Inilah Perbedaan Jalak Suren Jawa Dengan Kalimantan

Diposting pada

Assalammualaikum, Selamat datang di blog resmi Kacer.Co.Id. Pada artikel kali ini kami akan berbagi informasi Tentang bagaimana cara membedakan burung jalak suren jawa dengan kalimantan. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Mengenal atau mengetahui berbagai jenis burung, pasti menjadi salah satu hal yang tentu akan dikuasi oleh mereka yang sangat menyukai hewan yang kebanyakan memiliki suara merdu saat berkicau ini.

Setiap orang yang sangat memerhatikan burung, pasti memiliki satu atau bahkan lebih jenis burung yang dijadikan sebagai favorit. Karena memang jenis burung yang ada di dunia ini sangat beragam.

Salah satunya yaitu burung jalak suren. Jenis burung yang satu ini diketahui masuk kedalam famili sturnidae dengan genus sturnus yang dimilikinya. Untuk bisa menemukan burung ini, kamu harus mendatangi kaki rendah atau juga pada dataran rendah. Karena pada biasanya mereka akan mudah ditemukan pada daerah itu, mereka juga sering kali berkelompok dengan kelompok besar atau juga kecil.

Jenis burung jalak suren ini, juga terkadang sering ditemui di perkotaan atau juga desa. Hingga saat ini diketahui sudah ada lima jenis subspesies burung ini. umumnya burung jalak suren ini akan memiliki postur tubuh yang kecil dengan warna bulu yang terkadang hitam atau juga putih.

jalak-suren-kalimantan

Untuk dapat membedakan antara jantan dan betina, jika kamu merasa bingung, kamu bisa melihat dengan teliti pada bagian tubuhnya, pada kulit yang terletak disekeliling mata, bisa juga pada bulu dan ekornya. Salah satu jenis burung ini adalah jalak suren Jawa.

Jenis burung jalak suren ini sangat terkenal dengan kemampuannya yang mampu menirukan suara asli manusia. Itulah, salah satu hal yang menjadikan burung ini cukup diminati oleh banyak pecinta burung. Burung jalak suren jenis jawa juga banyak dipelihara, untuk makanannya sendiri jika diinginkan suara burung agar indah dan gacor. Maka bisa memberikannya makan buah-buahan. Mengapa demikian? Karena dialam bebas mereka sangat menyukai jenis makanan yang memiliki banyak mineral.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Cucak Rawis, Makanan, Harga, Suara

Kali ini kami akan memberikan informasi penting yang bisa kamu semua jadikan refernsi tentunya. Informasi ini akan bersangkutan dengan sejumlah hal yang menjadi perbedaan antara jalak suren Jawa dengan burung jalak suren Kalimantan. Kedua jenis burung ini tentu saja akan memiliki perbedaa, meskipun mereka masih berada dalam satu spesies atau keturunan, tapi tetap saja perbedaan diantara keduanya tidak bisa dihilangkan.

Terdapat sejumlah perbedaan diantara keduanya. Perbedaan itu menjadikan dua jenis burung ini semakin menarik dan tentu saja akan memiliki ciri khas tersendiri. Inilah dia sejumlah perbedaan diantara kedunya yang telah berhasil kamu rangkum dan akan kami informasikan kepada kamu sekalian. Yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini :

Tips mudah membedakan jalak suren jawa dan kalimantan


Berdasarkan Postur Tubuh

1. Pada burung jalak suren Jawa memiliki panjang tubuh yang relatif sedang, hanya berkisar antara 20-24 cm. Serta tentu saja berbeda dengan postur tubuh yang dimiliki oleh burung jalak suren Kalimantan.

2. Jalak suren Kalimantan memiliki tubuh dengan postur yang cenderung lebih besar dari suren Jawa. Bahkan realitf lebih besar dari jalak suren Malaysia.
Dalam bagian postur tubuh yang dimiliki yang dimiliki oleh kedua jenis burung yang berbeda ini saja, kita sudah bisa dengan mudah membedakannya.

Namun, kamu jangan merasa langsung puas dengan hanya satu jenis perbedaan itu saja, masih ada sejumlah perbedaan lain antara jalak suren Jawaatau juga sering disebut jalak lokal, dengan jalak suren Kalimantan (seberang).

burung-jalak-suren

Berdasarkan Bulu Jambulnya

1. Bulu yang terdapat pada bagian kepala yang terletak diatas, atau juga sering disebut dengan jambul. Pada suren Jawa ini memiliki warna yang hitam/klimis.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Siri Siri Beserta Habitat, Makanan, Harga, Suara

2. Berbeda dengan suren jawa atau lokal. Burung jalak suren Kalimantan memiliki warna putih yang dimiliki dengan garis putih-putih rapat pada bagian jambul yang dimilikinya.

Berdasarkan Paruh

1. Paruh yang dimiliki oleh jalak suren Jawaini cenderung lebih pendek yang dilengkapi dengan warna putih gading, yang terdapat pada jenis burung yang susah dewasa. Warna putih yang dimilikinya akan terlihat secara keseluruhan. Sedangkan untuk warna paruh yang dimiliki oleh burung yang muda akan memiliki warna putih yang dilengkapi dengan semburat yang sedikit kehitaman.

2. Jalak suren Kalimantan memiliki bentuk paruh yang lebih panjang dan memiliki wanr orange pada bagian pangkalnya, warna orange yang dimiliki juga cenderung kemerahan serta warna yang dimiliki pada bagian tengah hingga ujung paruh sampai kebagian ujung berwarna putih yang mirip gading.

Sejumlah ciri diatas tadi bisa dijadikan pengetahuan baru, bisa menjadi pembeda yang cukup mudah untuk dikenali. Terlebih pada bagian warna paruh baik yang dimiliki oleh jalak suren Jawa ataupun yang dimiliki oleh jalak suren Kalimantan.

Jika kamu hendak memilih burung ini kamu bisa membedakan keduanya berdasarkan warna paruh yang dimilikinya.

Itulah sejumlah perbedaan mengenai jalak suren Jawa dengan jalak suren Kalimantan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang burung jalak suren jawa. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman kicau semua.

Baca artikel terkait seputar jalak suren :