Mengenal 3 Jenis Jalak Suren Terbaik Dan Terpopuler Di Dunia

Diposting pada

Burung peliharaan ini banyak dipelihara, sebagai burung masteran. Tidak hanya itu saja, namun masih banyak jenis dari burung jalak ini yang perlu anda ketahui untuk menambah pengetahuan tentang dunia burung kicau di indonesia.

Mengetahui Genre Burung Jalak

Jalak dari Yunan

jalak-yunanBurung dengan nama ilmiah Gracupica Contra Supercillaris, merupakan spesies burung Jalak yang cukup populer. Burung satu ini miliki habitat asli di wilayah Timur Laut India, wilayah varay daya China, dan wilayah timur Myamar.

Yang menarik dari sang Jalak ini, yaitu dirinya dijadikan simbol keindahan dan kecintaan kepada para dewa dewi dari Yunani. Pada umumnya hewan satu ini dipelihara oleh para bangsawan, sebagai salah satu kebanggaan yang dimilikinya.

Sebagai simbol keindahan dan kecantikan, burung ini memiliki ciri fisik yang cukup khas. Ciri khas yang paling terlihat, yaitu perbaduan warna hitam dan putih yang cukup elegan. Pada bagian kepalanya, hewan ini memiliki bulu dengan warna hitam dan putih. Sedangkan pada bagian matanya, terdapat beberapa bulu berwarna putih dengan vercah putih di bagian pipinya. Bulu putih tersebut memang tidak terlalu besar, namun melebar hingga pada bagian tengkuknya.

Pada umumnya Jalak Surensangat agresif nan tangkas. Namun perilaku tersebut cukup wajar, lantaran burung yang dijajakan di pasaran merupakan hasil tangkapan dari hutan. Perilaku tersebut perlu dimiliki, untuk bertahan hidup di habitat aslinya. Sehingga anda tidak perlu heran, bila burung ini berperilaku agresif di beberapa kesempatan. Setiap burung Jalak yang dijajakan memiliki harga berbeda tergantung dari tingkat kualitas, jenis, dan perilakunya.

Jalak dari India

jalak-indiaJenis Jalak dari India atau lebih dikenal sebagai Brahmana, memiliki ciri khas yang hampir sama dengan burung Jalak dari Bali. Letak kemiripan tersebut, berada pada rambut jambulnya yang berjumbai. Burung ini menjadi salah satu burung Jalak, yang diimpor dari negeri India.

Baca selengkapnya :  Rahasia Sukses Budidaya Walet

Daripada kedua saudaranya, Jalak satu ini lebih sering terpilih menjadi memaster burung Jalak lainnya. Bahkan ketika diamati sekilas, burung ini terlihat berbeda daripada saudaranya. Sebab hewan satu ini memiliki warna bulu yang hitam, dengan bercak putih yang berada di bagian pipi. Bercak putih tersebut, melebar hingga pada bagian sisi tengkuk si burung.

Yang membedakan dirinya dengan saudaranya, terletak pada bagian pundak dan tengkuknya.

Jalak jenis ini dikenal dengan perpaduan warna hitam dan putihnya. Seakan kedua warna tersebut, sudah menjadi ciri khas setiap Jalak. Burung peliharaan ini juga memiliki ciri khas, dimana bentuk sayapnya yang sedikit membulat. Bahkan anda bisa membedakannya dari cara terbangnya yang mirip seperti kupu kupu. Hal inilah yang membedakan Jalak ini, dengan saudara lainnya.

Jalak dari Jawa

jalak-jawaDiantara saudaranya yang lain, burung jalak suren jawa ini dikatakan memiliki kualitas terbaik. Terkenal dengan kualitasnya, hewan ini banyak diminati pecinta burung kicauan. Untuk bisa memeliharanya, adna diharuskan menyiapkan rumah hunian yang mirip dengan habitat aslinya. Anda jugabisa menambahkan tempat bertengger, karena mereka sangat menyukainya.

Tempatkan tempat bertengger dengan bentuk yang meninggi, layaknya tanaman yang tinggi. Agar lebih memudahkan, anda juga bisa menyediakan pohon yang memiliki dahan lumayan banyak. Anda juga bisa memilih pohon dengan dedaunan lebat, sebagai hunian burung Jalak tersebut. Hunian yang besar nan tinggi, menjadi tempat yang cukup ideal sebagai tempat perkembang biakan sang burung.

