6 Cara Mudah Setingan Murai Lomba Agar Tampil Maksimal

Diposting pada

Lomba burung kicau ternyata masih disukai oleh banyak masyarakat. Setiap orang memiliki burung dengan suara dan cara berkicau yang berbeda. Perbedaan tersebut yang membuat keunikan pada setiap burung kicau. Maka dari itu sering diadakannya kompetisi kicau burung dengan menampilakan berbagai jenis burung.

Namun, apa yang seharusnya disiapkan sebelum kompetisi dimulai? Kebanyakan pemilik burung akan menyediakan perawatan khusus hingga pakannya. Selalu memilih pakan yang berkualitas tinggi untuk menunjang suara dan kesehatannya. Terlebih setiap burung memiliki perawatan yang berbeda-beda hingga pakannya juga berbeda.

Cara mencari setelan ataupung setingan yang pas untuk burung burung kesayangan adalah hal terpenting yang perlu dilakukan oleh pemilik burung untuk mempersiapkan perlombaan yang akan diikuti, dengan maksud dan tujuannya agar si burung gacoannya dapat bekerja dilapangan dengan hasil yang maksimal.

Namun, ada beberapa hal yang harus dilakukan atau dipersiapkan sebelum mengikuti kontes burung kicau. Persiapan ini begitu penting mengingat burung harus melatih suara dan kekuatan staminanya. Berikut akan dipaparkan beberapa hal yang harus disiapkan.

burung-murai-batu

Trik sederhana setelan burung murai agar jadi juara lomba


Kebersihan Burung

Kebersihan burung bukan hanya dari kandang saja, melainkan dari burung itu sendiri yang menampilkan bulu yang halus (mengkilap) menunjukan burung lomba yang terawat dan siap untuk dilombakan.

Untuk membuat penampilan burung menjadi bersih, sebaiknya burung harus rajin dimandikan pada saat pagi ataupun sore hari, minimal anda harus memandikannya satu kali dalam sehari. Namun, sebelum dimandikan usahakan anginkan terlebih dahulu burung tersebut selama kurang lebih 30 menit.

Baca selengkapnya :  Cara Menjinakkan Burung Parkit Yang Liar

Cara memandikan burung murai ini bukan seperti memandingan kucing atau anjing yang main semprot asal basah!.. Dan jangan pernah memaksakan burung murai untuk mandi atau di semprot menggunakan spray, melainkan harus dibiasakan mandi sendiri didalam bak mandi (keramba) agar lebih melatih insting sifat dan habitat aslinya si burung tersebut, agar dapat membentuk karakter dan mental burung murai anda.

Setelah dimandikan, jemur burung secukupnya, jangan terlalu lama untuk menjemur burung murai ini, cukup sampai pukul : 9.00 WIB itu sudah sangat baik, dan jika menjemur melebihi batas waktu yang terlalu lama, maka dapat menyebabkan burung dehidrasi dan membuat suara kicauannya menjadi serak.

Penjemuran setelah mandi ini berfungsi supaya burung memiliki tubuh yang segar dan fit. Hindari menjemur hingga lebih dari 2 jam atau diatas pukul Sembilan pagi karena burung akan kepanasan dan merasa lemah. Pada sore hari burung juga bisa dimandikan. Namun, hanya pada jenis berung tertentu saja.

Pemberian Pakan

Pemberian pakan merupakan hal yang penting untuk asupan serta menunjang kondisi tubuh burung agar selalu sehat. Sebelum pemberian pakan, usahakan untuk selalu memeriksa dan selalu menjaga kebersihan kandang dari kotoran yang ada di bawah, dasar sangkar agar makanan ketika tercecer tidak terkontaminasi.

Pemilihan pakan yang sesuai dengan jenis burung akan memperngaruhi kondisi suara dan kesehatan tentunya. Pemberian jangkrik dan kroto untuk rawatan harian sebaiknya jangan terlalu berlebihan, yang nanti dapat menimbulkan efek samping seperti (over birahi).

