Cara Meracik Suplemen Burung Murai Lomba Dengan Bahan Alami

Diposting pada

Assalamualaikum, wr, wb. ketemu lagi bersama Kacer.Co.id – website yang selalu konsisten memberikan tips dan informasi seputar burung kicauan, nah pada episode kali ini akan diulas bagaimana trik mudah membuat suplemen burung sendiri dengan menggunakan bahan-bahan asli dan alami yang mudah didapatkan, sudah pasti lebih aman, berkhasiat dan hasilnya lebih maksimal. Penasaran ?. Yuk simak terus artikel ini guys sampai habis.

Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Komplemen Sendiri

Salah satu perihal amat berarti yang butuh dicermati pada burung Kalian supaya senantiasa terletak dalam situasi yang bugat ataupun fit merupakan pemberian multivitamin serta nutrisi. Dari para pakar perburungan serta pula bersumber pada data penggemar burung profesional ditemui kenyataan kalau nyatanya banyak burung yang dipelihara dirumah sedang hadapi kekurangan vit serta nutrisi dari yang sepatutnya:

67% burung peliharaan, cuma sedikit ataupun kurang komsumsi Vit A, 97% burung piaraan cuma sedikit ataupun kurang komsumsi Vit D dan 27% burung peliharaan cuma sedikit ataupun kurang komsumsi Vit E. 98% burung piaraan cuma sedikit ataupun kurang komsumsi Kalsium.

Perihal itu seluruhnya itu terjalin disebabkan sepanjang ini burung piaraan cuma diberi pakan yang tidak balance misalnya cuma dikasihkan voer saja tiap harinya, tanpa membagikan pakan bonus lain yang bermacam- macam misalnya serangga ataupun buah- buahan yang dapat menjamin keinginan vitamin mereka.

cara pembuatannya asupan tambahan yang banyak mengandung vitamin yang baik bagi burung lomba ini tidak harus mahal jadi kita hanya mengandalkan bahan alami yang ada di sekitar kita ya teman-teman.

Baca selengkapnya :  Inilah Manfaat Burung Kenari Untuk Peliharaan Dirumah

bahan-alami-suplemen-murai-batu

Bahan-bahannya di sini cukup sederhana :

– gula merah
– kunyit
– jahe
– Kayu Manis
– buah mengkudu

Catatan disini : Untuk takaran bahan bisa disesuaikan dengan kebutuhan ya.

Formula Pembuatan Pakan Racikan

Untuk bahan jahe kita parut ya coba aja ini jahe sama kunyit nya punya cukupnya ini saya tidak ada patokan ya saya kira-kira aja ini, saya biasanya menggunakan ini Baik harian atau mau lomba untuk harian saya menggunakan seminggu dua sampai tiga kali aja, Misalkan kita beri pagi besoknya baru kita ganti airnya.

semua bahan-bahan ini manfaatnya juga sangat banyak mengandung antioksidan dan antibiotik alami udah ini aja teman-teman untuk mengkudu nggak usah diparut dipotong-potong kecil aja kemudian kita aduk aduk, sampai mendidih Setelah mendidih usahakan ya sampai tinggal airnya seperempat bagian, jadi bener-bener agak kental tapi tidak terlalu kental banget tetep keadaan cair biar dalam perebusan ini bahan-bahan tersebut dapat meresap Airnya dengan sempurna, dan apabila sudah tinggal seperempat bagian sedikit banget baru kompor kita matikan.

Tata Cara Pemberian Suplemen Yang Tepat

Oke setelah kita matikan lalu diamkan terlebih dahulu, sampai benar-benar dingin ya teman-teman, jangan terburu-buru memberikan suplemen tersebut kepada burung dengan kondisi airnya masih hangat ataupun panas.

Dengan pemberian suplemen burung racikan alami ini yang tepat dengan cara kita teteskan sekitar 10 sampai 15 tetesan ya, kira-kira aja jangan terlalu kental, untuk dosisi yang aman dapat diberkan pada cuaca ekstrem musim penghujan minimal satu minggu 2 – 3 kali, bisa juga utuk asupuan seminggu sekali, dan untuk menjelang kontes dikasihkan pada hari H-1, disesuaikan dengan setingan murai batu anda. Ada juga yang memberikannya dari H-3 sampai hdari H.

Baca selengkapnya :  Trik Mudah Pahami Karakter Burung Kicau Dengan Cepat

Bisa juga diberikan pada kondisi setelah habis mabung dalam keadaan dokor, kira-kira buntutnya ini sudah sekitar 5 sampai 7 cm, baru boleh kalian berikan kepada murai gacoannya, dikarenakan agar si burung yang sehabis melewati pasca mabung ini tidak telat birahinya, yang dapat menimbulkan burung macet berkicau setelah beres dari mabungnya.

cara-pembuata-vitamin-buatan-sendiri

Khasiat Komplemen Natural Buat Burung Kicau

Cuma terdapat satu aksi buat membenarkan kalau kalian telah membagikan menu makan yang balance serta terjaga kebutuhan vitamin serta nutrisinya ialah dengan membagikan komplemen serta vit ekstra yang diperlukan buat burung kalian dirumah, tidak hanya pemberian buah- dan- serangga perihal ini buat menjamin keperluan vitamin mereka tepenuhi.

Pemberian multivitamin buat burung ini dapat berbentuk vit cair atau serbuk yang dimasukan kedalam makanannya ataupun minumannya ataupun pula yang diserahkan langsung pada mulut burung. Akhir- akhir ini banyak produk multivitamin yang tersebar dipasaran serta pasti saja itu menginginkan kejelian anda dalam memilih produk yang cocok dan aman bagi burung ocehan kesayangan kalian.

Baca juga : Inilah Ciri Murai Batu Siap Di Lombakan