Seperti saudara lainnya, Jalak Suren juga memilki ciri khas yang cukup unik. Burung Jalak satu ini, memiliki bulu berwarna hitam yang berada di atas kepalanya. Sedangkan bulu yang berada di sekitar matanya, memiliki warna orange. Tampaknya bagian mata menjadi tubuh yang mencolok, dengan warna orangenya yang cerah. Di bagian pipinya, juga terdapat bercak berwarna putih yang sedikit lebih tipis daripada saudaranya.

Baca selengkapnya :  Inilah Penyebab Burung Murai Tidak Gacor Dan Hilang Birahi

Selain keunikan fisk yang dimilikinya berbeda jauh dengan ras jalak-jalakan jenis lainnya seperti jalak kebo, hewan satu ini cukup populer lantaran suara yang dihasilkannya. Sehingga banyak orang yang menyukainya. Nilai plus didapatkannya, dengsn kemampuan menirukan berbagai suara dari burung lainnya. Untuk mendapatkan burung Jalak hampir punah ini, anda perlu merogoh kantong lebih dalam daripada memelihara saudaranya yang lain.

Dibalik keindahan dan kepopulerannya, burung Jalak satu ini menyimpan cerita sedih yang cukup menyayat hati. Bagaimana tidak, jika sang burung Jalak banyak diburu untuk meraup keuntungan pribadi. Tidak menghiraukan banyaknya burung yang telah diburunya, oknum tidak bertanggung jawab tersebut membuat populasi di habitat aslinya semakin mencemaskan. Meskipun memiliki peraturan khusus, populasi hewan satu ini kian menurun.

Cara perawatan Burung jalak

perawatan jalak suren – memelihara burung ini, pada dasarnya hampir sama seperti memelihara jenis burung lainnya. Pada umumnya burung yang sudah dimandikan, akan diangin anginkan sebelum dimasukkan ke dalam kandang. Lain halnya dengan memelihara burung Jalak, yang diwajinkan untuk diangin anginkan selama kurang lebih 30 menitan sebelum dimandikan. Setelah itu, barulah memandikan sang menggunakan semportan khusus.

Pakan si burung pun haruslah diperhatikan dengan seksama, agar perkembangan burung lebih optimal. Burung Jalak lebih senang diberikan pakan berupa voer, yang diketahui memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Jenis pakan voer yang memiliki protein tinggi berupa ayam, lele, ataupun voer hijau biasa. Selain memberikan voer, anda bisa menambahkan berbagai jenis buah yang biasa divariasikan.

Varian buah yang bisa diberikan kepada hewan satu iniyaitu pisang kepok, apel, dan pepaya. Pastikan untuk memberikan buah yang masih segar, agar burung Jalak tetap sehat. Agar kebutuhan protein terpenuhi, berikan saja jangkrik sekitar 8 ekor perharinya.

Baca selengkapnya :  5 Jenis Lovebird Mangsi Yang Berkuallitas (Ciri, Harga dan Suara)

Takaran yang bisa diberikan terdiri dari 3 ekor jangkrik di pagi hari, dan 5 ekor jangkrik di sore harinya. Sebagai pakan alternatif lainnya, bisa berikan kroto segar 1 sendok teh selama 2 kali dalam semingggu. Demikian tips cara merawat jalak suren jantan dan betina.

Harga yang Ditawarkan

Sebelum membeli burung Jalak Suren, ada baiknya untuk melakukan survei terkait harga jualnya di pasaran. Sebab harga jual burung populer satu ini cukup bervariasi, dan mungkin akan berubah jika berbeda tempat. Pada umumnya hewan satu ini akan diberikan harga berbeda tergantung dari usia, gacor atau tidaknya, dan isian yang dimilikinya. Dan harga jalak suren gacor kisarannya dimulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun untuk jalak suren betina yang pastinya lebih murah dibandingkan yang jantan.

Diantara Jalak yang lain, Suren menjadi spesies yang cukup disegani diantara saudara lainnya. Sebab burung ini memiliki suara yang sungguh mantap, dengan kicauan yang sangat khas.

Dari keistimewaannya tersebut, tidak mengherankan bila harganya juga melambung tinggi di pasaran. Bahkan kicau jalak suren ini juga mampu menirukan suara manusia, layaknya suara burung beo.