Memahami Karakter Lovebird Pasbir Beserta Harga Terbaru 2020

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb. Apa kabare ini semua temen-temen kicau mania!. Tentunya selalu sehat-sehat semuanya ya.. Kembali lagi bersama kami web resmi Kacer.Co.Id yang konsisten memberikan update informasi seputar dunia burung kicauan, yang dimana pada episode kali ini saya akan membahas tentang burung love bird khusus untuk jenis warna pastel biru : lovebird pasbir.

Ciri burung love bird pastel biru (pasbir)

Untuk mengetahui ciri yang dimiliki oleh lovebird pasbir ini, pada bagian paruh yang dimilikinya rata-rata memiliki warna putih seperti susu-susu, dan bulu bada wajahnya terlihat berwarna abu-abu samar, warna bulu leher atas berwarna putih sampai kebelakang lehernya.

Sedangkan warna bulu dada dibagian bawah sampai ke belakang sayap berwarna biru laut atau muda, karakter burung ini sangat cepat untuk beradaptasi dan mudah untuk dijinakkan, selain itu selain warna kombinasi bulu yang serasi dalam kalem, indah untuk dipandangi. Burung love bird pasbir ini juga memiliki suara yang kasar dengan volume yang baik dan kebanyakan mampu mengeluarkan suara khas ngekek panjang jika dirawat dengan tepat tentunya.

Perbedaan lovebird biola pasbir dengan pasbir biasa

Ada beberapa temen-temen pemain lovebird yang masih bingung cara membedakan jenis biola yang memiliki hampir kesamaan dengan pasbir pada umumnya, jika dilihat sekilas memanglah sangat sulit untuk dibedakan. Namun jika kita teliti dalam menganalisanya maka perbedaan sangat jelas terlihat.

Untuk memedakannya yang pasti dilihat dari warna bulunya, jika burung lovebird pastel biru biola memiliki warna yang lebih terang atau cerah tidak kusam, berbeda dengan pastel biru biasa terkesan dan terlihat lebih gelap dengan perpaduan warna putih, abu-abu dan biru.

Baca selengkapnya :  6 Jenis Burung Yang Gampang Gacor Untuk Dipelihara

perbedaan-pasbirbiola-dan-pasbir-biasa

Serta ciri lebih spesifiknya lagi jika dilihat dari warna bulu ekor diatas dibalik selah sayapnya jika dibuka dan dilihat secara jelas bahwa, burung lovebird pastel biru biasa (pasbir) memiliki warna yang tersembunyi jelas seperti warna ungu violet, biru dongker diatas ekornya. Sedangkan untuk jenis pasbir biola ini tidak ada melainkan warna pada ekor atasnya sama-sama berwarna biru putih terang.

Tips perawatan

Cara merawat burung jenis lovebird pasbir ini memang hampir sama dengan jenis burung lovebird lain pada umumnya, seperti memandikan, menjemur, setingan pakan dan pemasteran. Namun saran saya berikanlah rawatan yang spesial untuk burung jenis pasbir ini, karena burung ini sangatlah rentan jika temen-temen merawatnya dengan asal-asalan.

Berikanlah setiap harinya pakan yang berkualitas, dari pakan harian milet yang sangat disukainya. Dan dianjurkan milet yang diberikan adalah jenis milet putih yang sudah anda pilih terlebih dahulu. Cara memilih milet yang baik, jika anda membeli milet putih ini secara kiloan, maka anda harus mencucinya dahulu dan menyaring milet yang mengambang di atas permukaan air, yang menandakan milet tersebut kopong atau kosong tidak berisi.

Keringkan dan jemur milet yang sudah anda cuci dengan air bersih tersebut, sampai kering dan jemur. Pastikan kondisi milet yang sudah terpilih ini akan diberikan setiap hari sebagai pakan konsumsi harian si burung pasbir ya.

gambar-lovebird-pastel-biru

Untuk Extra Fooding tambahan seperti kangkung dan jagung boleh diberikan satu minggu sekali saja, misalkan diselang hari senin diberikan kangkung dan hari sabtu jagung manis yang masih muda. Pastikan kebersihan air minumnya harus di cek setiap harinya agar siburung terjaga kesehatannya.

Dalam menjemur burung love bird pasbir ini jangan terlalu lama, karena burung jenis ini tidak terlalu menyukai panas yang berlebih. Yang dapat merusak bulu yang bisa terlihat kusam apabila dijemur terlalu lama. Berikan mandi setiap hari, cukup sehari sekali saja. Dengan tipikal burung jenis ini sangat baik dimandikan pada malam hari, sekitar pukul 19.00 WIB sampai 21.00 WIB, jangan memandikan burung ini terlalu larut malam, dikhawatirkan bisa sakit. Untuk pemasteran dan pengkrodongan baiknya dilakukan pada larut malam ketika burung tersebut sedang beristirahat.

Baca selengkapnya :  Rahasia Mencetak Murai Batu Juara Kontes

Harga burung love bird

Jika anda ingin memelihara burung love bird pasbir ini setidaknya anda harus menyiapkan bajet yang lumayan mahal, untuk anakan atau baby pasbir ini saja bisa mencapai 250 ribu sampai 400ribu rupiah yang masih dibawah umur 5 bulan. Untuk yang sudah mapan dan sering dijadikan burung lapangan yang mempunyai kelebihan ngekek panjang berdurasi bisa mencapai jutaan rupiah.

Berbeda dengan siapan indukan pasangan burung pasbir yang siap untuk ditangkar, biasanya harga burung jantan dan betinya jodohannya sekitar 1,5 sampai 2 jutaan yang sudah siap produksi. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar burung lovebird pasbir kepada teman-teman kicau penghobi love bird mania semuanya, agar kiranya dapat bermanfaat.

Baca artikel lainnya :

√ Harga Terbaru Lovebird Pale Fallow 2020
√ Mengenal Ciri Burung Lovebird Pasjo
√ Mengenal Ciri Burung Lovebird Mocca
√ Mengenal Ciri Burung Lovebird Paskun