Latihlah burung murai anda untuk makan voer sebagai pakan pokok, karena dalam kandungan vitamin dan mineral di dalam voer sangat bagus untuk menstabilkan pola rawatan yang akan dikombinasikan dengan pakan tambahan serangga kecil lainnya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Dan Ciri Burung Parkit Australia (Harga Dan Suara)

Selain pergantian makanan, perlu diperhatikan juga untuk mengganti minumannya yang sudah berubah warna, atau baiknya menyediakan selalu air matang yang bersih setiap harinya.

Melatih Suara

Pelatihan suara burung dapat dilakukan dengan menyetel suara burung dari smartphone audio mp3. Jangan gunakan volume yang cukup kencang. Usahakan suara yang dihasilkan bervolume stabil, sedang, jangan terlalu kecil dan harus terdengar jelas oleh burung yang berada di kandang ketika proses pemasteran. Disarankan burung ketika diberikan suara isian harus dikerodong agar si burung tetap dalam kondisi tenang.

Memberikan EF

EF merupakan extra fooding yaitu makanan tambahan untuk burung, yang bertujuan untuk menaikan birahi, mental serta kualitas volume suara kicau yang baik. Berikanlah jangkrik 2 ekor dan ulat hongkong (UH) sebanyak 3 ekor sebelum mau digantangkan namun diusahakan tidak usah memberikan kroto pada hari H.

EF ini juga berfungsi untuk menambah stamina burung ketika dalam perlombaan. Untuk takaran yang lebih pas harus disesuaikan dengan karakter burung anda masing-masing ya. Jika pemberian setelan pakan EF ini pas untuk burung gacoan anda, maka burung anda akan tampil dengan maksimal dan bongkar isian tentunya.

gambar-burung-murai

Adaptasi Lingkungan Perlombaan

Sebelum berangkat ke perlombaan, usahakan kandang dalam kondisi dikerodong yang tebal serta nyaman. Pengadaptasian dilapangan memang sangatlah diperlukan, Dikarenakan setiap burung memiliki adaptasi yang berbeda-beda dalam setiap lokasi perlombaan. Karena lokasi antara di rumah di tempat lomba sangat berbeda.

Datanglah ke arena lomba lebih awal dikarenakan untuk burung dapat beradaptasi dilapangan yang memakan waktu minimal 30 menit. Jadi apabila anda baru datang ke lapangan jangan langsung menggantang burung, lebih baik burung anda harus dikondisikan terlebih dahulu. Carilah tempat yang taduh dan udara sejuk supaya burung tidak mengalami stres sebelum lomba.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Setelan Lovebird Paud Untulan Agar Gacor Di Gantangan

Setelah Perlombaan

Pemilik burung harus memiliki antisipasi sejak awal dari sebelum perlombaan bahkan ketika sudah selesai mengikuti kontes tersebut (pasca lomba), lebih teliti untuk menganalisa mengenai kondisi burung tersebut. Antisipasi sejak awal yaitu jika burung mengalami drop setelah perlombaan.

Jadi pemiliki burung sudah menyiapkan beberapa cara untuk mengembalikan stamina burung setelah perlombaan. Seperti misalnya pemberian makan dengan lima ekor jangkrik setiap pagi dan juga sore hari. Pemberian vitamin juga bisa dilakukan untuk menunjang pengembalian stamina tubuh burung.

Menjaga kondisi tubuh dan suara burung sebelum perlombaan memang sangat penting. Maka dari itu sangat perlu untuk melakukan persiapan secara teratur setiap harinya. Meskipun setiap burung memiliki perawatan yang berbeda-beda. Namun, tetap saja harus memberikan perawatan yang maksimal untuk menghasikan suara yang indah.

Pastikan burung mendapatkan pakan yang segar dan bergizi tinggi dari ulat, jangkrik, kroto maupun jenis serangga yang banyak mengandung protein dan nutrisi yang baik. Memberikan vitamin juga dapat meningkatkan suara volume kicau yang lebih maksimal tentunya.

Itulah beberapa setingan murai lomba yang bisa kamu lakukan pada burung kesayangan anda supaya bisa menjadi juara ketika lomba. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan, kebersihan, dan makanan burung sebelum lomba. Semoga bermanfaat, terima kasih.