di bagian ujungnya. Penarasan dengan si pemilik ekor unik ini, simak ulasan berikut.

Ciri Fisik pada Murai Batu Sumatera

Burung kicauan satu ini memang dikenal miliki postur tubuh lebih besar, jika dibandingkan dengan beberapa saudaranya sendiri. Namun jika dilihat secara keseluruhan, perbedaan fisiknya nampak serupa sehingga sedikit suli untuk membedakannya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Poksay Jambul Putih

Meski tampak serupa, ada ciri khas yang tidak dimiliki oleh jenis murai batu lainnya. Perbedaan tersebut terletak di bagian ekornya, yang terlihat lebih bendek dan lurus.

Meski ukuran ekornya pendek, justru hal tersebut memberikan keuntungan baginya. Dari bentuk ekornya tersebut, Murai Batu Lampung terlihat lebih atraktif ketika bertarung. Ada yang berpendapat bila ekornya yang pendek, mampu mengurangi beban saat si burung memainkan ekornya. Beban yang dibawanya tidak terlalu besar, sehingga staminanya pun tidak mudah terkuras begitu saja.

Pola-Motif-Ekor-Murai-Batu-Lampung

Namun ada pendapat lain yang mengatakan, bila ekor burung ini menjadi suatu kekurangan. Sebab penampilan si burung kicauan ini, menjadi tidak terlalu menarik seperti para saudaranya. Sebenarnya dua pandangan tersebut, tergantung dari pandangan sang pemiliknya sendiri. Kini tinggal dari anda sendiri, yang akan menentukan burung kicauan mana yang menjadi unggulan.

Yang membuat burung ini semakin unik, karena miliki gaya bertarung yang terlihat berbeda dari yang lain. Ketika bertarung, burung kicauan ini terlihat menaikkan kepalanya seakan seperti mencangkul.
Gaya yang dikeluarkannya tersebut, terlihat serupa dengan yang dilakukan oleh murai batu Borneo. Hanya saja, sang burung Murai Batu Lampung ini tidak menggembungkan bulu dadanya saat bertarung.

Kelebihan yang Dimilikinya

Suaranya yang tidak kalah bagus, bisa didapatkan asal rutin memasterkannya dengan varian lagu. Dijamin sang burung kicauan ini, dapat bersaing dengan jenis murai batu lainnya.

Patokan Harga yang Ditawarkan Pasaran

Setiap harga yang ditawarkan, akan berbeda tergantung dari beberapa faktor. Contohnya saja seperti usia, warna bulu, suara yang dihasilkan, kondisinya, ketersediaanya stok, hingga tingginya permintaan.

Bahkan harga yang ditawarkan cukup bervariasi, ketika lokasi pembelian berbeda. Ada baiknya untuk melakukan survei di beberapa tempat terlebih dahulu, sebelum menentukan akan membelinya di suatu tempat.

Baca selengkapnya :  7 Cara Mudah Setingan Kacer Biar Buka Ekor

Cocok dipelihara oleh berbagai kalangan, sebab harga yang ditawarkan pasar tidak terlalu tinggi seperti jenis murai batu lainnya. Hanya dibandrol sekitar hingga Rp. 2 ,5 samapi 5 jutaan saja per ekornya, anda sudah bisa membawa pulang si Murai Batu Lampung untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan favorit.

Sedangkan burung mudai batu lampung yang telah memiliki prestasi, tentu saja miliki nilai jual yang lebih tinggi.

Dikenal miliki jumlah stamina yang tangguh, burung asal Sumatera ini juga miliki mental yang cukup baik saat bertarung Terutama ketika pemiliknya mampu merawat serta melatihnya dengan rutin, dijamin hasilnya akan cukup memuaskan.

Selain dari bentuk ekornya yang unik, suara yang dihasilkannya pun terdengar merdu. Silahkan lakukan pemasteran dengan tepat, agar menghasilkan suara yang dihasilkannya lebih bervariatif.